LDII Papua Peduli Lingkungan, Ikut Program CAI KLHK

LDII Papua Peduli Lingkungan, Ikut Program CAI KLHK


PAPUA. Lingkungan hidup merupakan anugerah Allah SWT yang harus dijaga dan dilestarikan oleh manusia. Sayangnya, banyak aktivitas manusia yang merusak lingkungan, seperti pembalakan liar, pembakaran hutan, pembuangan sampah sembarangan, dan lain-lain. Akibatnya, bencana alam sering terjadi, seperti banjir, longsor, kekeringan, dan polusi udara.

Untuk mengatasi masalah lingkungan ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meluncurkan program Cinta Alam Indonesia (CAI), yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pelestarian lingkungan. Program ini meliputi berbagai kegiatan, seperti penyuluhan, penanaman pohon, pembersihan sampah, dan lain-lain.

Salah satu daerah yang menjadi sasaran program CAI adalah Papua, yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, namun juga menghadapi berbagai ancaman, seperti perubahan iklim, perubahan fungsi lahan, dan degradasi hutan. Di Papua, program CAI diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK Provinsi Papua, maupun Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Papua.

Dalam pelaksanaan program CAI di Papua, ada satu organisasi kemasyarakatan (ormas) yang sangat aktif dan berkontribusi, yaitu Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). LDII merupakan ormas yang bergerak di bidang dakwah, pendidikan, sosial, dan lingkungan. LDII memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia, termasuk di Papua.


LDII Papua Peduli Lingkungan, Ikut Program CAI KLHK


Keterlibatan LDII Papua dalam program CAI, disampaikan oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII Provinsi Papua, Ahmad Saefudin, dalam suatu wawancara yang dilakukan oleh tokoh muda Nahdatul Ulama (NU), Dr. Ahmad Ali MD, MA, yang didampingi oleh Anggota Departemen Pendidikan Keagamaan dan Dakwah (PKD) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII, Dwi Pramono, Lc, M,Si, yang melakukan observasi terkait penyusunan buku “Model, Corak dan Sistem Pendidikan Di LDII Dalam Platform Profesionl Religius Mulai Caberawit Sampai Perguruan Tinggi”, pada 28/01/2024 lalu di Jayapura.

Pada kesempatan terpisah, Ahmad Saefudin menyampaikan, bahwa LDII mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah di Papua, baik berupa pertemuan/penyuluhan maupun berupa kegiatan penanaman pohon (penghijauan) ataupun kegiatan pembersihan sampah lainnya. Kegiatan nyata lainnya adalah, dengan terbentuknya Kelompok Pelestari Alam (KPA) Tunas Rimba pada tahun 2010. Dimana kelompok ini aktif dalam kegiatan penanaman di kawasan penyangga Cagar Alam (CA) Cycloop dan pada lahan kritis di lokasi lainnya, dalam rangka penghijauan, guna mencegah bencana banjir dan longsor.


LDII Papua Peduli Lingkungan, Ikut Program CAI KLHK


Sasaran kegiatan yang diselenggarakan oleh DKLH Papua, mulai tingkat anak-anak melalui program “Kecil Menanam Dewasa Memanen”, tingkat dewasa melalui kegiatan penyuluhan kehutanan. “Giri Wana Rally” yang diselenggarakan UPT KLHK Provinsi Papua, serta bentuk kegiatan lainnya. Keterlibatan warga LDII pada berbagai kegiatan, baik menjadi panitia maupun peserta, lanjut Ahmad Saefudin.

Program pelestarian alam LDII Papua terakomodir pada Biro Litbang, Iptek, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup DPW LDII Provinsi Papua, pungkasnya. (Lines Jayapura – AS)

Post a Comment

Previous Post Next Post