MUI Kalteng Dikukuhkan, Gubernur Ajak Jaga Persatuan dan Cegah Radikalisme

MUI Kalteng Dikukuhkan, Gubernur Ajak Jaga Persatuan dan Cegah Radikalisme


PALANGKARAYA. Dalam rangka memperkuat peran ulama, zuama, dan cendekiawan muslim dalam mengurus umat dan menjaga keutuhan NKRI, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar acara pengukuhan pengurus masa khidmat 2023-2028. Acara yang berlangsung di Istana Isen Mulang Rumah Jabatan Gubernur Kalteng pada Selasa, 6 Februari 2024 ini dihadiri oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran sebagai saksi sekaligus pembina.

Gubernur Sugianto Sabran mengucapkan selamat kepada pengurus MUI Kalteng yang baru saja dikukuhkan dan berharap mereka dapat bekerja dengan ikhlas dan profesional dalam mengemban amanah yang mulia ini. Ia juga mengajak MUI Kalteng untuk bersinergi dengan pemerintah provinsi dalam membangun daerah yang semakin BERKAH, Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis.

Selain itu, Gubernur juga mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, terutama menjelang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden minggu depan. Ia meminta MUI Kalteng untuk turut mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah dan merusak tatanan beragama. Ia juga menekankan agar masyarakat waspada terhadap aliran-aliran atau paham-paham radikal yang bertentangan dengan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin.

“Jangan sampai kita terjebak dan terjerumus masuk ke aliran-aliran atau paham-paham radikal yang akan membahayakan dan merusak tatanan beragama dalam masyarakat. Mari kita jaga persatuan dan kondusivitas, agar Pemilu berlangsung sukses dan damai,” ujarnya.

Pengurus MUI Kalteng yang dikukuhkan terdiri dari Dewan Pertimbangan dan Dewan Pimpinan. Dewan Pertimbangan dipimpin oleh Gubernur Sugianto Sabran sebagai Ketua dan H. Edy Pratowo sebagai Sekretaris. Dewan Pimpinan dipimpin oleh H. Khairil Anwar sebagai Ketua Umum dan H. Abdul Wahid Aha dan H. M. Yamin Muhtar sebagai Wakil Ketua Umum. Selain itu, ada juga Sekretaris Umum, Bendahara Umum, 11 Ketua Bidang, dan 11 Komisi.

Pengukuhan ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pimpinan MUI Nomor : Kep-98/DP-MUI/XII/2023 Tanggal 19 Desember 2023. Pengurus MUI Kalteng dikukuhkan secara resmi oleh Ketua Umum Pusat bidang Kesehatan dan lingkungan K.H. M. Sodikun.

Ketua Umum MUI Kalteng H. Khairil Anwar menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan pemerintah provinsi atas dukungan dan kerja sama yang baik selama ini. Ia juga menyatakan kesiapan MUI Kalteng untuk terus berkontribusi dalam pembangunan daerah dan pengembangan umat. Ia menambahkan bahwa MUI Kalteng akan berusaha memberikan pesan-pesan atau dakwah yang sesuai dengan kondisi atau kebutuhan masyarakat.

“MUI Provinsi Kalimantan Tengah tentu harus memberikan pesan-pesan atau dakwah sesuai dengan kondisi atau kebutuhan masyarakat. Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, serta ormas-ormas Islam dan pondok pesantren, untuk bersama-sama memajukan daerah dan umat,” katanya.

Turut hadir dalam acara pengukuhan ini, antara lain Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Sekretaris Daerah Prov Kalteng H. Nuryakin, Sekretaris DPRD Prov Kalteng H. Pajarudinnoor, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng, serta unsur Forkopimda. (sumber mmc kalteng).




Susunan dan Personalia Pengurus Dewan Pimpinan dan Dewan Pertimbangan MUI Kalteng
Masa Khidmat 2023-2028

Dewan Pertimbangan

Ketua:

H. Sugianto Sabran, S.IP

Sekretaris :

H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M.


Anggota :

Drs. H. Nuryakin, M.Si.

Ir. H. Sri Suwanto, M.Si.

Dr. H. Noor Fahmi, M.M.

Ir. H. Abdul Razak

H. Said Ahmad Fawzy Bachsin, S.HI.

H. M. Yusi Abdian, S.HI., M.H.

Guru K.H. Mahmud Hasil

Guru Muhammad Rijani

Prof. Dr. Ahmad Dakhoir, S.HI., M.Η.Ι.

Drs. H. Abd. Rahman, M.Ag.


DEWAN PIMPINAN

Ketua Umum

Prof. Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag.


Wakil Ketua Umum

H. Abdul Wahid Aha, S.H.

Dr. H. M. Yamin Muhtar, Lc., M.Pd.I.


Ketua

Drs. K.H. Chairuddin Halim

Dr. Ir. H. Syamsuri Yusup, M.Si.

Dr. H. Abubakar HM, M.Ag.

Prof. Dr. H. Ahmad Syar'i, M.Pd.

Dr. H. Mazrur, M.Pd.

Dr. H. Ahmad Syaikhu, M.H.

Dr. H. M. Wahyudie F. Dirun, S.P., M.M.

Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag.

Dr. H. Muhammad Yusuf, S.Sos., M.AP.

Prof. Dr. H. Bulkani, M.Pd.

H. Suhardi, S.Ag., M.AP.


Sekretaris Umum

Prof. Dr. H. M. Fatchurahman, M.Psi., M.Pd.


Sekretaris

Dr. Muhammad Dlaifurrahman, S.HI., M.H.

Drs. Ahmad Wahyu Cahyono, M.Pd.

H. M. Istani P. Yunus, S.H., M.AP.

Muhammad Mukhlas Roziqin, S.Si., M.AP., C.Med.

Hj. Saidah Suryani, S.Hut.

H. Elly Saputra, S.Pd., M.Si.


Bendahara Umum

Dr. Desi Erawati. M.Ag


Bendahara

Drs. H Pujo Harianto

Post a Comment

Previous Post Next Post