Gandeng RSU Andhika, LDII Jaksel Gelar Tes Kesehatan untuk Lansia

 Jakarta . DPD LDII Jaksel menyelenggarakan tes kesehatan untuk usia lanjut usia (lansia) yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum (RSU) Andhika Jagakarsa. Kegiatan ini dilaksanakan di Mesjid Baitul Hasan, Lenteng Agung pada hari minggu tanggal 18 Desember 2022.


Kegiatan tersebut diadakan untuk membantu serta mengedukasi para lansia, khususnya warga LDII agar lebih memperhatikan kesehatan diri. Dalam acara, Ketua Bagian Pengabdian Masyarakat DPD LDII Jaksel Saddam Adrinsyah menyampaikan bahwa masyarakat di usia lansia sangat perlu didukung dalam menjaga pola hidup sehat.


“Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar. Kegiatan seperti ini terutama lansia yang menjadi perhatian, khususnya warga LDII di wilayah DPD Jakarta Selatan. Sebab lansia itu perlu kita dukung dan kita jaga, terutama kesehatan pola hidupnya, sehingga beliau-beliau tetap dapat berkarya, menjadi lansia yang sehat hingga tutup usianya,” ujarnya.


Ia juga menambahkan, agar masyarakat diusia lansia dapat memeriksakan kesehatannya minimal satu tahun sekali, “Tujuannya, agar mereka dapat mendapatkan check-up keadaan kesehatan mereka, sehingga apabila ada permasalahan-permasalahan yang mungkin timbul dapat diketahui lebih dini agar tidak menjadi keadaan yang lebih berat selanjutnya,” imbuhnya.


Pada kesempatan tersebut, para lansia tidak hanya mendapatkan vitamin dan pemeriksaan kesehatan, tetapi juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan tenaga kesehatan terkait keluhan-keluhan yang dialami.


Bahkan, Sri Agustanti Dokter Umum RSU Andhika yang turut bertugas, menjelaskan agar para lansia dalam menjaga pola hidup sehat harus selektif, “Dalam menjaga makanan sehari-hari, memang harus selektif. Seperti kurangi garam, gula dan turunannya, goreng-gorengan, serta santan. Kemudian, melakukan olahraga yang tidak terlalu berat namun rutin,” ungkapnya.


Sementara itu, Wakil Dewan Penasehat DPD LDII Jaksel, Edy Supriyadi mengatakan, kegiatan layanan kesehatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap warga LDII Jaksel yang memasuki atau sudah berusia lansia.


“Alhamdulillah pada hari ini, kami dari DPD LDII Jakarta selatan yang membina Yayasan Maj’lis Taklim Baitul Hasan bisa menyelenggarakan medical chek-up atau pemeriksaan kesehatan bagi warga Jagakarsa dan sekitarnya. Kegiatan ini bekerja sama dengan RSU Andhika. Ini merupakan bentuk kepedulian kami dari Yayasan Baitul Hasan dan RSU Andhika terhadap lansia,” ujarnya.


Pelayanan kesehatan yang disambut antusias ini, tidak hanya mendukung dalam kesehatan jasmani namun juga rohani dengan berupa pembinaan dan mengaji. Sehingga diharapkan agar para lansia dapat hidup sehat, sebab usia lansia sangat rentan dengan penyakit regeneratif.