Ketua LDII Banyuwangi Ditunjuk sebagai Majelis Pengurus Daerah ICMI

Ketua LDII Banyuwangi Ditunjuk sebagai Majelis Pengurus Daerah ICMI


Banyuwangi . Ketua DPD LDII Banyuwangi, KH Astro Junaedi ditunjuk sebagai Majelis Pengurus Daerah Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah Kabupaten Banyuwangi Periode 2023-2026. Dalam kepengurusan periode tersebut, Astro dipercaya menjadi Anggota Dewan Penasehat. Ia mendampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani sebagai ketua Dewan Penasehat ICMI.

Pengesahan kepengurusan tersebut tertuang dalam surat keputusan Majelis Pengurus Wilayah ICMI Jawa Timur, No. 012/SKO-W/ICMIJ03/2023, yang ditetapkan di Surabaya pada 3 Maret 2023 M. Keputusan itu ditandatangani Ketua ICMI Ulul Albab dan Sekretaris, Pitono Nugroho.

“Sesuai hasil rapat ICMI Banyuwangi, pengukuhan kepengurusan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2023, rencana mengundang hadirkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD dan Wakil Ketua Umum ICMI, Ilham Habibie,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Banyuwangi, Muhamad Lutfi saat sambutan Halal bi halal pengurus ICMI di Aula Kesbangpol, Kamis, 04/3/2023, “Kami bersama panitia telah beraudiensi dengan Bupati terkait perencanaan pengukuhan dan pelantikan ICMI tersebut,” imbuh Lutfi.

Ketua ICMI Banyuwangi, Haya menegaskan ICMI memiliki tujuan mewujudkan tata kehidupan masyarakat madani yang diridai Allah SWT. ICMI mengedepankan ukhuwah Islamiyah tanpa memandang dari mana aliran, meningkatkan mutu keimanan, ketakwaan, pemahaman dan pengamalan ajaran Islam.

“Dimensi kecendekiawanan menuntut ICMI menjadikan anggotanya menjadi sosok ulul albab, yang menyeimbangkan antara zikir dan pikir untuk kemaslahatan dalam negara kesatuan yang berbentuk republik berdasarkan Pancasila,” tuturnya.

Dalam konteks keindonesiaan, negeri ini memiliki keberagaman suku, tradisi, adat budaya hingga agama, dan ICMI berperan menjaga persatuan bangsa di tengah keberagaman tersebut.

Sementara itu, Kepala Kemenag Banyuwangi Moh. Amak Burhanudin pada kesempatan yang sama, mengapresiasi peran ICMI. Ia berharap ICMI terus berkontribusi melalui pemikiran-pemikiran konstruktif dan strategis dalam upaya-upaya konkrit guna mewujudkan Harmoni di Banyuwangi.

“Kami harap ICMI terus berkontribusi dan tetap berkhidmat dalam jalurnya sebagai organisasi cendikiawan yang berkebangsaan dan berkeislaman,” pungkasnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post