☑️ 11 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

 

☑️ 11 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Manfaat jengkol untuk kesehatan - Apa yang Anda tahu tentang jengkol? Yah, makanan berbau menyengat dan tidak sedap. Perlu diketahui, ternyata jengkol memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.  

Dalam bahasa latin Archidendron pauciflorum atau jengkol banyak dijumpai di negara-negara Asia Tenggara khususnya Indonesia. Meski memiliki bau yang khas, jengkol seringkali dijadikan lalapan bagi sebagian orang. 

Ada juga sebagian orang mau makan jengkol jika diolah menjadi masakan. Jengkol bisa dimasak menjadi semur, rendang, balado dan juga bisa dijadikan krupuk. Perlu diketahui, bila memasaknya dengan cara yang benar, bisa mengurangi bau yang menyengat tersebut. 

Namun siapa sangka, dikutip dari klikdokter, jengkol memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak percaya? Yuk baca artikel ini sampai selesai. 

Beberapa Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan yang Harus Diketahui:

1. Sumber Protein

Manfaat Jengkol untuk kesehatan yang pertama adalah sumber protein. Kebanyak dari kita menyangka bahwa sumber protein itu hanya dari hewan, ternyata jengkol salah satu makanan sumber protein yang baik untuk kesehatan. 

Namun, tidak disarankan memakan jengkol terlalu banyak. Anda juga harus makan makanan yang mengandung protein lainnya seperti daging, dan produk kedelai.

2. Menjaga Metabolisme Tubuh

Manfat jengkol berikutnya yaitu menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Sebab jengkol mengandung Asam folat dan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh agar dapat menjalankan berbagai fungsinya dengan baik. 

3. Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah pencernaan yang kurang lancar. Tak perlu khawatir, makanan yang ini bisa mengatasinya. Sebab, jengkol merupakan makanan yang memiliki serat yang tinggi. Oleh karena itu, jengkol dapat melancarkan buang air besar. Serat akan membantu pengeluaran tinja dari dalam tubuh sehingga buang air besar lebih teratur. 

4. Mencegah Anemia

Selain mengandung asam folat yang tinggi, ternyata jengkol juga memilil kandungan zat besi yang cukup banyak, sehingga berguna memperbanyak produksi sel darah merah pada tubuh. Untuk itu, dengan mengonsumsi jengkol bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia.

Bila badan cepat lelah, sering mengantuk, kulit pucat dan tangan terasa dingin itu termasuk tanda-tanda anemia. Kondisi ini bisa disiasati dengan konsumsi makanan kaya zat besi, salah satunya jengkol. 

5. Menangkal Radikal Bebas

Jika Anda membutuhkan asupan vitamin A dan C, jengkol adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin tersebut. Kedua vitamin itu bisa menjadi antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas, penyebab daya tahan tubuh menurun.

Jadi, saat Anda merasa kurang fit, tidak ada salahnya mengonsumsi sedikit jengkol. 

6. Membantu Jantung Bekerja Optimal

Manfaat jengkol untuk kesehatan tak bisa lepas dari kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Seperi yang telah dijelaskan, kedua vitamin tersebut dapat berperan sebagai antioksidan. 

Untuk itu, jengkol dipercaya dapat mencegah berbagai racun yang perlu dibuang oleh tubuh. Selanjutnya, kerja jantung tidak akan berlebih dan tetap bertugas sesuai kemampuannya, sehingga kesehatan Anda tetap terjaga. Peredaran darah ke seluruh tubuh juga akan lancar dan tidak terganggu.

7. Menguatkan Tulang

Selain mengandung serat yang tinggi, zat besi dan protein, ternyata jengkol juga memiliki kalsium dan fosfor. Oleh karena itu, manfaat jengkol lainnya yaitu bisa menguatkan tulang. 

Dengan Anda mengonsumsi kalsium dan fosfor, maka kemungkinan Anda tercegah dari penyakit tulang osteoporosis.

8. Mengontrol Kadar Gula Darah

Dengan mengonsumsi jengkol yang disertai gaya hidup sehat dipercaya dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Terutama bila Anda memiliki faktor risiko diabetes dalam keluarga. 

Khasiat ini diperoleh dari kandungan asam jengkolat dalam jengkol.   

 Jika Anda sudah terkena diabetes, tetaplah mengonsumsi obat maupun menggunakan obat suntik yang diresepkan oleh dokter.

9. Membantu Pembentukan Jaringan Baru dalam Tubuh

Protein bisa membantu tubuh membentuk jaringan baru, sehingga dapat menggantikan jaringan yang telah rusak. 

Karena jengkol mengandung banyak protein, maka makan jengkol dapat bermanfaat untuk membentuk jaringan baru dalam tubuh. 

Untuk diketahui, ternata kandungan protein di dalam jengkol lebih banyak dibandingkan dengan protein yang terkandung di dalam buncis. 

10. Dapat Menstabilkan Organ Vital Dalam Tubuh

Organ-organ penting dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dan stabil bila kebutuhan asam folat dan vitamin B6 terpenuhi oleh tubuh. Lain halnya bila tubuh kekurangan asam folat dan vitamin B6.

Tak heran jika ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya asam folat untuk perkembangan organ vital janin. Konsumsi jengkol dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin B6 dalam tubuh Anda. 

11. Cocok untuk Diet

Karena kandungan seratnya membantu melancarkan buang air besar, secara tidak langsung konsumsi jengkol akan membuat perut langsing. 

Ingatlah bahwa salah satu penyebab perut buncit pada seseorang adalah karena buang air besar yang tidak lancar dan tidak teratur.

Wooow, ternyata manfaat jengkol bagi kesehatan sangat banyak sekali. Namun, tidak disarankan mengonsumsi jengkol dalam jumlah yang besar. Sebab, jengkol dapat berakibat menimbulkan racun dalam tubuh yang menyebabkan organ hati, ginjal, jantung maupun pankreas

Konsumsi jengkol dalam kadar sedikit juga dapat menimbulkan napas bau, hingga BAK dan BAB yang berbau pula. Jadi, batasi konsumsi jengkol harian kamu hingga 75 mg per hari untuk wanita dan 90 mg per hari untuk pria. 


Apa Efek Samping Makan Jengkol?

Meski manfaat jengkol bagi kesehatan sangat banyak sekali, tidak disarankan mengonsumsi jengkol dalam jumlah yang besar. Sebab, jengkol dapat berakibat menimbulkan racun dalam tubuh yang menyebabkan organ hati, ginjal, jantung maupun pankreas

Konsumsi jengkol dalam kadar sedikit juga dapat menimbulkan napas bau, hingga BAK dan BAB yang berbau pula. Jadi, batasi konsumsi jengkol harian kamu hingga 75 mg per hari untuk wanita dan 90 mg per hari untuk pria. 

Apa Saja Manfaat Jengkol untuk Kesehatan?

1. Sumber Protein
2. Menjaga Metabolisme Tubuh
3. Melancarkan Pencernaan
4. Mencegah Anemia
5. Menangkal Radikal Bebas
6. Membantu Jantung Bekerja Optimal
9. Membantu Pembentukan Jaringan Baru dalam Tubuh
10. Dapat Menstabilkan Organ Vital Dalam Tubuh

7. Menguatkan Tulang

8. Mengontrol Kadar Gula Darah

11. Cocok untuk Diet

Apa Saja Kandung yang ada di Dalam Jengkol?

Seperti diketahui, jengkol mengandung banyak protein, asam folat, vitamin A, B6 dan C, zat besi, kalsium dan fosfor      

0 Komentar