Menulis Lead Berita, Singkat Padat dan Menarik

Menulis Lead Berita, Singkat Padat dan Menarik


Lead berita adalah bagian terpenting dari sebuah artikel berita. Lead berita merupakan kalimat atau beberapa kalimat pertama dari sebuah artikel yang berfungsi untuk memberikan informasi inti atau pokok dari sebuah berita. Lead berita haruslah menarik perhatian pembaca agar mereka tertarik untuk membaca seluruh artikel.

Untuk menulis lead berita yang baik, perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, lead berita haruslah singkat dan padat. Lead berita sebaiknya tidak lebih dari 30 kata. Kedua, lead berita haruslah memberikan informasi inti atau pokok dari sebuah berita. Ketiga, lead berita haruslah menarik perhatian dan membangkitkan rasa ingin tahu pembaca.


Berikut adalah contoh lead berita:


1. Kecelakaan Maut di Tol Cikampek, 5 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di Tol Cikampek, Jawa Barat, pada hari Senin pagi. Lima orang tewas dan beberapa lainnya mengalami luka-luka akibat kecelakaan yang melibatkan dua mobil dan satu truk. Kejadian ini menyebabkan kemacetan panjang di tol tersebut.

2. Virus Corona Menyebar di Indonesia, Ada 50 Kasus Terkonfirmasi

Virus corona yang berasal dari Wuhan, China, semakin menyebar di Indonesia. Pada hari ini, ada 50 kasus terkonfirmasi di berbagai daerah di Indonesia. Pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kebersihan dan menghindari kerumunan orang.


Menulis berita yang baik merupakan suatu keahlian yang harus dikuasai oleh seorang jurnalis atau penulis berita. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis berita yang baik, yaitu:

1. Objektivitas
Seorang jurnalis harus menulis berita secara objektif tanpa memihak atau mempengaruhi opini pembaca. Berita harus berisi fakta yang jelas dan terverifikasi.

2. Kepastian informasi
Sebelum menulis berita, pastikan informasi yang diperoleh sudah benar dan akurat. Sumber informasi harus diverifikasi terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberitaan.

3. Kepentingan pembaca
Berita harus ditulis dengan mempertimbangkan kepentingan pembaca. Isi berita harus relevan dengan kebutuhan dan minat pembaca.

4. Bahasa yang mudah dipahami
Berita harus ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan bahasa yang rumit dan sulit dipahami.

5. Singkat dan padat
Berita harus ditulis dengan singkat dan padat. Hindari pengulangan informasi yang tidak perlu.

6. Headline yang menarik
Headline atau judul berita harus menarik bagi pembaca.


Post a Comment

Previous Post Next Post