ldii adalah | ldii artinya

Suhu Tinggi di Saudi Arabia, Jamaah Haji Supaya Banyak Minum

Suhu Tinggi di Saudi Arabia, Jamaah Haji Supaya Banyak Minum


Berikut adalah artikel yang saya buatkan dengan topik: Jamaah Haji tahun 2023 harus lebih menjaga diri, mengingat saat ini kondisi suhu sangat tinggi di saudi arabia, berkisar diatas angka 40 derajat. sangat disarankan para jamaah haji memperbanyak mengkomsumsi air putih 2 liter per jam.

Menjelang musim haji tahun 2023, para calon jamaah haji harus lebih mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kondisi cuaca di Arab Saudi yang sangat panas dan kering. Menurut data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu udara di Arab Saudi saat ini berkisar antara 40-45 derajat Celsius. Suhu ini jauh lebih tinggi dari suhu rata-rata di Indonesia yang sekitar 28-32 derajat Celsius.

Suhu udara yang sangat tinggi ini bisa menyebabkan dehidrasi, kelelahan, pusing, mual, bahkan heat stroke atau sengatan panas yang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, para jamaah haji harus lebih menjaga diri dan menghindari paparan sinar matahari secara berlebihan. Selain itu, para jamaah haji juga harus memperbanyak mengkonsumsi air putih untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Menurut dr. Andi Kurniawan, Sp.PD-KGH, dokter spesialis penyakit dalam dan ginjal dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), mengkonsumsi air putih secara cukup sangat penting untuk mencegah dehidrasi dan gangguan ginjal. "Air putih berfungsi untuk mengeluarkan racun dan zat sisa metabolisme tubuh melalui urine. Jika tubuh kekurangan cairan, maka urine akan menjadi pekat dan bisa menyebabkan kristal atau batu ginjal," ujarnya.

dr. Andi menyarankan agar para jamaah haji minum air putih minimal 200 mililiter per jam saat berada di Arab Saudi. "Ini adalah jumlah minimal yang dianjurkan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat keringat dan respirasi. Jumlah ini bisa bertambah sesuai dengan aktivitas fisik dan kondisi kesehatan masing-masing jamaah," katanya.

Selain air putih, dr. Andi juga menyarankan agar para jamaah haji mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan mengandung banyak elektrolit seperti garam, kalium, magnesium, dan kalsium. "Elektrolit juga penting untuk menjaga fungsi otot, saraf, dan jantung. Makanan yang mengandung elektrolit antara lain buah-buahan segar, sayuran hijau, susu, yogurt, keju, kacang-kacangan, dan biji-bijian," tuturnya.

Dengan menjaga asupan cairan dan elektrolit yang cukup, para jamaah haji diharapkan bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar dan sehat. dr. Andi juga mengingatkan agar para jamaah haji tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Arab Saudi untuk mencegah penularan Covid-19. "Jangan lupa untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan keselamatan bagi para jamaah haji," pungkasnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama