LDII Balikpapan Meriahkan HUT RI, Tanamkan Wawasan Kebangsaan

ldii balikpapan


BALIKPAPAN – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kota Balikpapan ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI. Kemeriahan ini tampak di beberapa Pimpinan Cabang (PC) maupun Pimpinan Anak Cabang (PAC) di beberapa wilayah di Balikpapan, Rabu (17/8) pagi. Partisipasi ini merupakan salah satu upaya LDII menanamkan wawasan dan nilai-nilai kebangsaan.

“Kemerdekaan ini lahir dari upaya yang gigih dari para pejuang bangsa. Kita wajib bersyukur dengan perjuangan mereka sehingga negara Indonesia ini eksis. Namun persoalan-persoalan kebangsaan akan tetap ada sesuai dinamika zaman,” ungkap Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso di Kantor DPP LDII Jakarta, Selasa (16/8).

Menurutnya, sejak dahulu pesantren turut terlibat menghadapi masalah bangsa. Bahkan, lanjutnya, pesantren tidak pernah absen dalam perjuangan bangsa Indonesia.

Partisipasi pesantren saat ini terlihat dari kegiatannya membantu pemerintah dalam program vaksin Covid-19. “Begitupun di saat bangsa ini menghadapi Covid-19, pondok-pondok pesantren menyiapkan fasilitasnya untuk melakukan vaksinasi. Pondok selalu hadir dalam pentas bangsa,” tutur Chriswanto.

“Bahkan setiap 17 Agustus, pondok-pondok pesantren di lingkungan LDII menggelar upacara bendera. Sepanjang Agustus para santri mengikuti acara yang diadakan di lingkungan pondok,” tambah Chriswanto.

“Pemikirannya, jangan hanya santri dan siswa yang diberi wawasan kebangsaan, sementara penyelenggara dan mereka yang terlibat dalam lembaga pendidikan tidak disentuh. Justru makin rawan bila radikalisme menyusup kepada penyelenggara pendidikan,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kota Balikpapan H. Herry Fathamsyah mengapresiasi warga LDII di beberapa PC dan PAC turut serta dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan RI, seperti pelaksanaan Detik-detik Hari Kemerdekaan RI di Ponpes Bairuha Balikpapan atau berbagai lomba di lingkungan sekitar.

“Tugas DPD LDII Kota Balikpapan di antaranya adalah mengisi ruang Kemerdekaan RI ini dengan terus membina generasi penerus melalui pendidikan formal (PAUD, SD, SMP, SMA) dan pendidikan agama (pondok pesantren). Semua ini sejalan dengan program dan arahan DPP LDII,” tutur H. Herry.

Pada kesempatan ini, Wakil Ketua DPD LDII Kota Balikpapan Laode Beni SH mengikuti pelaksanaan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan yang diselenggarakan Pemerintah Kota, bertempat di Lapangan Merdeka Balikpapan.

Untuk itu, dirinya berharap agar kontribusi LDII Balikpapan mengisi Kemerdekaan RI terus berlanjut lebih kuat. “Selamat di tahun 2022, Kemerdekaan RI sudah berjalan ke-77 tahun, semoga kontribusi DPD LDII Kota Balikpapan terus berlanjut lebih kuat,” pungkas Herry Fathamsyah. (SA/LINES)

0 Komentar