Query dalam Google Search Engine

Query dalam Google Search Engine: Bagaimana Cara Mereka Mengumpulkan Keyword?


Google adalah salah satu mesin pencari (search engine) yang paling populer di internet. Setiap hari, jutaan orang menggunakan Google untuk mencari informasi, gambar, video, berita, dan lain-lain. Namun, bagaimana cara Google menentukan hasil pencarian yang relevan dengan pertanyaan (query) pengguna? Bagaimana cara Google mengumpulkan keyword atau kata kunci yang ditawarkan sebagai saran pencarian?


Proses Kerja Google Search Engine

Secara umum, Google search engine bekerja dengan tiga proses kunci, yaitu crawling, indexing, dan ranking.


Crawling

Crawling adalah proses di mana Google mengirimkan sekelompok robot yang disebut "laba-laba" untuk menjelajahi internet dan mencari informasi. Robot ini akan mengunduh halaman web melalui tautan yang sudah tersedia maupun menemukan yang baru. Robot ini juga akan membaca kode atau konten yang ada di dalam web, baik itu berupa teks, gambar, video, maupun PDF².


Indexing

Indexing adalah proses di mana Google menyimpan informasi yang ditemukan oleh robot "laba-laba" dalam sebuah database besar yang disebut indeks. Indeks ini berisi semua kata dan frasa yang ada di setiap halaman web, beserta lokasi dan konteksnya. Indeks ini juga diperbarui secara berkala untuk mencerminkan perubahan atau penambahan konten di web².


Ranking

Ranking adalah proses di mana Google menentukan urutan hasil pencarian yang paling relevan dengan query pengguna. Google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk menilai relevansi dan kualitas setiap halaman web, seperti kata kunci, judul, deskripsi, tautan, kecepatan loading, keamanan, dan lain-lain. Google juga menggunakan algoritma khusus yang disebut PageRank untuk menghitung popularitas dan otoritas setiap halaman web berdasarkan jumlah dan kualitas tautan yang mengarah ke halaman tersebut².


Cara Google Mengumpulkan Keyword

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Google search engine adalah keyword suggestion atau saran kata kunci. Fitur ini akan menampilkan beberapa pilihan lanjutan kata atau kalimat yang berkaitan dengan query pengguna saat mereka mengetikkan kata kunci di kotak pencarian. Fitur ini bertujuan untuk membantu pengguna menemukan informasi yang lebih spesifik dan akurat¹.

Lalu, bagaimana cara Google mengumpulkan keyword atau kata kunci yang ditawarkan sebagai saran pencarian? Ada beberapa sumber yang digunakan oleh Google untuk mendapatkan keyword suggestion, antara lain¹:

- Query pengguna sebelumnya. Google akan menyimpan query atau pertanyaan yang sering dicari oleh pengguna dan menampilkannya sebagai saran pencarian jika query tersebut relevan dengan kata kunci yang sedang diketikkan.

- Synonyms atau sinonim. Google akan mencari kata-kata atau frasa yang memiliki makna sama atau mirip dengan kata kunci yang sedang diketikkan dan menampilkannya sebagai saran pencarian. Contohnya, jika pengguna mengetikkan "san francisco", maka Google akan menawarkan sinonim seperti "sf" atau "bay area".

- Rewriting queries atau menulis ulang query. Google akan menambahkan atau mengganti beberapa kata atau frasa dalam query pengguna untuk membuatnya lebih spesifik atau luas. Contohnya, jika pengguna mengetikkan "kesehatan ibu anak", maka Google akan menawarkan query seperti "kesehatan ibu anak pdf", "kesehatan ibu anak ppt", atau "kesehatan ibu anak balita".

Google search engine adalah sebuah program piranti lunak yang dirancang untuk melakukan pencarian terhadap beragam jenis informasi berdasarkan query atau pertanyaan yang dimasukkan pengguna. Google search engine bekerja dengan tiga proses kunci, yaitu crawling, indexing, dan ranking. Google search engine juga menawarkan fitur keyword suggestion atau saran kata kunci yang berasal dari beberapa sumber, seperti query pengguna sebelumnya, synonyms, dan rewriting queries.

Post a Comment

Previous Post Next Post