Konsolidasi PB Persinas ASAD di Sumatera Selatan

Konsolidasi PB Persinas ASAD di Sumatera Selatan


PALEMBANG - Pengurus Besar (PB) Perguruan Pencak Silat Nasional (Persinas) ASAD menggelar Konsolidasi Organisasi di Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan ini sebagai upaya mengevaluasi kinerja organisasi serta meningkatakan wawasan pengurus organisasi Persinas ASAD di tingkat provinsi dan kabupaten dan kota.

Konsolidasi digelar di Padepokan Persinas ASAD Kota Palembang, di Taman kenten. 

Sebanyak 130 peserta yang terdiri dari Pengurus Persinas ASAD di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota berkumpul untuk mengikuti konsolisasi selama dua hari, 26-27 Maret 2022. 

Hadir sebagai pemateri Sekretaris PB Persinas ASAD Weda Hendragiri Departemen Diklat Ramdan Joko Mulyawan. Keduanya memaparkan materi mengenai peningkatan kinerja pengurus Persinas ASAD.

Menurut Weda, Pengurus Persinas ASAD harus mengetahui tugas pokok dan fungsinya masing-masing, karena pengurus organisasi adalah mesin penggerak program kerja untuk mencapai visi dan misi organisasi. Persinas ASAD memiliki program kerja yang lengkap dalam upaya memajukan pencak silat di Indonesia.

“Jangan sampai masih ada pengurus organisasi yang diberikan amanah tetapi belum tahu apa tugas pokok dan fungsinya," ujarnya.

Dia merinci, terdapat beberapa hal utama yang harus dilakukan pengurus dalam mewujudkan Persinas ASAD yang berprestasi. Di antaranya menjalin komunikasi yang baik dengan IPSI dan instansi terkait, darena dengan adanya komunikasi maka semua informasi dan program yang dijalankan selaras dan mendapat dukungan.

“Selain itu kompetisi untuk meningkatkan jam terbang bertanding pesilat juga diperlukan untuk melihat progres program latihan dan pembinaan prestasi. Ini adalah untuk meningkatkan mental dan pengalaman bertanding para atlet pesilat,” ujar Ketua IPSI Kabupaten Wonogiri ini.

Selanjutnya, Weda mengatakan yang harus dilakukan Pengprov Persinas ASAD Sumatera Selatan adalah pemerataan SDM Pelatih agar program pembinaan atlet dan program prestasi dapat terlaksana di semua kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

“Target PB Persinas ASAD adalah pemerataan lahirnya atlet-atlet berprestasi di semua daerah. Oleh karena itu kinerja pengurus persinas ASAD diharapkan dapat semaksimal mungkin, karena tujuan Persinas ASAD adalah berkontribusi bagi kemajuan dunia pencak silat di Indonesia dan sumbangsih prestasi sampai ke tingkat dunia dapat lebih baik lagi," katanya.

Sekretaris Pengprov Persinas ASAD Sumsel, Amry Aprizal mengatakan semua arahan dan materi yang diberikan oleh PB sangat baik bagi perkembangan Persinas ASAD di Sumatera Selatan. Menurutnya, evaluasi yang disampaikan segera direspons dengan baik dan diterapkan ke jajaran pengurus Persinas ASAD di Sumatera Selatan.

“Alhamdulillah konsolidasi berjalan dengan lancar, semua materi yang diberikan akan segera ditindaklanjuti untuk terjuwudnya kinerja organisasi yang baik dan persinas ASAD Sumatera Selatan dapat berprestasi sampai ke tingkat dunia," ujarnya.

0 Komentar