Doa Iftitah

Pertama, doa iftitah ini: …Alloohu akbaru kabiiroo, wal-hamdu-lillaahi ka-tsiiroo, wasub-haanalloohi buk-rotaw-wa-ashiilaa. (Allooh Maha Besar lagi sempurna kebesaranNya, segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya dan Maha Suci Allah pagi dan petang hari).

Seorang laki-laki di antara para sahabat mengucapkan do’a ini, lalu Rosulullooh SAW bersabda, “Aku kagum dengannya dan dibukanya pintu-pintu langit dengannya. (Rowahu Muslim dan Abu ‘Uwanah). Dalam hadist lain diriwayatkan Abu Na’im dari Jabir bin Muth’im bahwasanya Rosulullooh SAW mengatakan hal itu dalam sholat sunnat. Seiring dengan atsar di atas, saya juga membacanya ketika sholat – sholat sunnah saja, terutama sholat sunah rowatib. Akan tetapi, saya juga terkadang membacanya ketika sholat wajib.

Kedua, doa iftitah ini;…Alloohumma baa’id-bainii wabaina kho-thoo-yaaya kamaa baa’adta bainal-masy-riqi walmagh-ribi. Alloohumma naq-qinii min kho-thooyaaya kamaa yunag-qots-tsawbul-ab-yadhu minad-danasi. Alloohummagh-silnii min khothooyaaya bil-maa-i wats-tsalij walbarodi.

(Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara Timur dan Barat. Ya Allah, sucikanlah aku dari kesalahan-kesalahanku, sebagaimana kain putih dibersihkan dari noda. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, dengan salju dan embun. (Rowahu Bukhori, Muslim dan Ibnu Abi Syaibah). Do’a ini saya baca ketika menjalankan sholat wajib.

Ketiga, doa iftitah ketika qiyamul-lail. …Alloohumma lakal-hamdu, an-ta nuurus-samaawaati wal-ar-dhi, walakal-hamdu, an-ta qoy-yaamus-samaawaati wal-ar-dhi, walakal-hamdu, an-ta  robbus- samaawaati wal-ar-dhi waman-fiihinna, an-ta haqq, wa wa’duka haqq,….

Ya Alloh segala puji bagi Engkau. Engkau adalah cahaya bagi langit dan bumi. Dan segala puji bagi Engkau. Engkau penjaga dan pemelihara langit dan bumi Dan segala puji bagi Engkau, Engkau raja langit dan bumi dan orang-orang yang ada di dalamnya. Engkau Maha Benar, janjiMu Benar…., (Rowahu Bukhori, Muslim, Abu ‘Uwanah, Abu Dawud, Ibnu Nashr dan Ad-Darimi). Do’a ini dibaca Rosulullooh SAW di dalam sholat lail.

Post a Comment

Previous Post Next Post