Peresmian Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Al Mubarok Oleh Kepala Kanwil Kemenag Tangerang Selatan

Peresmian Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Al Mubarok Oleh Kepala Kanwil Kemenag Tangerang Selatan

 

Tangerang Selatan (25/10). Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Tangerang Selatan H. Abdul Rojak, MA meresmikan Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Al Mubarok. Ia mewakili Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, yang semula dijadwalkan untuk membuka peresmian tersebut.

 

Dalam acara tersebut dihadiri pula jajaran pemerintah kota Tangerang Selatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan ormas Islam lainnya. Para hadirin menjalankan protokol kesehatan Covid-19, untuk mencegah penyebaran wabah.

Abdul Rojak sangat bersyukur dan mengapresiasi jajaran pengurus DPD LDII Kota Tangerang Selatan. Pasalnya dengan berdirinya Ponpes Manba’ul Ulum Al Mubarok tersebut, berarti menambah jumlah pondok pesantren di provinsi Banten, khususnya kota Tangerang Selatan. Wilayah Pondok Aren, dengan demikian menjadi basis pondok pesantren dengan keberadaan Ponpes Manba’ul Ulum Al Mubarok.

 

Abdul Rojak yang pernah menjadi santri, mengingatkan kepada pondok pesantren yang berada di wilayahnya dapat berkiprah untuk dapat mensyiarkan dakwah Islam dengan tidak menghilangkan rasa cinta tanah air dan kebangsaan. “Santri itu mempunyai dua ciri khas, yaitu kedalaman keislamannya dan kebangsaan. Kedua background itu selalu beriringan, antara nilai keislaman dan kebangsaan, maka harus selalu diimbangi, “tuturnya.

Ponpes yang berdiri di kelurahan Jurang Mangu Barat, Pondok Aren tersebut dibangun pada akhir tahun 2018. Usai bangunan fisik selesai, kegiatan belajar mengajar pun dihelat dengan melibatkan 120 santri.

Ketua Ponpes Manba’ul Ulum Ezza Purnama menuturkan latar belakang dibangunnya Pondok Pesantren tersebut, yakni sebagai sarana bagi generasi penerus bangsa yang berada di kecamatan Pondok Aren untuk membekali diri dalam meraih cita-cita menjadi individu yang alim faqih, berakhakul karimah dan mandiri.

 

Peresmian Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Al Mubarok Oleh Kepala Kanwil Kemenag Tangerang Selatan
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Tangerang Selatan H. Abdul Rojak, MA saat meresmikan Ponpes Manba’ul Ulum Al Mubarok. (Foto: Prima/LINES).

”Cita-cita yang kami sebut sebagai Trisukses generasi penerus tersebut, berusaha kami jembatani agar generasi penerus bangsa mampu menghadapi berbagai pengaruh akhir zaman. Upaya ini sangat penting dan tidak bisa ditunda-tunda lagi,” ujarnya.

Kurikulum di ponpes yang berarsitektiur modern ini, yang utama adalah ilmu Al Quran dan Al Hadits sebagai pondasi ilmu. Disiplin ilmu lainnya, adalah pendidikan terkait dengan pendidikan pembentukan karakter yang mengutamakan pendidikan memelihara kerukunan, kekompakan, kerja sama dalam berbagai hal yang bermanfaat, membangun kejujuran, amanah dan berhemat.


Selain itu, ponpes yang berada di bawah naungan DPD LDII Kota Tangerang Selatan itu juga memberikan pendidikan yang dapat membangun dan menstimulan kemandirian santri sesuai dengan minat bidangnya, diantaranya adalah pelatihan (ekstrakulikuler) kuliner dan tata boga, otomotif, administrasi serta perpajakan.

Selaras dengan pemerintah kota Tangerang Selatan, harapan berdirinya Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Al Mubarok ini adalah dapat melahirkan santri dan pribadi yang profesional religius.

Posting Komentar

0 Komentar

LDII SAMPIT | LDII KOTIM