Permintaan Indeks Melalui Google Search Console


Google dikenal sebagai raksasa penguasa mesin pencari di internet. Ada 7,9 miliar user unik yang hidup di planet bumi dan 4,3 miliar di antaranya menggunakan Google untuk mencari jawaban di internet. 

Pada Januari 2022, situs Google menempati peringkat pertama di antara properti web multi-platform yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat dengan lebih dari 270 juta pengunjung unik AS dan pangsa pasar 61,4 persen di antara penyedia mesin telusur terkemuka AS.


google

Fakta lain yang menjadi alasan mengapa anda tetap harus konsentrasi menggaet market melaui google

  • Google memproses lebih dari 99.000 permintaan pencarian setiap detik.
  • Google menghasilkan pendapatan $256,74 miliar pada tahun 2021.
  • Google menghasilkan lebih dari $209 miliar per tahun dalam iklan.
  • Kapitalisasi pasar Alphabet adalah $1,75 triliun.
  • 4,3 miliar orang menggunakan Google.
  • Google mendapatkan rata-rata satu perusahaan setiap minggu.
  • Gambar Google mencakup lebih dari 20 persen dari semua pencarian.
  • 500 jam video YouTube diunggah setiap menit.


TENTANG GOOGLE SEARCH CONSOLE

Google mensyaratkan halaman web Anda harus terindeks terlebih dahulu agar muncul saat user melakukan pencarian. Anda tidak harus mendaftar ke Search Console agar situs Anda dicantumkan di hasil Google Penelusuran, namun Search Console dapat membantu Anda memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs Anda.

Search Console menawarkan fitur dan laporan untuk tindakan berikut:

  • Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs Anda.
  • Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui.
  • Melihat data traffic Google Penelusuran untuk situs Anda: seberapa sering situs Anda muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs Anda, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut, dan banyak lagi.
  • Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs Anda.
  • Menampilkan situs mana saja yang menaut ke situs Anda.
  • Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler, dan fitur Penelusuran lainnya.

Siapa yang harus menggunakan Search Console?

Pemilik bisnis: Sekalipun Anda tidak akan menggunakan Search Console sendiri, sebaiknya Anda memahaminya, menguasai dasar-dasar pengoptimalan situs untuk mesin telusur, dan mengetahui berbagai fitur yang tersedia di Google Penelusuran.

Pemasar atau pakar SEO: Saat seseorang berfokus pada online marketing, Search Console akan membantu Anda memantau traffic situs, mengoptimalkan peringkat, dan membuat keputusan tepat tentang bagaimana hasil penelusuran situs Anda ditampilkan. Anda dapat menggunakan informasi di Search Console untuk memengaruhi keputusan teknis yang menyangkut situs Anda dan melakukan analisis pemasaran yang andal dengan memanfaatkannya bersama sejumlah fitur Google lainnya seperti Analytics, Google Trends, dan Google Ads.

Administrator situs: Sebagai admin situs, kelancaran operasi situs menjadi perhatian penting bagi Anda. Search Console memudahkan Anda memantau dan, dalam beberapa kasus, menyelesaikan error server, masalah pemuatan situs, dan masalah keamanan seperti peretasan dan malware. Anda juga dapat menggunakannya untuk memastikan bahwa pemeliharaan atau penyesuaian situs apa pun yang Anda lakukan terkait performa penelusuran, berjalan dengan lancar.

Developer web: Jika Anda membuat markup dan/atau kode aktual untuk situs, Search Console akan membantu Anda memantau dan menyelesaikan masalah umum terkait markup, seperti error pada data terstruktur.

Menambahkan properti situs ke Search Console

 Properti awalan URLProperti domain
Deskripsi

Hanya mencakup URL dengan awalan yang ditentukan, termasuk protokol (http/https).

Jika ingin properti Anda cocok dengan protokol atau subdomain apa pun (http/https/www./m. dan sebagainya), sebaiknya buat Properti domain.

Properti tingkat domain yang mencakup semua subdomain (m, www, dan sebagainya) dan beberapa protokol (http, https, ftp).

Jika Anda perlu membatasi data menurut segmen jalur URL (example.com/es/, example.com/en/, dan sebagainya) atau menurut protokol (http/https), buat properti awalan URL. 

VerifikasiBanyak kemungkinan metodeVerifikasi data DNS saja
Contoh

Properti http://example.com/

 http://example.com/dresses/1234
🅧 
https://example.com/dresses/1234 - https tidak cocok
🅧 http://www.example.com/dresses/1234 - www. tidak cocok

Properti example.com

 http://example.com/dresses/1234
 
https://example.com/dresses/1234
 http://www.example.com/dresses/1234
 http://support.m.example.com/dresses/1234



Step by step :

Buka dropdown pemilih properti di halaman Search Console mana pun, atau klik di sini.

gsc


Pilih + Tambahkan properti pada dropdown.

Pilih jenis properti yang akan ditambahkan:

Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih metode verifikasi. Setelah Anda memilih, langkah-langkah verifikasi yang diperlukan untuk metode yang dipilih tersebut akan ditampilkan. Anda dapat langsung memverifikasi setelan atau menyimpannya dan melanjutkan proses tersebut di lain waktu:

Untuk langsung memverifikasi, ikuti langkah-langkah verifikasi yang dijelaskan tanpa menutup jendela pop-up, lalu klik Verifikasi di jendela pop-up. Jika perlu waktu lama untuk menjalankan langkah-langkah ini, Anda dapat menyimpan setelan dan melanjutkan proses tersebut di lain waktu (dijelaskan berikutnya).

Untuk menjeda dan melanjutkan proses di lain waktu, klik Verifikasi nanti untuk menyimpan status saat ini, menutup jendela pop-up, dan memverifikasi situs pada waktu yang Anda inginkan. Setelah Anda menjalankan langkah-langkah verifikasi yang diperlukan, selesaikan verifikasi dengan memilih properti yang telah disimpan (tetapi belum diverifikasi) di pemilih properti pada menu navigasi, lalu pilih Verifikasi.

MENGUJI URL DAN PERMINTAAN INDEKS

Setelah terdaftar dan terverifikasi, anda dapat memulai memanfaat google search console untuk menguji dan melakukan tindakan permintaan indeks web/url.

Ada dua cara untuk mengakses Alat Inspeksi URL:

  1. Ketik URL yang sepenuhnya memenuhi syarat untuk diperiksa di kotak penelusuran inspeksi di bagian atas layar Search Console. URL harus ada di properti yang terbuka saat ini.
  2. Klik link Periksa  di samping URL halaman di sebagian besar laporan. Terkadang Anda perlu mengarahkan kursor ke URL untuk melihat opsi ini.

MENGUJI URL DAN PERMINTAAN INDEKS

Lakukan tindakan permintaan indek dengan klik request indexing. 

Jika lulus pemeriksaan cepat untuk menguji error pengindeksan seketika, halaman akan diteruskan ke antrean pengindeksan. Anda tidak dapat meminta pengindeksan jika halaman tersebut dianggap tidak dapat diindeks dalam pengujian langsung.

Untuk meminta pengindeksan banyak halaman baru atau yang diperbarui, cara terbaik adalah mengirimkan peta situs dengan memberi tanda <lastmod> untuk halaman yang diperbarui.

Pada google klasik permintaan index dapat melalui Google: Tambahkan URL Anda, namun saat ini sudah tidak berlaku.

Selamat mencoba.






0 Komentar