Ngaji Akhir Tahun, Ajang Positif Bukan Sekedar Kumpul Hura-hura


Kulonprogo. Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kulon Progo menyelenggarakan acara ngaji akhir tahun pada Sabtu, 31 Desember 2023 di Komplek Komda DPD LDII Kulon Progo. Kegiatan ini diikuti oleh 340 peserta yang terdiri dari remaja putra maupun putri umur 15 tahun keatas se-DPD LDII Kulon Progo.

Pandoyo, S.Pd., M.Pd selaku Ketua DPD LDII Kulon Progo memberikan apresiasi kepada panitia atas kegiatan yang diselenggarakan. Dia juga berterimakasih kepada  Senkom yang ikut mengamankan jalannya acara dan Persinas ASAD yang  mendukung dan meramaikan kegiatan ini. Pandoyo menyampaikan kegiatan ini sebagai wadah positif generasi muda terutama saat momen pergantian tahun yang identik dengan huru hara dan kegiatan yang kurang positif yang sering dilakukan oleh remaja pada umumnya.

Kegiatan ini mengunsung tema Metamorfosis#2 merangkai taqwa, meminimalisir error, focus berproses di sisa usia. Nuryahya selaku panitia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi wadah generasi muda LDII untuk meningkatkan kekompakan dengan lebih mengenal satu sama lain, serta bisa meminimalisir error yang dilakukan generasi muda. Nuryahya menyampaikan pesawat harus zero error untuk bisa terbang begitu pula generasi muda perlu meminimalisir error untuk bisa berjalan sesuai koridor yang baik. Dimana saat ini Kulon Progo dihadapkan pada perkembangan pembangunan dan teknologi informasi yang pesat imbas dari adanya bandara YIA di Kulon Progo. Hal ini memiliki dampak positif dan negative bagi generasi muda sehingga perlunya kontrol dan wadah bagi generasi muda. Dengan demikian tujuan untuk membentuk generasi yang unggul bisa terwujud.

Generasi muda LDII selain mendapatkan nasehat agama mengenai pengertian kerusakan akhir zaman, perzinaan, serta LGBT juga mengikuti berbagai kegiatan positif lain seperti, Fun games, lomba bakar bakso serta lomba konten story Instagram.  Nurahya berharap kedepannya kegiatan ini bisa terus diselenggarakan dan bisa lebih baik lagi penyelenggaraannya ditahun mendatang dengan kegiatan yang lebih bervariasi dan menarik sehingga bisa menstimulan generasi muda dalam kesemangatannya mengikuti kegiatan ini.

Dika peserta ngaji akhir tahun dari PC Wates memberikan apresiasi dan masukan untuk kegiatan “kegiatan ini bagus, saya sih berharap kalau bisa tahun depan bisa dialam terbuka ya! Sudah baik dibuat group-group sehingga peserta bisa lebih mengenal satu sama lain. Masukan kedepannya kalua bisa setiap PC memberikan penampilan karya seni dari generasi muda dengan dibarikan reward yang menarik”. Fauzi perwakilan dari PC Samigaluh juga menyampaikan apresiasinya “Sangat seru dan menyenangkan, walaupun terlihat sederhana mengaji, bakar-bakar, dan games. Saya juga berterima kasih kepada semua panitia yang sudah melancarkan acara ini yang sudah mensuport acara ini sehingga bisa berjalan dengan baik. Kedepannya mudah-mudahan generasi Kulon Progo bisa menjadi generasi yang unggul sukses dunia akhirat”.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bripka Agung Pambudi dan Aipda Agus Mulyono dari Polsek Wates. Hadir pula Lurah Giripeni Iswanto Adi Saputro, S.E beserta Babhinkantibmas Aipda Sularni dan Babhinsa Serma Sularno meninjau lokasi serta memberikan apresiasi dan dukungan kepada DPD LDII Kulon Progo atas terselenggaranya ngaji akhir tahun. Kegiatan ini diakhiri dengan aksi pungut sampah disekitar komplek Komda DPD LDII Kulon Progo.