Kapan 1 Ramadan 1445 H ? Menanti Keberkahan Bulan Suci

Kapan 1 Ramadan 1445 H   Menanti Keberkahan Bulan Suci


Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang penuh dengan keberkahan. Pada bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amal saleh.

Pada tahun 2024, umat Islam di Indonesia akan menyambut bulan Ramadan pada tanggal 12 Maret 2024. Namun, tanggal tersebut masih belum ditetapkan secara resmi oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama.

Kementerian Agama akan melakukan pengamatan hilal pada tanggal 29 Sya'ban 1445 Hijriah, yaitu pada hari Senin, 10 Maret 2024. Pengamatan hilal akan dilakukan di 99 titik di seluruh Indonesia.

Jika hilal terlihat pada tanggal tersebut, maka 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada hari Selasa, 11 Maret 2024. Namun, jika hilal tidak terlihat, maka 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 12 Maret 2024.

Pengamatan Hilal

Pengamatan hilal merupakan salah satu cara untuk menentukan awal bulan Hijriah. Menurut Kementerian Agama, hilal dapat diamati jika ketinggiannya di atas ufuk adalah 2 derajat dan jaraknya dari matahari adalah 6 derajat.

Pengamatan hilal dilakukan dengan menggunakan teleskop atau alat bantu lainnya. Jika hilal terlihat, maka petugas akan melaporkan hasil pengamatan tersebut kepada Kemenag.

Sidang Isbat

Setelah hasil pengamatan hilal diterima, Kemenag akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal bulan Hijriah. Sidang isbat akan dihadiri oleh perwakilan dari ormas-ormas Islam, pakar astronomi, dan ulama.

Pada sidang isbat, Kemenag akan mempertimbangkan hasil pengamatan hilal, data hisab, dan pendapat para ulama. Jika hasil pengamatan hilal positif dan didukung oleh data hisab dan pendapat para ulama, maka Kemenag akan menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada hari Selasa, 11 Maret 2024.

Keputusan Kemenag

Kemenag akan mengumumkan hasil sidang isbat pada hari Senin, 10 Maret 2024, setelah magrib. Keputusan Kemenag tersebut akan menjadi pedoman bagi umat Islam di Indonesia untuk menyambut bulan Ramadan.

Menyambut Ramadan

Umat Islam di Indonesia tentu sudah menanti-nanti bulan Ramadan. Bulan suci ini merupakan momen untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan umat Islam untuk menyambut bulan Ramadan:

  • Mempersiapkan diri secara fisik dan mental
  • Mempelajari tata cara ibadah di bulan Ramadan
  • Membeli keperluan ibadah dan makanan
  • Mengajak keluarga dan teman untuk berpuasa bersama

Semoga umat Islam di Indonesia dapat menyambut bulan Ramadan dengan penuh suka cita dan semangat. Semoga bulan Ramadan kali ini dapat menjadi momentum untuk meraih berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Semoga umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini dengan lancar dan penuh berkah.

Post a Comment

Previous Post Next Post