LDII Kota Makassar Turut Serta Meriahkan Karnaval Merdeka Toleransi 2022

ldii makassar


MAKASSAR – Warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Makassar turut serta memeriahkan karnaval merdeka toleransi 2022. Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 dan tahun toleransi 2022, Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Polda Sulawesi Selatan, Kodam XIV Hasanuddin, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Selatan menyelenggarakan karnaval merdeka toleransi di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/8/2022).

Hadir dalam kegiatan, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman ST, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Drs Khaeroni MAg, dan Ketua FKUB Sulawesi Selatan Prof Dr Abd Rahim Yunus MA, dan Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad SH MH.

Ketua DPW LDII Sulawesi Selatan Dr Ir Abri MP mengatakan, keikutsertaan warga LDII dalam karnaval merdeka toleransi ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua FKUB, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan. “Sebab LDII ikut serta menyukseskan karnaval merdeka toleransi. Merdeka dalam bernegara dan toleransi dalam beragama,” ujar Abri.

Menurut Abri, karnaval merdeka dan toleransi ini dapat menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama. “Intinya adalah toleransi dan moderasi beragama. Hal ini sesuai visi misi LDII,” ungkap dosen Universitas Bosowa Makassar ini.  

Kegiatan yang diikuti ribuan peserta ini mengambil tema “Merdeka dalam Keberagaman, Toleran dalam Perbedaan”. Peserta karnaval start dari finis di Lapangan Karebosi. Karnaval merdeka toleransi adalah karnaval adat, budaya, dan agama yang dilaksanakan dalam momentum HUT RI ke-77 dan tahun toleransi 2022.

Adapun Wakil Sekretaris LDII Sulawesi Selatan Hatta Tohuri mengatakan, peserta dari LDII sebanyak 100 orang. Hadir Pengurus LDII Sulawesi Selatan, Pemuda LDII Kota Makassar, guru, dan santi Pondok Pesantren Roudhotul Jannah Makassar. “Pengurus LDII yang hadir antara lain Ketua DPW LDII Sulawesi Selatan Dr Ir Abri MP, Wakil Ketua Drs Renreng Tjolli MAg, anggota dewan penasihat Prof Dr Haryanto MPd, wakil sekretaris Hatta Tohuri dan Eko Pamujianto,” ujarnya.

Hatta menjelaskan, warga LDII mengikuti defile pejalan kaki. Ini adalah ajang pertemuan antar umat beragama. “Setelah mengikuti karnaval, kesan saya sebagai peserta yaitu sangat luar biasa. Ini merupakan ajang silaturahmi antar umat beragama. Tidak membedakan agama apa. Kesan saya, peserta membaur dalam keberagaman agama dan budaya,” ujar Hatta.

0 Komentar