LDII Tolitoli Hadiri Sosialisasi Program Kerukunan Umat Beragama

LDII Tolitoli Hadiri Sosialisasi Program Kerukunan Umat Beragama


Toitoli. Ketua LDII Kabupaten Tolitoli Zainal Mustofa menghadiri undangan Sosialisasi Program Kerukunan Umat Beragama oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli. Kegiatan itu dihelat pada 27-29 April 2023 di Aula Hotel Alatas Tolitoli dengan mengusung tema “Sosialisasi Program Kerukunan Umat Beragama (KUB)” sebagai upaya penguatan moderasi beragama di Kabupaten Tolitoli.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya dan dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Sulteng, Forkopimda dan Pengurus FKUB, Kepala Seksi dan Kepala KUA di lingkungan Kemenag Tolitoli serta 57 peserta pimpinan ormas lintas agama.

Dalam sambutannya, Amran mengapresiasi atas peran tokoh agama dan masyarakat dalam mewujudkan Tolitoli sebagai daerah teraman di Sulteng. Lebih lanjut, ia mengajak kepada pimpinan ormas keagamaan untuk terus menjaga dan meningkatkan kerukunan dengan memperbanyak silaturahim dan menghargai perbedaan.

Sementara, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah H Ulyas Taha menjelaskan kebijakan Kemenag dalam program moderasi beragama. Dalam paparannya, Ulyas mengatakan bahwa Indonesia yang majemuk baik suku, agama, ras dan etnis berpotensi besar akan munculnya berbagai konflik dan disintegrasi untuk itu kesadaran akan negara beragama dan berkebangsaan harus menjadi perekat bagi kerukunan, kesatuan dan persatuan. “Indikator keberhasilan yaitu komitmen kebangsaan, sikap toleransi, anti kekerasan, dan penerimaan terhadap tradisi,” ujarnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post