terowongan nur mentaya sampit


SAMPIT. Puncak acara Hari Ulang Tahun Kotawaringin Timur (HUT Kotim) ke-70 tahun bakal di gelar Terowongan Nur Mentaya. Kegiatan akan berlangsung pada Sabtu, 7 Januari 2023.

"Sudah direncanakan nanti beberapa OPD menyiapkan pesta rakyat bebas makan dan minum gratis di stand OPD. Terkecuali untuk warung-warung masyarakat tetap bayar," kata bupati Kotim seperti dilansir dari borneonews dot com. 

Disebutkan selanjutnya, Pesta rakyat di Terowongan Nur Mentaya dibagi 2 jalur stand. Khusus stand SOPD, yang menyajikan makanan dan minuman gratis, berada di deretan depan Puskesmas Baamang 2. Sementara di seberangnya stand dan warung masyarakat.

"Jangan salah nanti. Takutnya nanti pengunjung datang ke warung masyarakat tidak membayar," tambah Bupati.

Bupati Kotim mengajak masyarakat turut memeriahkan pesta rakyat tersebut. Ia juga mengimbau agar masyarakat tetap menjaga keamana dan ketertiban masing-masing agar acara berjalan lancar.

"Meskipun kegiatan baru dimulai pukul 19.00 WIB. Namun penutupan jalur akan dilakukan sejak pukul 17.00 WIB. Karena segala persiapan akan dilaksanakan di lokasi tersebut," ujar Staf Ahli Bupati Kotim Raihansyah, Selasa, 3 Januari 2022. 

Kegiatan tersebut diberi nama Hasupa Hasundau. Kegiatan itu diprediksi meriah, karena akan ada pesta rakyat yang digelar pemerintah daerah, di lokasi ikon wisata baru di Sampit tersebut. 

Disebutkannya, ada 16 stand yang didirikan di sepanjang jalur Terowongan Nur Mentaya tersebut. Posisi stand itu berada di setiap 3 titik lampu Nur Mentaya.

"Semua stand diisi oleh electone music dari komunitas ASIK ( Asosiasi Musik Kotim), kecuali Stand no 6 diisi oce band dan artis Ifan Govinda. Sementara nomor 12 diisi oleh Remusa Band (Republik Musisi Sampit)," ujarnya.

Ia menambahkan, satu stand mendapat panggung dengan karpet merah, musik elektone dan artis, genset, meja dan kursi cafe (3 meja prasmanan + 6 kursi), backdrop/baleho plus rangka dan dipasang (ukuran 2,75 x 4 meter) serta kantong sampah.

"OPD hanya menyiapkan Snack/Kudapan ringan yang mana kita minta utamakan membeli dari warung-warung yang berada di belakang standnya masing-masing," ucapnya.

Sementara untuk upacara lanjutnya, hanya terbatas yaitu dilaksanakan di halaman Pemda Kotim lantaran kondisi lapangan yang sempit. 

"Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu 7 Januari 2023. Persiapan EO + OPD pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sementara penutupan jalan mulai pukul 17.00 WIB sedangkan acara mulai pukul 19.00 hingga 23.00 WIB," terang Raihansyah.