10 Imam Masjidil Haram, Merdu Bacaannya Bikin Hati Tenang

10 Imam Masjidl Haram


Dalam Islam, istilah "Imam" mengacu pada pemimpin ibadah shalat. Seorang imam dipilih berdasarkan pengetahuan mereka tentang Islam, kesalehan mereka, dan keterampilan mereka dalam membaca Al-Qur'an.

Selama haji, umrah, atau bahkan salat berjamaah, adalah tugas para imam untuk memastikan bahwa azan dikumandangkan tepat waktu, salat dilakukan sesuai Sunnah, khotbah Nabi Muhammad (SAW) dibacakan. kepada orang-orang, dan para peziarah yang datang. 

Saat ini, Khatib dan Imam Kepala Masjid Al Haram adalah Syekh Abdul Rehman Al Sudais. Dia adalah salah satu tokoh Islam paling terkenal dan dikenal karena suaranya yang indah dan sifatnya yang saleh. Sheikh Abdul Rehman Al Sudais diangkat sebagai Imam Masjidil Haram pada usia muda 22 tahun pada tahun 1984. Ia juga seorang menteri tingkat negara bagian saat ia memegang gelar General Presidency for Affairs of the Two Holy Mosques (GPH). 


Berikut adalah daftar sepuluh Imam Masjidil Haram.


Sheikh Abdul Rehman Al-Sudais


Sheikh Abdul Rehman Al-Sudais

Lahir di Qassim, Arab Saudi, pada tahun 1961, Sheikh Abdul Rehman Al-Sudais adalah salah satu tokoh paling terkenal di kalangan umat Islam. Dia dikenal luas karena suaranya yang indah dan karena menyampaikan khotbah yang kritis dan kuat.

Imam Masjidil Haram dididik di Riyadh, dan telah menghafal Al-Qur'an pada usia muda 12 tahun. Pada tahun 1982, Syekh Abdul Rehman Al-Sudais menyelesaikan kelulusannya dari Fakultas Syariah dan menyelesaikan tahun-tahun terakhir studinya di Umm Universitas Al Qura. Pada tahun 1995, Sheikh Abdul Rehman Al-Sudais memperoleh gelar PhD di bidang Syariah.

Sheikh Abdul Rehman Al-Sudais diangkat sebagai Imam Masjid Agung pada tahun 1894 ketika dia baru berusia 22 tahun. Sejak itu, dia telah memimpin sholat Tarawih setiap tahun dan mencapai tonggak sejarah dengan menyelesaikan Alquran dan membaca Khatam-ul Quran Dua untuk yang ke-35 kalinya. Raja Salman menunjuk Sheikh Abdul Rehman Al-Sudais untuk menyampaikan Khotbah Terakhir pada tahun 2016 dan 2020. Dia adalah Khatib saat ini dan Imam Kepala Masjid Al Haram. Dia juga Presiden Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci.


Sheikh Yasir bin Al-Dossary

Sheikh Yasir bin Al-Dossary

Sheikh Yasir Al-Dossary lahir pada tahun 1980 M di provinsi Al-Kharj. Dia adalah salah satu qari Quran paling terkenal di dunia Islam dan Imam Masjid Agung. Sheikh Yasir Al-Dossary lulus dari Fakultas Syariah di Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud. Ia menyelesaikan Magister Yurisprudensi Perbandingan dari Institut Yudisial Tinggi. Syekh Yasir Al-Dossary juga memperoleh gelar PhD di Departemen Perbandingan Fiqh dari institusi yang sama.

Sheikh Yasir Al-Dossary menghafal Alquran saat bekerja sebagai sekretaris jenderal Asosiasi Pangeran Sultan. Dia adalah pendiri Ayat Quranic Media Group dan bekerja sebagai Associate Professor di King Saud University. Sheikh Yasir Al-Dossary telah menjadi Imam beberapa masjid, termasuk Masjid Abdullah Al-Khulaifi dan masjid Sheikh Abdul Aziz bin Baz. Sheikh Yasir Al-Dossary diangkat sebagai Imam Masjid Al Haram oleh Raja Salman pada bulan suci Ramadhan tahun 2015.


Syekh Faisal Ghazzawi


Syekh Faisal Ghazzawi

Sheikh Faisal Ghazzawi lahir pada tahun 1965 di Makkah, Arab Saudi. Setelah lulus SMA pada tahun 1989, Syekh Faisal Ghazzawi memperoleh gelar Magister pada tahun 1996 dan PhD pada tahun 2002 dari Universitas Umm Al Qura. Dia termasuk dalam komunitas Muhajirin dan terkenal karena menyampaikan doa-doa yang paling kuat dan menjamu serta menyapa para tamu dengan murah hati. Dia adalah Presiden Fakultas Pengajian Al-Qur'an di Universitas Umm Al Qura saat ini. Pada tahun 2008, Sheikh Faisal Ghazzawi diangkat sebagai Imam Masjid Al Haram dan sebagai Khatib pada tahun 2016.


Sheikh Bandar Baleelah


Sheikh Bandar Baleelah

Sheikh Bandar Baleelah adalah Imam resmi Masjid Al Haram lainnya. Ia lahir pada tahun 1975 di Makkah, Arab Saudi. Sheikh Bandar Baleelah menyelesaikan kelulusannya dari Makkah dan mendapatkan gelar Master pada tahun 2002 dari Universitas Umm Al Qura. Ia menerima gelar PHD pada tahun 2008 dari Universitas Islam di Madinah.

Sheikh Bandar Baleelah awalnya ditunjuk sebagai Imam Tamu untuk memimpin shalat Tarawih di bulan Ramadhan pada tahun 2013. Ia secara permanen ditunjuk sebagai Imam Masjid Agung. Ia juga bekerja sebagai profesor di Fakultas Syariah di Universitas Taif. Sheikh Bandar Baleelah ditunjuk sebagai Khatib dan Imam Doa Istisqa pada Juli 2016 oleh Raja Salman.


Sheikh Abdullah Awad Al-Juhany


Sheikh Abdullah Awad Al-Juhany

Sheikh Abdullah Awad Al-Juhany lahir pada tahun 1976 di Madinah, Arab Saudi, dan dia menghafal Al-Qur'an sejak usia dini. Selama beberapa tahun, Syekh Abdullah Awad Al-Juhany mengikuti Lomba Baca Al-Qur'an yang diadakan di Masjid Agung, dan selalu menang.

Berlatar belakang agama, Syekh Abdullah Awad Al-Juhany belajar di Universitas Umm Al Qura dan mendapatkan gelar PhD dalam Syariah Islam dan Pelafalan Alquran. Selama 1998-1999, ia terpilih untuk memimpin shalat Tarwih di Masjid Al Nabawi. Namun, pada tahun 2007, Syekh Abdullah Awad Al-Juhany akhirnya diangkat sebagai Imam tetap untuk memimpin Shalat di Masjid Agung. Dia adalah satu-satunya Imam yang diberkahi untuk memimpin shalat di Masjid Qiblatein, Masjid Al Quba, Masjid Al Haram, Masjid Al Nabawi dan Masjid Al Jinn. Dia adalah Imam termuda dari Masjid Agung.


Syekh Saleh Al-Humaid


Syekh Saleh Al-Humaid

Lahir tahun 1950 di Buraydah, Arab Saudi, Syekh Saleh Al-Humaid menghafal Al-Qur'an pada usia 20 tahun. Ia mengenyam pendidikan awal di Buraydah, sedangkan untuk pendidikan tinggi ia masuk Universitas Umm Al Qura. Di sana, Sheikh Saleh Al-Humaid menyelesaikan gelar Sarjana dan Magisternya masing-masing pada tahun 1976 dan 1982.

Dia pernah menjabat sebagai Presiden Komisi Kehakiman Tinggi dan Presiden Dewan Soura. Pada tahun 1983, Sheikh 33 tahun diangkat sebagai Imam Masjid Al Haram. Dia juga penasihat Dewan Kerajaan Arab Saudi.


Syekh Maher Al-Muaiqly


Syekh Maher Al-Muaiqly

Sheikh Maher Al-Muaiqly lahir pada tahun 1969 di Madinah, Arab Saudi. Dia adalah seorang mahasiswa matematika yang tajam, hafal Al-Qur'an, dan mulai memimpin Shalat di banyak Masjid. Sheikh Maher Al-Muaiqly mendapatkan gelar Sarjana dan Magister dari Universitas Umm Al Qura. Dia terkenal karena suaranya yang penuh perasaan, dan karena menyampaikan doa-doa paling emosional saat membaca Al-Qur'an.

Sheikh Maher Al-Muaiqly ditunjuk untuk memimpin Tarawih di Masjid Al Nabawi pada tahun 2005 dan 2006. Namun, karena popularitasnya di kalangan Umat Muslim dan Keluarga Kerajaan, Sheikh Maher Al-Muaiqly didelegasikan sebagai Imam untuk memimpin Tarawih di Masjid Al Haram pada tahun 2007.


Syekh Usamah Abdul Aziz Al-Khayyat


Syekh Usamah Abdul Aziz Al-Khayyat

Sheikh Usamah Al-Khayyat adalah salah satu Imam Masjid Al Haram yang paling dicintai. Ia lahir pada tahun 1956 di Makkah, Arab Saudi. Beliau lulus pada tahun 1977 dan memperoleh gelar Master pada tahun 1988 dan PhD pada tahun 1998 dari Universitas Umm Al Qura. Sheikh Usamah Al-Khayyat diangkat sebagai Imam dan Khatib Masjid Al Haram pada tahun 1997 oleh Raja Fahad Bin Abdulaziz Al-Saud. Ia juga anggota Majelis Shoura dan Guru Besar Usool Dien dan Fakultas Dakwah di Universitas Umm Al Qura.


Sheikh Saud Al Shuraim


Sheikh Saud Al Shuraim

Sheikh Saud Al Shuraim lahir di Riyadh pada tahun 1966. Dia menghafal Al-Qur'an setelah menyelesaikan sekolah menengah. Ia mendapatkan gelar Master dari Universitas Imam Muhammad bin Saud dan PhD dari Universitas Umm Al Qura. Pada tahun 1992, Sheikh Saud Al Shuraim ditunjuk oleh Raja Fahad sebagai Imam untuk memimpin shalat Tarawih, dan dia telah melakukannya sejak saat itu.


Sheikh Adel Al-Kalbani


Sheikh Adel Al-Kalbani

Sheikh Adel Al-Kalbani adalah Imam Hitam pertama Masjid Al Haram. Dia berasal dari keluarga imigran miskin. Sheikh Adel Al-Kalbani mengambil kelas malam di Universitas Raja Saud di Riyadh. Dia mulai memimpin shalat di masjid di dalam bandara Riyadh. Segera setelah itu, Syekh Adel Al-Kalbani diangkat sebagai Imam Masjid Al Haram oleh Raja Abdullah. Dia dikenal karena suara baritonnya yang indah dan dalam.


Mantan Imam Majid Al Haram

Para Imam Masjidil Haram ditunjuk oleh Raja, penjaga Dua Masjid Suci Arab Saudi. Oleh karena itu, mereka terus berubah seiring waktu. Biografi singkat dua mantan Imam Masjidil Haram adalah sebagai berikut:


Sheikh Khalid Al-Ghamdi

Sheikh Khalid Al-Ghamdi lahir dan besar di Makkah, Arab Saudi. Selama turnya ke Pakistan pada April 2015, Sheik Khalid Al-Ghamdi mengatakan bahwa dia telah menyelesaikan hafalan Al-Qur'an pada usia muda 16 tahun di bawah bimbingan seorang ulama Pakistan di Mekah. Saat ditanya tentang pendidikannya, mantan Imam Masjidil Haram itu mengatakan bahwa ia telah menyelesaikan pendidikan dasar, menengah, dan tinggi dari Makkah dan memegang gelar Magister Zikir dan Tafsir Al-Qur'an dari Universitas Umm Al Qura di Perguruan Tinggi. dari dakwah.

Sheikh Khalid Al-Ghamdi awalnya adalah Imam sebuah masjid kecil di Makkah. Namun, hidupnya berubah pada tahun 2014 ketika ia diangkat sebagai wakil Imam Masjid Al Haram. Pada tahun 2008, Syekh Khalid Al-Ghamdi akhirnya diangkat sebagai Imam tetap. Pertama kali Syekh Khalid Al-Ghamdi memimpin Zuhur dan Isya Salah, dia mulai menangis deras saat mendengar suaranya bergema di lorong-lorong Masjid Al Haram. Syekh Khalid Al-Ghamdi menyampaikan Khutbah pertamanya di Masjid Agung pada 4 September 2015. Selama masa kepemimpinannya, ia telah memimpin banyak doa bersama Syekh Yasir Al Dossary dan Syekh Bandar Baleelah. Sheikh Khalid Al-Ghamdi pensiun sebagai Khatib dan Imam Masjid Al Haram pada September 2018.


Syekh Saleh Al-Talib

Sheikh Saleh Al-Talib lahir pada tahun 1974 di Riyadh, Arab Saudi. Syekh Saleh Al-Talib lulus dan mendapatkan gelar Magister Perbandingan Fikih Islam dari Universitas Imam Saud. Tidak hanya itu, mantan Imam Masjidil Haram ini juga paham dan fasih berbahasa Inggris karena ia memiliki gelar Magister Hukum Internasional dari Georgetown University, Washington DC, AS.

Sheikh Saleh Al-Talib juga Hakim Pengadilan Tinggi Mekah dan diangkat sebagai Khatib dan Imam Masjid Agung pada tahun 2003. Ia pernah memimpin Salah Al Isha di Masjid Al Haram dan pensiun dari kehormatan bergengsi pada 13 Juli 2018 .


thepilgrim.co

Post a Comment

Previous Post Next Post