ldii adalah | ldii artinya

Bagaimana Algoritma Google Menilai Judul Postingan Sebagai Jawaban?



Jika Anda pernah menggunakan Google Search, Anda mungkin pernah melihat menu “Orang lain juga bertanya” yang muncul di bawah hasil pencarian. Menu ini menampilkan beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna lain yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda ketikkan. Jika Anda mengklik salah satu pertanyaan, Anda akan melihat sebuah jawaban singkat yang diambil dari sebuah halaman web tertentu, beserta link ke halaman tersebut.

Namun, bagaimana cara Google menentukan judul postingan mana yang layak menjadi jawaban untuk pertanyaan tersebut? Apa kriteria yang digunakan oleh algoritma Google untuk menilai relevansi dan kualitas sebuah judul postingan?

Algoritma Google: Sistem Ranking yang Kompleks

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu algoritma Google dan bagaimana cara kerjanya. Algoritma Google adalah sistem ranking yang dibuat oleh Google untuk menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan kata kunci yang diketikkan pengguna. Dengan kata lain, Anda harus mematuhi algoritma Google jika ingin ranking website Anda di hasil pencarian tinggi.

Algoritma Google sangat kompleks. Tentu, tidak ada yang benar-benar tahu cara kerjanya, karena Google merahasiakan informasi utama dari publik. Penting bagi Google untuk merahasiakan informasi tersebut. Pasalnya, jika algoritma tersebut dirilis secara publik maka siapa pun dapat melakukan eksploitasi demi keuntungan mereka sendiri.

Biar begitu, diyakini bahwa ada lebih dari 200 faktor penentu ranking Google. Tentu, tidak ada pihak eksternal yang benar-benar memahami keseluruhannya dengan detail. Lagi pula, algoritma Google selalu berubah. Google akan melakukan update algoritma rata-rata sampai enam kali per hari.

Oleh sebab itu, sejauh ini ahli SEO dan para digital marketer telah membuat spekulasi dan perkiraan mengenai cara kerja ranking Google dan apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan ranking terbaik.

Cara Kerja Search Engine dalam Menentukan Hasil Pencarian

Setiap Search Engine atau mesin pencari memiliki 3 fungsi utama, yaitu crawling (untuk menemukan konten), indexing (untuk menyimpan dan melacak konten), dan retrieval (untuk mengambil konten relevan ketika seseorang bertanya pada search engine).

  • Crawling adalah tahap pertama dari cara kerja search engine; ketika mesin pencari mengakuisisi data dari sebuah website. Tahap ini meliputi scanning dan mengumpulkan detail dari setiap halaman website, seperti: judul, gambar, kata kunci, internal link, dan sebagainya.
  • Indexing adalah tahap kedua, Google akan melakukan analisis URL dan mencoba memahami informasi yang disediakan setiap halaman. Kecerdasan buatan Google akan mengamati konten, gambar, dan file media lain yang terkandung dalam halaman tersebut. Selanjutnya, informasi tersebut akan disimpan dalam database raksasa yang disebut Google Index.
  • Retrieval adalah tahap ketiga, Google akan menentukan halaman (page) yang paling relevan dan bermanfaat untuk disajikan sebagai kueri pencarian tertentu. Inilah yang disebut tahap ranking, pada tahap inilah algoritma pencarian Google bekerja.

Faktor Penentu Judul Postingan Sebagai Jawaban

Salah satu fitur retrieval yang ditawarkan oleh Google adalah menu “Orang lain juga bertanya”. Fitur ini bertujuan untuk memberikan informasi tambahan kepada pengguna yang mungkin memiliki pertanyaan serupa atau terkait dengan kata kunci yang mereka cari.

Untuk menampilkan jawaban singkat dalam menu ini, Google menggunakan teknologi question answering (QA) yang merupakan cabang dari natural language processing (NLP). Teknologi QA adalah kemampuan mesin untuk memahami pertanyaan dalam bahasa alami dan memberikan jawaban yang tepat dari sumber data yang tersedia.

Salah satu sumber data yang digunakan oleh Google adalah halaman web yang telah diindeks oleh Google. Google akan mencocokkan pertanyaan pengguna dengan judul postingan yang mengandung kata kunci yang relevan. Selain itu, Google juga akan mengevaluasi kualitas dan otoritas halaman web tersebut, misalnya dengan melihat faktor-faktor seperti:

  • Backlink: jumlah dan kualitas link yang mengarah ke halaman web tersebut dari website lain.
  • Domain Authority: tingkat kepercayaan dan reputasi domain website tersebut di mata Google.
  • Page Authority: tingkat kepercayaan dan reputasi halaman web tersebut di mata Google.
  • User Experience: tingkat kepuasan dan keterlibatan pengguna yang mengunjungi halaman web tersebut, misalnya dengan melihat faktor-faktor seperti bounce rate, dwell time, click-through rate, dan sebagainya.
  • Content Quality: tingkat kualitas dan relevansi konten yang disajikan dalam halaman web tersebut, misalnya dengan melihat faktor-faktor seperti panjang konten, originalitas konten, struktur konten, kesesuaian konten dengan judul, dan sebagainya.

Jika Google menemukan judul postingan yang relevan, berkualitas, dan otoritatif, maka Google akan menampilkan sebagian konten dari halaman web tersebut sebagai jawaban singkat dalam menu “Orang lain juga bertanya”. Tentu saja, Google juga akan memberikan link ke halaman web tersebut agar pengguna dapat membaca konten lengkapnya jika mereka tertarik.

Tips Membuat Judul Postingan yang Menjadi Jawaban

Setelah mengetahui bagaimana algoritma Google menilai judul postingan sebagai jawaban, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuat judul postingan yang dapat menjadi jawaban untuk pertanyaan pengguna. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  • Lakukan riset kata kunci untuk mengetahui apa yang dicari oleh pengguna terkait dengan topik yang Anda bahas. Anda dapat menggunakan alat-alat seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, atau Ahrefs untuk melakukan riset kata kunci.
  • Buatlah judul postingan yang informatif, menarik, dan sesuai dengan konten Anda. Anda dapat menggunakan rumus-rumus seperti how to (cara), what is (apa itu), why (mengapa), best (terbaik), tips (tips), dan sebagainya untuk membuat judul postingan yang menjawab pertanyaan pengguna.
  • Gunakanlah kata kunci utama dan variasinya dalam judul postingan Anda. Anda dapat menggunakan alat-alat seperti Yoast SEO, Rank Math, atau All in One SEO untuk membantu Anda mengoptimalkan judul postingan Anda agar SEO friendly.
  • Buatlah konten yang berkualitas, relevan, dan bermanfaat bagi pengguna. Anda dapat menggunakan teknik-teknik seperti storytelling, data-driven content, case study, atau tutorial untuk membuat konten yang menarik perhatian pengguna.
  • Optimalkan halaman web Anda agar mudah diakses, dimuat, dan dinavigasi oleh pengguna. Anda dapat menggunakan alat-alat seperti Google PageSpeed Insights, GTmetrix, atau Pingdom untuk mengukur dan meningkatkan performa halaman web Anda.
  • Bangunlah backlink dari website-website yang berkualitas dan terkait dengan topik Anda. Anda dapat menggunakan strategi-strategi seperti guest posting, broken link building, skyscraper technique, atau outreach untuk mendapatkan backlink dari website lain.

Menu “Orang lain juga bertanya” adalah salah satu fitur retrieval yang ditawarkan oleh Google Search untuk memberikan informasi tambahan kepada pengguna yang mungkin memiliki pertanyaan serupa atau terkait dengan kata kunci yang mereka cari.

Untuk menampilkan jawaban singkat dalam menu ini, Google menggunakan teknologi question answering (QA) yang merupakan cabang dari natural language processing (NLP). Teknologi QA adalah kemampuan mesin untuk memahami pertanyaan dalam bahasa alami dan memberikan jawaban yang tepat dari sumber data yang tersedia.

Salah satu sumber data yang digunakan oleh Google adalah halaman web yang telah diindeks oleh Google. Google akan mencocokkan pertanyaan pengguna dengan judul postingan yang mengandung kata kunci yang relevan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama