Ponpes Nurul Hakim Kaliawen Terangi Masa Depan dengan Energi Terbarukan, Terima Bantuan PLTS dari Sri Hartatik

Ponpes Nurul Hakim Kaliawen


KALIAWEN. Ponpes Nurul Hakim yang terletak di Dusun Kaliawen, Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, kini memiliki sumber energi baru yang lebih ramah lingkungan dan efisien. Ponpes tersebut menerima bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari Anggota DPRD Komisi D, Sri Hartatik dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

PLTS adalah sistem pembangkit listrik yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energinya. PLTS dapat mengubah energi cahaya menjadi energi listrik dengan menggunakan sel surya. Sel surya adalah perangkat semikonduktor yang dapat menghasilkan arus listrik ketika terkena cahaya.

Bantuan PLTS ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan di Indonesia. Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber alam yang dapat diperbarui secara terus-menerus, seperti matahari, angin, air, dan biomassa. Energi terbarukan memiliki banyak keuntungan, antara lain:

  • Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca yang dapat menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim.
  • Tidak bergantung pada bahan bakar fosil yang terbatas dan mahal.
  • Dapat meningkatkan kemandirian energi dan mengurangi ketergantungan pada impor.
  • Dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian lokal.


Kunjungan Sri Hartatik ke Ponpes Nurul Hakim Kaliawen

Sri Hartatik, Anggota DPRD Komisi D yang juga merupakan donatur PLTS, mengunjungi Ponpes Nurul Hakim Kaliawen pada Minggu (14/1) saat pemasangan PLTS sedang berlangsung. Dalam kunjungan itu, Sri mengatakan, energi terbarukan seperti tenaga surya adalah hal penting untuk mendukung keberlanjutan dan efisiensi energi di berbagai sektor.

“Saya sangat senang bisa memberikan bantuan PLTS kepada Ponpes Nurul Hakim Kaliawen. Kita harus terus berupaya untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan guna menjaga keberlanjutan lingkungan kita,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Sri Hartatik juga menjelaskan, meskipun pemasangan PLTS masih bersifat on-grid, yaitu terhubung dengan jaringan listrik PLN, namun pihaknya berkomitmen menyuplai ketersediaan baterai tambahan dalam waktu dekat. Ia berharap hal itu mampu meningkatkan efisiensi dan kemandirian energi di Ponpes Nurul Hakim Kaliawen.

“Saat ini, PLTS yang kami berikan masih on-grid. Namun, insya Allah, dalam waktu dekat, kami akan menyediakan baterai untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan energi di pesantren ini. Semoga dengan pemasangan PLTS ini, Ponpes Nurul Hakim Kaliawen dapat menjadi contoh yang menginspirasi dalam penggunaan energi terbarukan di masyarakat,” tambahnya.


Respon Positif dari Pimpinan Ponpes Nurul Hakim Kaliawen

Pimpinan Ponpes Nurul Hakim Kaliawen, menyambut baik bantuan yang diberikan Sri Hartatik. Ia berharap adanya PLTS itu, meningkatkan kemandirian pesantren dalam memasok kebutuhan energi internal sehari-hari.

“Pemasangan PLTS ini merupakan langkah maju bagi kami. Kami berterima kasih kepada Ibu Sri Hartatik dan Kementerian ESDM atas bantuan ini. Semoga dengan adanya PLTS, Ponpes Nurul Hakim Kaliawen dapat menjadi pusat pendidikan yang berwawasan lingkungan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar,” ungkap Pimpinan Ponpes Nurul Hakim Kaliawen.

Dengan adanya bantuan PLTS, diharapkan Ponpes Nurul Hakim Kaliawen menjadi contoh lembaga pendidikan lain untuk aktif mengadopsi teknologi ramah lingkungan. Sehingga menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Seperti yang diungkapkan Sri Hartatik, pemasangan PLTS ini dapat membuat Ponpes Nurul Hakim Kaliawen “Saget dadosaken padang sedoyone” (menjadikan terang semuanya) dalam arti mendukung kemajuan dan kesejahteraan pesantren tersebut.

Post a Comment

Previous Post Next Post