Pondok Karakter, Jawaban Lunturnya Pemahaman Nilai Budi Pekerti

Pondok Karakter LDII
Pondok Karakter, Jawaban Lunturnya Pemahaman Nilai Budi Pekerti

"Ngelmu iku kalakone kanthi laku, lekase lawan kas, tegese kas nyantosani, setya budya pangekese durangkara"

Artinya ilmu itu bisa dipahami/ dikuasai harus dengan cara, cara pencapaiannya dengan cara 'kas', artinya kas berusaha keras memperkokoh karakter, kokohnya budi (karakter) akan menjauhkan diri dari watak angkara. ( Serat Wulangreh - Sri Susuhunan Pakubuwana IV )

Pendidikan itu gak cuma sekedar menjadikan siswa - siswi 'pinter' dalam ilmu pengetahuan saja, namun seharusnya  juga bertanggung jawab terhadap pembinaan 'moral dan budi pekerti'.

Pinisipuh kalangan jawa terkadang terdengar 'nggunem'  " Lha iyo dadi wong Jawa tapi wes ora 'njawani'  "

Ateges, melupakan perilaku/adat ketimuran yang menjunjung tinggi nilai - nilai moral dan budi pekerti. Sudah tidaj mengerti  'tatakrama lan unggah ungguh' lagi.

Dan keluarga adalah tempat terbaik bagi orang tua untuk memberikan pendidikan 'tatakrama' kepada anak - anak.

 أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قَالَ: «مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدَهُ مِنْ نُحْلٍ أفضل من أدب حسن» رواه الترمذي

 " Tiada pemberian orang tua kepada anaknya yang lebih utama daripada (mendidik) budi pekerti yang baik "


 وقال النبي صلى الله عليه وسلم: «إن الأنبياء لم يورثوا دينارًا ولا درهمًا وإنما ورثوا العلم، فمن أخذه أخذ بحظ وافر»   رواه الترمذي

 " Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan Dinar dan Dirham ( Harta ), akan tetapi mereka mewariskan ILMU. Maka barangsiapa yang mengambil ILMU tersebut, sesungguhnya dia telah mendapatkan bagian yang sempurna "


Pondok karakter.ldii.or.id , Untuk Generus Profesional Religius

Tanggal 15 September 2020, DPP LDII melaunching https://pondokkarakter.com/  yang   merupakan  platform e-learning yang dikelola oleh Departemen Pendidikan Umum dan Pelatihan Lembaga Dakwah slam Indonesia. Platform ini berisikan bahan pembelajaran daring yang bertujuan untuk membangunkarakter Profesional Religius, yaitu memiliki Tri Sukses, 6 Thobiat Luhur, dan 4 Tali Keimanan

 Tri Sukses adalah kemampuan berupa Alim Faqih, Berakhlaqul Karimah dan Mandiri

6 Thobiat Luhur adalah 6 karakter yang terdiri atas Jujur, Amanah, Kerja Keras dan Hemat, Rukun, Kompak dan Kerjasama yang Baik.

" Allohumaj'al auladana auladan sholihin, hafidzina lilqur'an wa sunnah, fuqoha  fiddin, mubarokan hayatuhum fiddunya wal akhiroh "


0 Komentar