Contoh Khutbah Shalat Gerhana

Contoh Khutbah Shalat Gerhana

Berikut adalah beberapa hadis yang menjelaskan tentang tata cara dan keutamaan shalat gerhana:

  • Hadis dari Abu Mas'ud Al-Anshari RA:

عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ، لَا يَخْسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ، وَلَا لِحَيَاتِهِ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَفَزِعُوا وَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا.

Artinya: "Dari Abu Mas'ud Al-Anshari RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda: Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda kebesaran Allah. Keduanya tidak gerhana karena kematian seseorang, dan tidak pula karena kehidupannya. Maka apabila kamu melihat hal itu, maka takutlah kepada Allah dan berdoalah kepada-Nya, shalatlah, dan bersedekahlah." (HR Bukhari dan Muslim)

Hadis ini menjelaskan bahwa gerhana matahari dan bulan adalah tanda kebesaran Allah SWT. Ketika terjadi gerhana, umat Islam dianjurkan untuk mendirikan shalat, berdoa, dan bersedekah.

  • Hadis dari Aisyah RA:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: انْخَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَصَلَّى النَّاسُ مَعَهُ فَكَبَّرَ وَرَكَعَ وَسَجَدَ، ثُمَّ قَامَ فَقَرَأَ، ثُمَّ كَبَّرَ وَرَكَعَ وَسَجَدَ، ثُمَّ قَامَ فَقَرَأَ، ثُمَّ كَبَّرَ وَرَكَعَ وَسَجَدَ، ثُمَّ قَامَ فَقَرَأَ، ثُمَّ كَبَّرَ وَرَكَعَ وَسَجَدَ، فَكَانَتْ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فِي رَكْعَتَيْنِ.

Artinya: "Dari Aisyah RA, ia berkata: Telah terjadi gerhana matahari pada masa Rasulullah SAW, maka orang-orang shalat bersama beliau. Beliau bertakbir, rukuk, dan sujud. Kemudian berdiri dan membaca, kemudian bertakbir, rukuk, dan sujud. Kemudian berdiri dan membaca, kemudian bertakbir, rukuk, dan sujud. Maka menjadi empat rakaat dalam dua rakaat." (HR Bukhari dan Muslim)

Hadis ini menjelaskan bahwa tata cara shalat gerhana matahari dan bulan adalah dua rakaat dengan empat rukuk dan empat sujud. Setiap rakaat diawali dengan takbiratul ihram, kemudian membaca surah Al-Fatihah dan surah pendek lainnya, dilanjutkan dengan rukuk, sujud, berdiri, membaca surah Al-Fatihah dan surah pendek lainnya, rukuk, sujud, dan salam.

Post a Comment

Previous Post Next Post