Kapan 1 Syawal 1445 Hijriah - 2024 Masehi?

Kapan 1 Syawal 1445 Hijriah - 2024 Masehi?

 

Penanggalan Hijriah merupakan salah satu penanggalan yang digunakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Penanggalan ini didasarkan pada pergerakan bulan mengelilingi bumi, sehingga bulan Hijriah memiliki 354 atau 355 hari.

Pada tahun 2024, umat Islam di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah. Namun, tanggal tersebut masih belum ditetapkan secara resmi oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama.

Kementerian Agama akan melakukan pengamatan hilal pada tanggal 29 Ramadhan 1445 Hijriah, yaitu pada hari Selasa, 9 April 2024. Pengamatan hilal akan dilakukan di 99 titik di seluruh Indonesia.

Jika hilal terlihat pada tanggal tersebut, maka 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024. Namun, jika hilal tidak terlihat, maka 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 11 April 2024.

Pengamatan Hilal

Pengamatan hilal merupakan salah satu cara untuk menentukan awal bulan Hijriah. Menurut Kementerian Agama, hilal dapat diamati jika ketinggiannya di atas ufuk adalah 2 derajat dan jaraknya dari matahari adalah 6 derajat.

Pengamatan hilal dilakukan dengan menggunakan teleskop atau alat bantu lainnya. Jika hilal terlihat, maka petugas akan melaporkan hasil pengamatan tersebut kepada Kemenag.

Sidang Isbat

Setelah hasil pengamatan hilal diterima, Kemenag akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal bulan Hijriah. Sidang isbat akan dihadiri oleh perwakilan dari ormas-ormas Islam, pakar astronomi, dan ulama.

Pada sidang isbat, Kemenag akan mempertimbangkan hasil pengamatan hilal, data hisab, dan pendapat para ulama. Jika hasil pengamatan hilal positif dan didukung oleh data hisab dan pendapat para ulama, maka Kemenag akan menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024.

Keputusan Kemenag

Kemenag akan mengumumkan hasil sidang isbat pada hari Selasa, 9 April 2024, setelah magrib. Keputusan Kemenag tersebut akan menjadi pedoman bagi umat Islam di Indonesia untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Menanti Hari Lebaran

Umat Islam di Indonesia tentu sudah menanti-nanti Hari Raya Idul Fitri. Hari raya ini merupakan momen untuk saling memaafkan dan berkumpul bersama keluarga.

Meskipun tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah masih belum ditetapkan secara resmi, namun umat Islam tetap dapat mempersiapkan diri untuk menyambut hari raya tersebut. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan Hari Raya Idul Fitri antara lain:

  • Membersihkan rumah
  • Membeli baju baru
  • Mempersiapkan makanan dan minuman
  • Mengirimkan undangan

Semoga umat Islam di Indonesia dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan penuh suka cita dan kedamaian.

Post a Comment

Previous Post Next Post