gowes sampit

LDIISAMPIT.  Saat Ramadhan tiba, umat muslim menjalankan ibadah puasa sebagai menetapi salah satu rukun Islam. Berbeda dengan bulan - bulan lainnya, Ramadhan memiliki keutamaan luar biasa. Meski amal baik akan dilipatgandakan pahalanya, namun juga harus diingat perbuatan maksiat di bulan Ramadhan juga dilipatgandakan. Sehingga setiap muslim disarankan agar benar - benar menjaga puasa dan perbuatannya selama bulan Ramadhan.


كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ


“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)


Berpuasa bukan berarti berhenti beraktifitas dan produktivitas. Kegiatan - kegiatan yang telah rutin dilakukan tetap bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya, hanya perlu menyesuaikan dengan kondisi atau mengurangi volume kegiatan tersebut, termasuk diantaranya adalah ber olah raga. 

Melansir dari Healthline, Chelsea Amengual, ahli Pemrograman Kebugaran & Nutrisi mengatakan ketika puasa glikogen atau karbohidrat yang disimpan kemungkinan besar akan habis, sehingga dapat membakar lebih banyak lemak daripada biasanya. 

Ajurannya, intensitas olahraga saat puasa agak dikurangi untuk mencegah terjadinya dehidrasi.


Beberapa jenis olah raga yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh :


1.  Jalan Santai

Aktifitas jalan santai menjadi alternatif bagi yang berpuasa untuk tetap berolah raga. Dengan jalan santai, kesehatan tubuh bisa terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak.


2. Bersepeda

Selain menguatkan otot, bersepeda juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Atur irama kayuhan sepeda agar tidak terlalu menghabiskan energi tubuh. Jarak tempuh juga agar diperhatikan agar tubuh tetap dalam kondisi fit. Sore hari menjelang berbuka bisa menjadi pilihan waktu untuk bersepeda.


3. Jogging

Tidak berbeda dengan jalan santai, hanya bedanya ritme agak lebih cepat dalam menggerakkan kaki. Selama masih kontrol dan menyesuaikan kondisi saat berpuasa, jogging asyik dijadikan sebagai olah raga pilihan di bulan Ramadhan.


Demikian beberapa tips pilihan berolah raga yang dapat dikerjakan selama bulan Ramadhan. Masih banyak jenis olah raga lainnya sebagai alternatif umat muslim dalam menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.     

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama