With Great Power Comes Great Responbility - Dengan Kekuatan Besar Datang Tanggung Jawab Besar

With Great Power Comes Great Responbility


Ungkapan "With Great Power Comes Great Responbility - Dengan kekuatan besar datang tanggung jawab besar" bukan hanya kalimat terkenal dari Spider-Man, tetapi juga pesan kuat yang berlaku dalam kehidupan kita sehari-hari.  Itu mengingatkan kita bahwa tindakan yang kita ambil memiliki konsekuensi dan bahwa kita harus menggunakan kekuatan dan pengaruh kita untuk memberi dampak positif pada dunia di sekitar kita.

Salah satu contohnya adalah tanggung jawab pemimpin.  Mereka yang memegang posisi kekuasaan memiliki kewajiban untuk bertindak demi kepentingan terbaik konstituen mereka.  Ini berarti membuat keputusan berdasarkan fakta dan bukti daripada bias pribadi.  Pemimpin harus bertanggung jawab atas tindakan mereka dan memahami dampak yang mereka miliki terhadap masyarakat secara keseluruhan.

Mereka yang berada dalam posisi otoritas sering memiliki standar yang lebih tinggi daripada yang lain.  Mereka harus transparan dalam proses pengambilan keputusan, bertindak dengan integritas, dan mempertimbangkan dampak tindakan mereka terhadap orang-orang di sekitar mereka.  Pemimpin yang gagal memenuhi harapan ini berisiko kehilangan kepercayaan dan rasa hormat dari orang yang dipimpinnya.

Contoh lain adalah tanggung jawab yang kita semua miliki sebagai anggota masyarakat.  Kita masing-masing memiliki bakat dan kemampuan yang unik, baik melalui pendidikan, kekayaan, atau status sosial.  Dengan hak istimewa ini datanglah tanggung jawab untuk memberi kembali kepada mereka yang kurang beruntung dan bekerja untuk menciptakan dunia yang lebih adil.  Kita dapat melakukan ini dengan menjadi sukarelawan, menyumbang untuk amal, atau sekadar bersikap baik dan berbelas kasih kepada orang lain.

Selain itu, dengan kemajuan teknologi muncul tanggung jawab yang meningkat untuk privasi dan keamanan data.  Perusahaan yang mengumpulkan informasi pribadi harus memastikan mereka menggunakannya secara etis dan melindunginya dari peretas atau pelaku jahat lainnya.  Individu juga memiliki tanggung jawab untuk melindungi data mereka sendiri dengan menggunakan kata sandi yang kuat, menghindari tautan atau email yang mencurigakan, dan memperhatikan informasi apa yang mereka bagikan secara online.

Pemimpin bisnis juga diharapkan untuk bertindak secara bertanggung jawab saat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan karyawan atau memengaruhi masyarakat melalui operasi bisnis.  Perusahaan harus mengutamakan perilaku etis dengan menerapkan kebijakan yang mengedepankan keadilan, transparansi, dan keberlanjutan.

Orang tua adalah kelompok lain yang memegang kekuasaan besar atas kehidupan anak-anak mereka;  mereka membentuk pikiran muda menjadi orang dewasa masa depan yang akan membentuk masyarakat itu sendiri.

Dalam kehidupan beragama, sangat penting terwujudnya kepedulian sosial dan solidaritas. 

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌۭ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. [Surat Al-Hujurat (49) ayat 10]


 وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْبِرِّ وَٱلتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

 Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

[Surat Al-Ma'idah (5) ayat 2]


Bahwa heterogen dalam kehidupan membutuhkan "empat roda berputar"  yakni pertama, yang kuat membantu yang lemah. Kedua, mereka yang bisa, mengajari yang tidak bisa. Ketiga, yang ingat mengingatkan yang lupa. Sementara keempat, yang salah dinasehati dan diingatkan untuk memperbaiki kesalahannya.

Pada hakikatnya perbedaan tersebut untuk saling memberikan peluang antara satu dengan lainnya dalam perbuatan baik/amal sholih.

Kesimpulannya, "Dengan kekuatan besar datang tanggung jawab besar" berfungsi sebagai pengingat bahwa kita semua memiliki peran untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Post a Comment

Previous Post Next Post