Doa Raja Istighfar, Merontokkan Dosa-Dosa

Doa Raja Istighfar


Raja Istighfar adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai doa yang paling utama untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Doa ini disebut Raja Istighfar karena mengandung pengakuan hamba terhadap kebesaran, kekuasaan, dan nikmat Allah SWT, serta pengakuan hamba terhadap kelemahan, kesalahan, dan dosa-dosa yang telah dilakukan. Doa ini juga mengandung permohonan tobat dan perlindungan dari keburukan yang mungkin terulang.

Doa Raja Istighfar adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta, khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala‘ahdika wawa’ dika mastatha’tu, a’udzubika min syarrima shana’tu, wa abuu-uilaika, bini’matika ‘alayya, wa a’tarifu bidzunuubii, faghfirlii dzunuubii, innahulaayaghfirudzunuuba illa anta.

Artinya:

Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.


Dalil dari Al-Quran Istighfar adalah sebagai berikut:

  • Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 222:

وَاللَّهُ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Wa Allahu yuhibbu at-tawwabina wa yuhibbu al-mutathahirina

Artinya:

“…Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” 

Post a Comment

Previous Post Next Post