Google si Raja Mesin Pencari

 google mesin pencari

  •   

    Siapa sich yang tidak mengeal Intenet ? Pertamakali diperkenalkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). 
  • Saat ini hampir setiap aktifitas manusia berhubungan dan dikatikan dengan internet. Dari ilmuwan bidang teknologi hingga ibu rumah tangga tak lepas dari kegiatan ber internet. 

  • Kenal Internet, Kenal juga Google
    Bagi peselancar internet, mesin pencari (search engine) menjadi senjata utama guna memuaskan hasrat mencari berbagai informasi. Meskipun ada  banyak macam mesin pencari, kebanyakan pengguna lebih familiar dengan google. 
    Yahoo!Searh, Bing, Yandex, Baidu, DuckDuckGo masih kalah pamor dibanding google.

  • Fakta menarik dari Google Search

    • 30 to 50 billion of pages is the size of Google index.
    • There are more than 3.5 billion Google searches conducted every day. 
    • 76% of all global searches take place on Google.  
    • Google Search Index contains more than 100,000,000 GB.
    • 16 – 20% of all annual Google search results are new.
    • More than 60% of Google searches come from mobile devices

  • The size of the World Wide Web (The Internet)

    The Indexed Web contains at least 1.84 billion pages (Wednesday, 09 March, 2022).
    The Dutch Indexed Web contains at least 720.45 million pages (Wednesday, 09 March, 2022).


    The Indexed Web | The Dutch Indexed Web



    GB = Sorted on Google and Bing
    BG = Sorted on Bing and Google

    The size of the World Wide Web:
    Estimated size of Google's index



  • Mengenal istilah SERP dan SEO
  • SERP (Search Engine Result Page) adalah suatu halaman pada mesin pencari yang menampilkan hasil pencarian berdasarkan dengan kata kunci yang digunakan. Tentunya jika SERP diartikan dalam bahasa Indonesia tak lain adalah Halaman Hasil Pencarian Mesin Pencari. SERP ini bersifat dinamis tergantung dengan kata pencarian yang digunakan.
  • Contoh :
  • Saat user mencari "ldii sampit" dengan mengetikkan kata tersebut di mesin pencari google, maka akan tampil halaman hasil sebagai berikut :

  • google mesin pencari

    google mesin pencari

      
  • Sedangkan SEO (Search Engine Optimization) adalah optimasi mesin pencari, serangkain usaha yang dilakukan pengembang web untuk memaksimalkan suatu konten atau website agar bisa tampil di halaman pencarian atau SERP.

  • Bagaimana mengoptimasi web agar tampil di google ?
  • Pernah bikin web tapi minim pengunjung atau bahkan tak ada pengunjung sama sekali, atau lebih sakit lagi, ternyata alamat url tersebut belum terindeks di mesin penelusuran google ?
  • Mungkin sahabat tidak sendirian, tak sedikit admin web yang memiliki permasalahan serupa. Pengennya upload artikel, lalu banyak yang baca, banyak yang nge-share, bisa trending, dapat rangking pertama di google search.    
  • Ada yang bilang, materi apapun berupa artikel, informasi, promosi, foto atau video di web tidak akan memberikan dampak berarti bagi si penggunggah apabila tidak ada pemirsanya. 

  • Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai upaya agar web sahabat mendapat kunjungan lebih banyak pemirsa :
  •   
  • 1. Lakukan Riset Kata Kunci
  • Selalu sertakan kata kunci yang relevan dalam konten Anda. Kata kunci harus digunakan secara alami, tidak terlalu banyak dimasukkan ke dalam konten sehingga mengurangi ide utama atau mengalihkan perhatian pembaca. Penting untuk menggunakan kata kunci di seluruh konten, seperti deskripsi meta, judul halaman, URL, header, dan beberapa kali di seluruh bagian.
  • Untuk melakukan riset kata kunci, Anda dapat menggunakan alat (keyword tool) seperti Ahrefs, SEMrush atau keywordtool.io dan keywordsheeter yang simple. Situs-situs ini menunjukkan kata kunci apa yang digunakan pesaing, seberapa sering orang mencari kata kunci, seberapa mahal kata kunci itu untuk iklan bayar per klik, kata kunci terkait, dan banyak lagi informasi berharga untuk memandu strategi kata kunci. 

  • Google si Raja Mesin Pencari



  • 2. Buat Konten yang Menarik
  • Tidak cukup hanya memposting konten; Anda perlu membuat konten yang mudah diingat. Konten yang bermanfaat dan mudah diingat adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan lalu lintas situs web.
  • Orang-orang menggunakan Google untuk menemukan jawaban yang spesifik, menyeluruh, dan akurat untuk pertanyaan mereka, dan konten Anda harus ada di sana untuk memberikan jawaban tersebut. 
  • Intinya adalah ketika Anda peduli dengan konten yang Anda hasilkan, posting secara teratur, dan teliti apa yang ingin dilihat audiens Anda, lalu lintas web akan meningkat.


  • 3. Tulis Komentar di Buku Tamu
  • Posting tamu untuk situs web lain adalah cara yang efektif untuk menghasilkan tautan balik, meningkatkan lalu lintas rujukan, dan meningkatkan peringkat halaman hasil mesin pencari (SERP). Anda harus selalu meneliti situs web secara menyeluruh dalam industri Anda untuk melakukan promosi.

  • Pertama, lihat konten situs web dan pastikan kualitasnya tinggi, periksa otoritas domainnya, dan pelajari pedoman posting tamu mereka. Juga, tanyakan publikasi apakah mereka akan mempromosikan posting di media sosial dan apakah mereka akan menandai Anda.


  • 4. Aktif di Halaman Media Sosial untuk meningkatkan trafik
  • Media sosial sangat besar untuk menarik pengunjung. Berikut adalah beberapa cara yang harus digunakan untuk meningkatkan lalu lintas situs web:

    • Posting konten di seluruh platform media sosial Anda
    • Berinteraksi dengan pengikut dengan membalas mereka, memposting ulang konten mereka dan menandai mereka
    • Gunakan hashtag yang relevan
    • Perbarui tautan di bio Anda untuk mempromosikan konten baru ketika keluar
    • Ubah foto sampul untuk mempromosikan konten baru
    • Tag influencer yang mungkin tertarik dengan konten
    • Sertakan informasi menarik dari konten untuk mendorong orang mengeklik tautannya
    • Balas ke orang lain yang mencari jawaban dengan tautan ke konten Anda

  • 5.  Mobile Friendly
  • Mayoritas pengguna internet saat ini menggunakan perangkat smartphone, sehingga web sahabat juga diupayakan mobile friendly juga. Untuk mengecek dapat menggunakan google mobile-friendly test. 
  • Mobile-Friendly Test - Google Search Console


    Google si Raja Mesin Pencari



    6. Web memiliki kecepatan akses yang baik

    Kecepatan sebuah website saat dibuka dibuka  juga menjadi faktor  optimasi. Semakin cepat semakin baik. Salah satu aplikasi mudah untuk test kecepatan adalah GTMetrix 
    Latest Performance Report for: https://www.ldiisampit.or.id/ | GTmetrix

    Google si Raja Mesin Pencari



    7  Lalukan permintaan indexing manual

    Secara periodik google akan melakukan pencarian dan pemindaian terhadap setiap perubahan web sahabat. 
    Lakukan tindakan sedikit memaksa ke google untuk mengindex postingan sahabat dengan menggunakan url inspection  Google Search Console .

    Google si Raja Mesin Pencari


  • 8. Pantau aktifitas web secara berkala
  • Lakukan tindakan pemantauan web sahabat dengan Google Anaytics untuk mengevaluasi serta membuat tindakan lanjutan optimasi web.

  • Google si Raja Mesin Pencari







  •   
  • Post a Comment

    Previous Post Next Post