Doa Ketika Akan Tidur, Amalan yang Membawa Kebaikan

Doa Ketika Akan Tidur, Amalan yang Membawa Kebaikan


Tidur merupakan kebutuhan manusia yang tidak bisa diabaikan. Tidur memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat dan memulihkan energi. Tidur juga berkaitan dengan kesehatan, kualitas hidup, dan kematian. Oleh karena itu, tidur harus dilakukan dengan baik dan benar.

Salah satu cara untuk tidur dengan baik dan benar adalah dengan mengikuti tuntunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau mengajarkan kepada kita doa ketika akan tidur yang sangat bermanfaat. Doa ini merupakan amalan yang mudah tetapi memiliki nilai yang besar di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.

Doa ketika akan tidur yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah sebagai berikut:

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَإِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ وَاللَّفْظُ لِعُثْمَانَ قَالَ إِسْحَقُ أَخْبَرَنَا و قَالَ عُثْمَانُ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ حَدَّثَنِي الْبَرَاءُ بْنُ عَازِبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَخَذْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الْأَيْمَنِ ثُمَّ قُلْ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْلَمْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ وَاجْعَلْهُنَّ مِنْ آخِرِ كَلَامِكَ فَإِنْ مُتَّ مِنْ لَيْلَتِكَ مُتَّ وَأَنْتَ عَلَى الْفِطْرَةِ قَالَ فَرَدَّدْتُهُنَّ لِأَسْتَذْكِرَهُنَّ فَقُلْتُ آمَنْتُ بِرَسُولِكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ قَالَ قُلْ آمَنْتُ بِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ يَعْنِي ابْنَ إِدْرِيسَ قَالَ سَمِعْتُ حُصَيْنًا عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِهَذَا الْحَدِيثِ غَيْرَ أَنَّ مَنْصُورًا أَتَمُّ حَدِيثًا وَزَادَ فِي حَدِيثِ حُصَيْنٍ وَإِنْ أَصْبَحَ أَصَابَ خَيْرًا

Telah menceritakan kepada kami 'Utsman bin Abu Syaibah dan Ishaq bin Ibrahim -dan lafadh ini milik 'Utsman- Ishaq berkata; telah mengabarkan kepada kami, dan 'Utsman berkata; telah menceritakan kepada kami Jarir dari Manshur dari Sa’d bin ‘Ubaidah telah menceritakan kepadaku Al Barra’ bin 'Azib bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Apabila kamu hendak tidur, maka berwudhulah sebagaimana kamu berwudhu untuk shalat. Setelah itu berbaringlah dengan miring ke kanan, lalu berdoalah:

 ’ ALLOOHUMMA INNII ASLAMTU WAJHII ILAIKA, WAFAWWADHTU AMRII ILAIKA, WA-ALJA’TU ZHOHRII ILAIKA ROGHBATAN WAROHBATAN ILAIKA, LAA MALJA’A WALAA MANJAA MINKA ILLAA ILAIKA, AAMANTU BIKITAABIKALLADZII ANZALTA, WABINABIYYIKALLADZII ARSALTA ‘

Ya AIlah ya Tuhanku, aku Pasrahkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu dan aku serahkan punggungku kepada-Mu dengan berharap-harap cemas, karena tidak ada tempat berlindung dan tempat yang aman dari adzab-Mu kecuali dengan berlindung kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan aku beriman kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus.’


 Jadikan bacaan tersebut sebagai penutup ucapanmu menjelang tidur. Apabila kamu meninggal dunia pada malam itu, maka kamu meninggal dalam kesucian diri (fitrah).” Al Barra’ berkata; 'Saya mengulang-ulang bacaan tersebut agar hafal dan saya ucapkan; ‘Saya beriman kepada rasul-Mu yang telah Engkau utus.’ Lalu Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam berkata: 'Ucapkanlah; ‘Saya beriman kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus.’" Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Abdullah bin Numair telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Idris dia berkata; aku mendengar Hushain dari Sa’d bin ‘Ubaidah dari Al Barra’ bin 'Azib dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengenai Hadits ini. Namun Hadits Manshur lebih lengkap dari ini. Dan di dalam Hadits Hushain ada tambahan; ‘apabila dia bangun kembali di pagi hari, maka dia telah memperoleh kebaikan.’


Doa ketika akan tidur yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memiliki banyak keutamaan dan hikmah. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Doa ini merupakan bentuk penyerahan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala, yang merupakan hakikat Islam. Dengan doa ini, kita mengakui bahwa Allah subhanahu wa ta’ala adalah Tuhan yang menciptakan, mengurus, dan menguasai segala sesuatu. Kita juga mengakui bahwa Allah subhanahu wa ta’ala adalah satu-satunya yang dapat memberi perlindungan, pertolongan, dan keselamatan. Kita juga mengakui bahwa Allah subhanahu wa ta’ala adalah sumber segala kebaikan dan keburukan, dan kita berserah kepada kehendak-Nya.

Doa ini merupakan bentuk pengakuan iman kepada Allah subhanahu wa ta’ala, kitab-Nya, dan Nabi-Nya. Dengan doa ini, kita menyatakan bahwa kita beriman kepada Allah subhanahu wa ta’ala, yang telah menurunkan kitab suci Al Quran sebagai pedoman hidup. Kita juga menyatakan bahwa kita beriman kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, yang telah diutus sebagai pembawa risalah dan teladan bagi umat manusia.

Doa ini merupakan bentuk persiapan menghadapi kematian, yang merupakan hal yang pasti dan tidak bisa dihindari. Dengan doa ini, kita memohon agar Allah subhanahu wa ta’ala menjadikan ucapan kita sebagai ucapan terakhir sebelum meninggal dunia. Kita juga memohon agar Allah subhanahu wa ta’ala menjadikan kita mati dalam keadaan fitrah, yaitu dalam keadaan suci dari dosa dan syirik.

Doa ini merupakan bentuk harapan mendapatkan kebaikan, baik di dunia maupun di akhirat. Dengan doa ini, kita memohon agar Allah subhanahu wa ta’ala memberikan kita kebaikan di dunia, seperti kesehatan, keselamatan, rezeki, dan ilmu. Kita juga memohon agar Allah subhanahu wa ta’ala memberikan kita kebaikan di akhirat, seperti ampunan, rahmat, syafaat, dan surga.

Doa ketika akan tidur adalah amalan yang sangat bermanfaat bagi kita. Doa ini mengandung makna yang dalam dan nilai yang tinggi. Doa ini juga mudah untuk diamalkan, hanya dengan berwudhu, berbaring, dan membaca doa tersebut. Oleh karena itu, marilah kita mengamalkan doa ini setiap kali kita akan tidur, agar kita mendapatkan kebaikan dari Allah subhanahu wa ta’ala, baik di dunia maupun di akhirat. Wallahu a’lam.

Post a Comment

Previous Post Next Post