🇧‌🇮‌🇳‌🇹‌🇦‌🇳‌🇬‌ 🇫‌🇦‌🇨‌🇪‌🇧‌🇴‌🇴‌🇰‌: 🇨‌🇦‌🇷‌🇦‌ 🇧‌🇦‌🇷‌🇺‌ 🇲‌🇪‌🇳‌🇬‌🇭‌🇦‌🇷‌🇬‌🇦‌🇮‌ 🇰‌🇷‌🇪‌🇦‌🇹‌🇴‌🇷‌

Dasbor Profesional


Kreator konten adalah orang-orang yang berbagi karya, ide, dan inspirasi mereka melalui berbagai media sosial. Mereka bisa membuat video, podcast, blog, meme, atau apa pun yang menarik perhatian dan menghibur pemirsa. Kreator konten juga bisa menjadi influencer, yaitu orang-orang yang memiliki pengaruh besar terhadap opini dan perilaku konsumen.

Namun, menjadi kreator konten tidaklah mudah. Selain harus kreatif, konsisten, dan relevan, kreator konten juga harus menghadapi tantangan seperti persaingan, kritik, dan kesulitan finansial. Banyak kreator konten yang tidak mendapatkan penghasilan yang layak dari karya mereka, atau bahkan tidak mendapatkan sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini, Meta (perusahaan induk Facebook) meluncurkan fitur baru yang bernama Bintang Facebook. Fitur ini memungkinkan pengikut menunjukkan apresiasi untuk kreator konten dengan cara yang lebih nyata dan menguntungkan. Pemirsa bisa membeli Bintang dan mengirimkannya kepada kreator konten untuk mengapresiasi siaran langsung, konten on-demand, foto, atau teks mereka.

Bintang Facebook adalah mata uang virtual yang bisa ditukarkan dengan uang sungguhan. Satu Bintang setara dengan $0,01 USD. Jadi, jika kreator konten menerima 100 Bintang, mereka akan mendapatkan $1 USD. Jumlah Bintang yang bisa dikirimkan oleh pemirsa bervariasi, mulai dari 5 hingga 500 Bintang per kali kirim. Pemirsa bisa membeli Bintang dengan menggunakan kartu kredit, PayPal, atau metode pembayaran lainnya yang tersedia di negara mereka.


Fitur Bintang Facebook bisa diaktifkan oleh kreator konten yang memenuhi kriteria kelayakan program, yaitu:

- Mempunyai minimal 10.000 pengikut atau 250 penonton rata-rata per video.

- Mempunyai minimal 600 menit siaran langsung dalam 60 hari terakhir.

- Mematuhi Kebijakan Monetisasi Mitra dan Monetisasi Konten.

- Menyetujui dan tetap mematuhi Ketentuan Streamer Bintang.

- Menyelesaikan proses pendaftaran pembayaran.


Jika kreator konten sudah memenuhi syarat-syarat di atas, mereka bisa mendaftar untuk mengumpulkan Bintang di konten mereka. Bintang Facebook mungkin otomatis diaktifkan untuk postingan reel, foto, dan teks publik yang memenuhi syarat. Jika Bintang tidak otomatis diaktifkan, kreator konten bisa mengaktifkan atau menonaktifkan Bintang kapan saja untuk konten yang memenuhi syarat dengan mengklik menu tiga titik yang ada di reel atau postingan mereka.

Selain mendapatkan penghasilan tambahan, kreator konten juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan lain saat menerima Bintang. Salah satunya adalah fitur Creator Perks, yang bisa diakses melalui Dasbor Profesional. Fitur ini memungkinkan kreator konten untuk melengkapi pencapaian demi menikmati keuntungan seperti piala virtual untuk pencapaian mereka. Piala virtual adalah simbol penghargaan yang bisa ditampilkan di profil kreator konten.

Fitur Creator Perks juga bisa digunakan untuk mempelajari lebih lanjut tentang tindakan yang bisa diambil untuk mendapatkan akses ke berbagai fitur monetisasi lainnya, seperti iklan dalam video, langganan penggemar, atau produk bermerek. Fitur ini juga bisa membantu kreator konten untuk melacak kemajuan mereka dalam memenuhi kelayakan monetisasi.

Bintang Facebook adalah fitur yang menarik dan inovatif untuk menghargai kreator konten. Fitur ini bisa memberikan motivasi, dukungan, dan pengakuan bagi kreator konten yang telah berusaha keras untuk menghasilkan konten berkualitas. Fitur ini juga bisa meningkatkan interaksi dan loyalitas antara kreator konten dan pengikut mereka. Dengan Bintang Facebook, kreator konten bisa merasa lebih dihargai dan dihormati sebagai seniman dan influencer.

Fitur Creator Perks adalah fitur yang membantu kreator konten untuk mendapatkan berbagai keuntungan saat menerima Bintang. Selain piala virtual, fitur ini juga menawarkan keuntungan lain, seperti1:

Mendapatkan insight tentang kinerja konten perusahaan, seperti jumlah penonton, interaksi, dan pendapatan.
Meningkatkan engagement konten perusahaan, dengan cara memberikan balasan, komentar, atau pesan kepada pengikut yang mengirim Bintang.
Memahami peluang monetisasi, dengan cara mengetahui fitur monetisasi apa saja yang tersedia dan bagaimana cara mengaksesnya.
Melindungi konten dari bahaya plagiarisme, dengan cara menggunakan alat Rights Manager yang bisa mendeteksi dan menghapus konten yang melanggar hak cipta.

Fitur Creator Perks bisa diakses melalui Dasbor Profesional di Facebook Creator Studio. Anda bisa melihat pencapaian Anda dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan fitur ini. Anda juga bisa mendapatkan tips dan saran untuk meningkatkan kualitas konten Anda.


Akses Dasbor Profesional


Dasbor Profesional adalah fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengelola konten Anda di Facebook dan Instagram. Anda bisa mengakses Dasbor Profesional jika Anda memiliki Halaman di pengalaman Halaman baru atau profil dalam mode profesional. Berikut adalah cara mengakses Dasbor Profesional di Facebook Creator Studio¹:
- Buka profil Anda dalam mode profesional.
- Di sebelah kanan nama Anda, klik atau ketuk Lihat fitur.
- Dasbor Profesional akan terbuka.

Anda juga bisa mengakses Dasbor Profesional melalui Meta Business Suite, yang bisa Anda gunakan untuk mengelola bisnis Anda di Facebook dan Instagram semuanya di satu tempat. Anda bisa menemukan Meta Business Suite di menu navigasi kiri Facebook Creator Studio.

Post a Comment

Previous Post Next Post