Query Suggestion LDII Sampit


 
query suggestion

Apakah anda pernah mencari sesuatu di internet melalui google, atau mungkin bing, atau semacamnya? Pernah tidak ketika mencari kalian mendapatkan saran kata-kata pelengkap kalimat?

Layanan saran kueri memberikan saran yang melengkapi kueri penelusuran pengguna. Saat pengguna memasukkan kueri di kotak pencarian, menu tarik-turun muncul dengan saran untuk menyelesaikan kueri. Alat pencarian menggunakan kueri penelusuran paling populer dari penggunanya untuk menentukan saran teratas yang mencantumkan kueri.

Hanya kueri yang mengembalikan hasil yang digunakan untuk membangun database saran kueri. Kueri dengan istilah khusus, seperti inmeta: , info: , link: , daterange: , dll dikecualikan saat membangun database saran kueri.

LDII Sampit Lepas Tim MGS Gowes Sampit Palangkaraya
LDII Sampit Gelar Halal Bihalal 1430 H - 2009
LDII Sampit Saksikan Ujian Kenaikan Tingkat Persinas ASAD
LDII Sampit Aksi Tanam Pohon di Lahan Gambut
Kasus Omicron Naik, LDII Sampit Putuskan Tidak Menggelar Ngaji Akhir Tahun
LDII Sampit Piknik Akhir Tahun
LDII Sampit Nonton Bareng, Dukung Timnas di Final Piala AFF
LDII Sampit Terima Kunjungan Silaturrahim Ketua MUI Kalteng


Selain itu, jika diaktifkan, alat pencarian menambahkan hasil yang ditambahkan pengguna ke daftar saran.

Fenomena sugesti kata-kata ini bisa disebut sebagai query suggestion. Query suggestion (QS) merupakan teknik dari ilmu Information retrieval dimana sistem akan memberikan saran query untuk menggantikan query awal pengguna, contoh pada gambar yaitu query awal adalah “ldii sampit”. Tujuan dari QS adalah untuk meningkatkan hasil dari pencarian.

Penggunaan QS didasarkan pada asumsi bahwa saat awal pengetikan query, pengguna sistem information retrieval seperti google search belum mengerti ingin mencari apa, atau maksud dari yang diinginkan berbeda dengan apa yang diketik.

Secara umum terdapat dua metode untuk mendapatkan daftar QS:

Clickthrough-based QS, dimana sistem menyimpan historikal url web yang pernah di-klik oleh pengguna. Kemudian, dilakukan pengelompokan terhadap web page tersebut. Kalau ada 2 atau lebih query yang memiliki url yang sama, atau konten page yang mirip, maka query-query tersebut dianggap terkait.

Session-based QS. Jika data yang dilihat pada clicktrough adalah data url, maka dalam session-based data yang dilihat adalah data-data query yang dimasukkan pengguna ke dalam sistem pencarian, dalam rentang waktu tertentu (atau tanpa rentang waktu tergantung keinginan pembangun sistem). Jadi, data yang dianalisa adalah: hostorikal query pencarian pengguna.



0 Komentar