Tagline Hari Anak Nasional 2023, Berani Karena Peduli

berani karena peduli


Tema dan Kegiatan Hari Anak Nasional

Setiap tahunnya, HAN memiliki tema yang berbeda-beda sesuai dengan isu-isu aktual yang berkaitan dengan anak-anak. Tema HAN ditetapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) sebagai koordinator nasional penyelenggaraan HAN. Tema HAN tahun 2023 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Tema ini menggambarkan harapan agar anak-anak Indonesia dapat mengembangkan potensi dan bakat mereka secara optimal, serta mampu beradaptasi dengan tantangan zaman.

Kegiatan HAN dilaksanakan di berbagai tingkatan, mulai dari pusat hingga daerah. Kegiatan-kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, seperti pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, organisasi kemasyarakatan, media massa, dunia usaha, sekolah, keluarga, dan tentu saja anak-anak sendiri. Beberapa contoh kegiatan HAN adalah upacara bendera, lomba-lomba kreatif, pameran hasil karya anak-anak, seminar atau diskusi tentang isu-isu anak, festival budaya anak-anak, konser musik anak-anak, bakti sosial, dan lain-lain.


Tentang Tema Hari Anak Nasional 2023 :

  • Tema Hari Anak Nasional 2023 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan tagline #BeraniKarenaPeduli: Anak menjadi agen perubahan dalam menyuarakan hak-haknya.
  • Tema ini menggambarkan harapan agar anak-anak Indonesia dapat hidup dalam lingkungan yang aman, sehat, dan sejahtera, serta mampu berkontribusi dalam pembangunan nasional menuju Indonesia Emas 2045.
  • Subtema Hari Anak Nasional 2023 adalah:
    • Cerdas Bermedia Sosial Menuju Generasi Emas
    • Dare to Lead and Speak Up: Anak Pelopor dan Pelapor
    • Pengasuhan Layak untuk Anak Indonesia
    • Wujudkan Lingkungan yang Aman untuk Anak
    • Stop Kekerasan, Perkawinan Anak dan Pekerja Anak.
  • Logo Hari Anak Nasional 2023 menampilkan tiga anak yang memegang bendera merah putih, dengan warna merah dan putih sebagai simbol kebersamaan dan nasionalisme, serta garis berwarna abu-abu sebagai simbol perubahan pola hidup akibat pandemi COVID-19.
  • Lokasi perayaan Hari Anak Nasional 2023 adalah di seluruh wilayah Indonesia, dengan melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, organisasi kemasyarakatan, media massa, dunia usaha, sekolah, keluarga, dan anak-anak sendiri.

Hari Anak Nasional: Mengapa Penting untuk Dirayakan?

Filosofi Logo

a. 3 Anak yang Memegang Bendera Merah Putih

Melambangkan setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (citacita) yang dapat diraih dengan doa, semangat dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sangsaka merah putih.

b. Warna Merah dan Putih

Melambangkan kebersamaan dan nasionalisme anak-anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.

c. Garis Berwarna Abu-abu

Melambangkan meski situasi endemi COVID-19 membawa perubahan pola  hidup pada anak-anak, tetapi semua pihak tetap mengupayakan anak terpenuhi hak-haknya, bergembira, dan penuh kreativitas di bawah naungan perlindungan keluarga.

Post a Comment

Previous Post Next Post