๐๐ž๐ง๐ ๐ž๐ง ๐ƒ๐š๐ฉ๐š๐ญ ๐๐š๐ง๐ญ๐ฎ๐š๐ง ๐–๐š๐ซ๐ฎ๐ง๐  ๐‘๐š๐ค๐ฒ๐š๐ญ ๐Š๐ž๐ฆ๐ž๐ง๐๐š๐ ? Berikut Kriteria dan Alurnya

Pengen Dapat Bantuan Warung Rakyat Kemendag? Berikut Kriteria dan Alurnya


Departemen Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat (EPM) DPP LDII menggelar “Webinar Peningkatan Kapasitas UB dan Warung Warga” pada Sabtu (20/1). Acara itu merupakan kelanjutan kerja sama Kementerian Perdagangan (Kemendag) dengan LDII dalam Rakernas pada November 2023, terkait pembukaan 1.000 warung UMKM di berbagai daerah.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD LDII Kabupaten Klaten, Sarjono berbagi pengalaman terkait bantuan usaha warung untuk warga tersebut. Ia mengatakan, ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan para pemilik warung agar memenuhi syarat untuk dibantu Kemendag.

Kriteria Bantuan Warung Rakyat

Berikut adalah beberapa kriteria bantuan warung rakyat Kemendag:

  • Status lahan dan bangunan: Bangunan warung harus permanen atau semi-permanen, memiliki jaringan listrik dengan minimal daya 900 Watt, serta memiliki luas bangunan paling sedikit sembilan meter persegi dan luas maksimal 30 meter persegi.
  • Produk yang dijual: Produk yang dijual di warung harus aman bagi konsumen, tidak menjual minuman keras dan produk berbahaya lainnya.
  • Omzet harian: Omzet harian warung harus minimal Rp100.000 hingga Rp2 juta.
  • Kelengkapan administrasi: Pemilik warung harus memiliki kesesuaian nama pemilik warung dengan dokumen identitas yang dilampirkan, dokumen kepemilikan lahan, Nomor Induk Berusaha (NIB), alamat lengkap berikut titik koordinat lokasi warung, dan foto tampilan warung dari berbagai segi.

 

Alur Penerima Bantuan Warung Rakyat

Berikut adalah alur penerima bantuan warung rakyat Kemendag:

  1. Pemilik warung mengisi formulir proposal yang telah disediakan.
  2. Pemilik warung mengajukan proposal ke pengurus DPD LDII setempat.
  3. Pengurus DPD LDII setempat meminta persetujuan Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan.
  4. Pengurus DPD LDII setempat mengirimkan proposal ke Kemendag melalui DPP LDII.
  5. Kemendag melakukan survei lokasi dan verifikasi warung yang diajukan bantuan.
  6. Kemendag memutuskan warung yang lolos syarat dan memberikan Surat Perintah Kerja (SPK) kepada vendor pengadaan bantuan.
  7. Vendor pengadaan bantuan mengirimkan barang-barang bantuan ke warung yang lolos syarat.

Manfaat Bantuan Warung Rakyat

Bantuan warung rakyat Kemendag diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pemilik warung, antara lain:

  • Meningkatkan daya saing warung: Bantuan berupa barang-barang seperti rak minimarket, papan nama, mesin pendingin, rak galon, etalase kaca, meja dan kursi lipat serbaguna dapat membantu meningkatkan daya saing warung.
  • Meningkatkan omzet warung: Dengan penataan warung yang lebih baik, para pembeli akan merasa lebih nyaman dan tertarik untuk berbelanja di warung tersebut. Hal ini dapat meningkatkan omzet warung.
  • Menciptakan lapangan kerja: Bantuan warung rakyat dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

Kesaksian Penerima Bantuan Warung Rakyat

Ahmad Wahyudi, salah satu penerima bantuan warung rakyat Kemendag di Boyolali, bercerita bahwa warungnya menjadi viral setelah mendapatkan bantuan tersebut. Menurutnya, berkat program itu, para pembeli tertarik dari segi penataan warung yang menimbulkan kenyamanan dan memudahkan mencari barang yang akan dibeli.

“Alhamdulillah, warung saya menjadi ramai setelah mendapatkan bantuan. Banyak pembeli yang datang karena tertarik dengan penataan warung yang lebih rapi dan modern,” ujar Ahmad.

Ahmad juga mengapresiasi program bantuan warung rakyat Kemendag. Ia berharap, program bermanfaat tersebut dapat terus dilanjutkan agar dapat membantu lebih banyak warung rakyat di Indonesia.

Post a Comment

Previous Post Next Post