Istilah Google Analytics yang Perlu Dipahami

Istilah Google Analytics


Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics biasa digunakan oleh para pemilik website maupun blog untuk menganalisa kinerja website bedasarkan data-data statistik yang ditampilkan.

Berikut penjelasan di support.google.com terkait istilah Klik Google Ads, dan Sesi, Pengguna, Masuk, Pageview, dan Pageview Unik di Analytics



Klik vs. Sesi

Ada perbedaan penting antara klik (seperti di laporan Google Ads) dan sesi (seperti di laporan Audiens). Kolom Klik di laporan menunjukkan frekuensi iklan di klik oleh pengguna, sementara Sesi menunjukkan jumlah sesi unik yang dimulai oleh pengguna. Ada beberapa alasan mengapa kedua angka tersebut mungkin tidak cocok:

Pengguna mungkin mengklik iklan beberapa kali. Jika satu orang mengklik satu iklan beberapa kali di sesi yang sama, Google Ads mencatat beberapa klik sementara Analytics mengenali pageview yang terpisah sebagai satu sesi. Ini adalah perilaku umum di antara pengguna yang melakukan perbandingan saat berbelanja.

Pengguna mungkin mengklik iklan, kemudian, pada sesi yang berbeda, kembali secara langsung ke situs melalui bookmark. Dalam kasus ini, informasi rujukan dari sesi awal akan disimpan, sehingga satu klik akan menghasilkan beberapa sesi.

Pengguna mungkin mengklik iklan, tetapi mencegah halaman memuat sepenuhnya dengan membuka halaman lain atau dengan menekan tombol Berhenti di browser. Dalam hal ini, kode pelacakan Analytics tidak dapat mengeksekusi dan mengirim data pelacakan ke server Google. Namun, Google Ads tetap mencatat klik.

Untuk memastikan penagihan yang lebih akurat, Google Ads secara otomatis memfilter klik yang tidak valid dari laporan Anda. Namun, Analytics melaporkan klik tersebut sebagai sesi ke situs Anda untuk menampilkan kumpulan data traffic yang lengkap.


Klik vs. Pengguna

Ada perbedaan penting antara klik (seperti dalam laporan Google Ads) dan pengguna (seperti dalam laporan Audiens). Kolom Klik dalam laporan Google Ads menunjukkan berapa kali iklan Anda diklik oleh pengguna, sementara Pengguna menunjukkan jumlah pengguna unik (deduplikasi) yang mengklik iklan Anda. Ada beberapa alasan mengapa kedua angka tersebut mungkin tidak cocok:

Pengguna mungkin mengklik iklan beberapa kali. Jika satu orang mengklik satu iklan beberapa kali di sesi yang sama, Google Ads mencatat beberapa klik sementara Analytics mengenali satu pengguna. Ini adalah perilaku umum di antara pengguna yang melakukan perbandingan saat berbelanja.

Pengguna mungkin mengklik iklan, tetapi mencegah halaman memuat sepenuhnya dengan membuka halaman lain atau dengan menekan tombol Berhenti di browser. Dalam kasus ini, kode pelacakan Analytics tidak dapat mengeksekusi dan mengirim data pelacakan ke server Google, dan pengguna tidak dihitung dalam kasus ini. Namun, Google Ads tetap mencatat klik.

Untuk memastikan penagihan yang lebih akurat, Google Ads secara otomatis memfilter klik yang tidak valid dari laporan Anda. Namun, Analytics melaporkan pengguna yang mengklik iklan untuk menampilkan kumpulan data traffic yang lengkap.


Sesi vs. Pengguna

Analytics mengukur sesi dan pengguna di akun Anda. Sesi menunjukkan jumlah sesi individual yang dilakukan oleh semua pengguna di situs Anda. Jika pengguna tidak aktif di situs Anda selama 30 menit atau lebih, aktivitas berikutnya akan dikaitkan ke sesi yang baru. Pengguna yang meninggalkan situs Anda dan kembali dalam 30 menit dihitung sebagai bagian dari sesi awal.

Sesi awal oleh pengguna selama rentang tanggal tertentu akan dianggap sebagai sesi tambahan dan pengguna tambahan. Sesi berikutnya dari pengguna yang sama selama jangka waktu yang dipilih dihitung sebagai sesi tambahan, tetapi bukan pengguna tambahan.


Sesi vs. Masuk

Sesi ditambahkan dengan klik pertama sesi, sedangkan masuk ditambahkan dengan klik pageview pertama sesi. Jika klik pertama sesi bukan pageview, Anda mungkin melihat perbedaan antara jumlah sesi dan jumlah masuk.


Pageview vs. Pageview Unik

Pageview adalah tampilan halaman di situs yang sedang dilacak oleh kode pelacakan Analytics. Jika pengguna mengklik muat ulang setelah membuka halaman, hal ini dihitung sebagai pageview tambahan. Jika pengguna berpindah ke halaman lain, lalu kembali ke halaman awal, maka tayangan halaman kedua juga akan didata.

Pageview unik, seperti yang terlihat di laporan Ringkasan Konten, menggabungkan pageview yang dihasilkan oleh pengguna yang sama selama sesi yang sama. Pageview unik menunjukkan jumlah sesi ketika halaman itu dilihat satu atau beberapa kali.

Post a Comment

Previous Post Next Post