LDII Kota Padang Jadi Tuan Rumah Pelatihan Pijat Jantung IDI DMI bagi Pengurus Mesjid

 

LDII Kota Padang Jadi Tuan Pelatihan Pijat Jantung IDI DMI bagi Pengurus Mesjid

PADANG - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional dan HUT ke-72 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Padang bekerjasama dengan DMI (Dewan Mesjid Indonesia) Kota Padang menyelenggarakan kegiatan pelatihan pijat jantung bagi pengurus mesjid di kota Padang.

Menurut Ketua IDI Padang dr. Muhammad Riendra, Sp BTKV(K) VE, kegiatan yang berlangsung secara hybrid ini dipandu instruktur dari IDI cabang Padang secara online ke 104 masjid di 104 kelurahan di kota Padang. 

Masing-masing mesjid akan diikuti puluhan peserta dari pengurus mesjid sekitarnya serta didampingi dokter dan tenaga medis relawan IDI, sehingga pelatihan ini diikuti oleh 2000 orang peserta. 

Dikatakannya, tujuan diadakan nya kegiatan ini adalah untuk memberikan ilmu kepada para pengurus mesjid kota Padang jika sewaktu-waktu didalam mesjid ada jamaah yang mengalami serangan jantung dan membutuhkan pertolongan pertama.

"Hal ini mudah-mudahan dapat menyelamatkan nyawa disaat kritis", kata Ketua IDI.


LDII Kota Padang Jadi Tuan Pelatihan Pijat Jantung IDI DMI bagi Pengurus Mesjid


"Di akhir acara, Insya Allah kegiatan ini juga akan diajukan dalam pencatatan Museum Rekor Indonesia (MURI)", ujar dr. Riendra.

Untuk wilayah kelurahan Ulak Karang Selatan, Mesjid Al-Ikhlas Jl.Tenggiri No.10 Ulak Karang Selatan yang merupakan mesjid binaan LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) Kota Padang dipercaya menjadi salah satu mesjid tempat digelarnya kegiatan Pelatihan Pijat Jantung bagi Pengurus Mesjid Kota Padang.

Ketua DPD LDII Kota Padang Buya H. Ahmad Nasir melalui Sekretaris DPD LDII Kota Padang H. M. Abdillah, ST, SH mengatakan, "Kami atas nama LDII Kota Padang sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan senam jantung bagi pengurus mesjid yang diprakarsai IDI dan DMI ini."

"Alhamdulillah mesjid Al-Ikhlas LDII Kota Padang ini dipercaya oleh DMI Kota Padang untuk menjadi salah satu mesjid tempat diselenggarakan nya kegiatan ini. Kami juga sangat mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan, pada hakekat nya mesjid merupakan fasilitas umum sarana ibadah milik umat", ujarnya.

Menurut Abdillah, LDII memiliki Forum Komunikasi Kesehatan Islam (FKKI) yang merupakan salah satu Pokja di bawah bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga yang terdiri dari para Dokter dan Tenaga Kesehatan LDII.

Ia juga mengatakan, "LDII berkomitmen mendukung segala kegiatan positif yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat, seperti halnya kegiatan kesehatan hari ini bersama IDI. Selain kegiatan ibadah dan dakwah, kedepan kami harapkan mesjid-mesjid LDII bisa kembali diberi kepercayaan sebagai tempat diselenggarakan nya berbagai kegiatan DMI maupun kegiatan lainnya yang bersifat keagamaan maupun kegiatan sosial dan kesehatan. Selama itu bermanfaat positif untuk kemaslahatan umat Insya Allah LDII siap memberikan kontribusinya", pungkas H. M. Abdillah yang juga merupakan Ketua DMI Kelurahan Ulak Karang Selatan.

Di mesjid Al-Ikhlas LDII Padang ini kegiatan dipandu oleh dr. Amara Ihsan, PPDS Bedah Unand beserta 2 orang dokter muda Unand serta di ikuti oleh peserta puluhan pengurus mesjid di wilayah Ulak Karang Selatan dan sekitarnya. (*/Riki Abdillah)

0 Komentar