Google Doodle Mengenang Dr Martha Bernal: Pelopor Psikologi Multikultural dan Advokat Pendidikan Minoritas

Google Doodle merayakan ulang tahun ke-93 dari seorang tokoh psikologi yang luar biasa, Dr. Martha Bernal, psikolog Meksiko-Amerika pertama yang meraih gelar PhD di Amerika Serikat. Perjalanan hidupnya tidak hanya menginspirasi tetapi juga membuka jalan bagi banyak generasi setelahnya dalam bidang psikologi klinis anak dan psikologi multikultural.


Hari ini, Google Doodle merayakan ulang tahun ke-93 dari seorang tokoh psikologi yang luar biasa, Dr. Martha Bernal, psikolog Meksiko-Amerika pertama yang meraih gelar PhD di Amerika Serikat. Perjalanan hidupnya tidak hanya menginspirasi tetapi juga membuka jalan bagi banyak generasi setelahnya dalam bidang psikologi klinis anak dan psikologi multikultural.

Lahir di San Antonio, Texas, pada 13 April 1931 dan dibesarkan di El Paso, Texas, Martha Bernal adalah buah hati dari Alicia dan Enrique de Bernal, yang berimigrasi dari Meksiko di usia muda. Pada tahun 1962, ia meraih gelar doktoralnya dalam psikologi klinis dari Indiana University, Bloomington. Martha memberikan kontribusi signifikan pada pengembangan dua area penting dalam psikologi, yang pertama adalah penerapan teori belajar dan metode dalam penanganan dan penilaian anak-anak dengan masalah perilaku. Ia meningkatkan penggunaan intervensi yang telah terbukti secara empiris dalam pengobatan anak. Kedua, melalui karya tulis dan aktivitas profesionalnya, ia membantu memajukan psikologi multikultural—yang mengakui pentingnya keragaman dalam pelatihan, rekrutmen, dan penelitian.

Pada awal tahun 1970-an, Dr. Bernal mendedikasikan dirinya untuk memastikan bahwa mahasiswa dari kelompok minoritas memiliki kesempatan untuk menerima pelatihan pascasarjana. Ia menerapkan sebagian besar penelitiannya untuk meningkatkan status rekrutmen, retensi, dan pelatihan minoritas etnik. Penelitian aksinya yang sosial dirancang untuk memfokuskan perhatian pada kekurangan psikolog minoritas etnik dan merekomendasikan langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

Dr. Bernal menerapkan strategi untuk meningkatkan kehadiran mahasiswa minoritas etnik. Selama di University of Denver dan Arizona State University, ia menerima banyak National Research Service Awards dari NIMH dan yayasan lain untuk mempelajari pelatihan psikolog klinis untuk bekerja dengan populasi minoritas etnik. Di Arizona State University, ia membantu mensponsori Simposium Identitas Etnik tahunan selama beberapa tahun. Martha dan rekannya, George Knight, bersama dengan mahasiswa pascasarjana dan sarjana, bekerja untuk mengembangkan metodologi pengukuran identitas etnik, mengumpulkan data normatif, dan mempelajari perkembangan identitas etnik dan korelasinya pada anak-anak Meksiko-Amerika.

Karya Dr. Bernal telah diterbitkan secara luas dan memberikan dampak yang besar dalam bidang psikologi. Meskipun perjalanan hidupnya terhenti karena kanker pada 28 September 2001 di Black Canyon City, Arizona, warisan yang ia tinggalkan terus hidup dan menginspirasi banyak orang. Kita mengenang Dr. Martha Bernal sebagai pelopor, pendidik, dan advokat yang bersemangat, yang berbicara dengan efektif melawan ketidakadilan, mempertahankan standar beasiswa dan profesionalisme yang tinggi, menunjukkan belas kasih yang besar untuk sesama manusia, dan memiliki energi yang luar biasa.

Post a Comment

Previous Post Next Post