LDII Jawa Barat : Bela Negara Untuk Masyarakat Jawa Barat Yang Pancasilais Dan Bertaqwa

 

LDII Jawa Barat : Bela Negara Untuk Masyarakat Jawa Barat Yang Pancasilais Dan Bertaqwa

Bandung (24/10), LDII Jawa Barat mengadakan FGD Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dalam rangka menjelang MUSWIL VIII yang akan dilaksanakan Desember Nanti, FGD ini Mengusung tema “Menanamkan Pemahaman Bela Negara untuk Masyarakat Jawa Barat yang Pancasilais dan Bertaqwa”. Yang dilaksanakan pada Sabtu, 24 Oktober 2020 Bertempat di GSG Baitul Mustajab Jl. Riungmas II No. 9 Bandung. Dengan pemateri  Letkol Inf. Entet Suhara (Kodam III/Siliwangi), AKBP Mohamad Rois, SIK., MH. Polda Jabar, Prof. Dr. H. Dasim Budimansyah, S. Pd., M. Si. (Guru Besar UPI), Drs. H. Agus Komarudin, M. Si (Bakesbangpol Jabar) dan Dr. H. Iskandar Siregar, MSi.  Salah satu Ketua DPP LDII.

 

LDII Jawa Barat : Bela Negara Untuk Masyarakat Jawa Barat Yang Pancasilais Dan Bertaqwa

FGD ini dalam rangka Penyusunan program kerja MUSWIL  DPW LDII di Desember Serta sebagai kontribusi nyata untuk penguatan Provinsi Jawa Barat untuk terwujudnya Jawa Barat menjadi Provinsi Juara, maka tema MUSWIL kali ini  adalah kontribusi berkelanjutan untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin.

 

Ketua LDII Jawa Barat H. Bahrudin Menyampaikan Bahwa Wujud nyata dalam Bela Negara LDII Jawa Barat Mengadakan Beberapa kegiatan diataranya Diklat Pelatihan Bela Negara yang bekerjasama dengan Kodam III/Siliwangi, yang kedua Pelatihan Da’I Kamtibmas Kerjasama dengan POLDA Jabar yang telah dikukuhkan sebanyak 300 orang Da’i, dan ketiga sebagai bukti keseriusan Bela Negara LDII Jabar membentuk Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara Daerah Jawa Barat yang telah terbentuk 15 Satuan Komunitas Cabang di Kota dan Kabupaten.

 

sehubungan dengan PILKADA sebagai warga negara yang baik harus bisa menjaga keamanan ketertiban kerukunan kedamaian didalam menghadapi konflik - konflik yang terjadi, dalam Pilkada ini LDII Jawa Barat mengambil garisan bahwa LDII Netral dan Aktif artinya secara kelembagaan tidak mendukung kepada salah satu calon, dan aktif  dalam artian tidak boleh ada warga LDII yang Golput, harus memilih salah satu diantara calon yang ada. Jelas H. bahrudin saat ditemui Awak media.

 

LDII Jawa Barat : Bela Negara Untuk Masyarakat Jawa Barat Yang Pancasilais Dan Bertaqwa

Ideologi Pancasila merupakan hal yang prinsip, sehingga pada kesempatan ini kami menyampaikan bahwa kami selalu menekankan tentang bahaya-bahaya lain dari ideologi Pancasila yang dapat merongrong dan merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam menghadapi kehidupan dimasa yang akan datang, menyikapi kondisi saat ini terhadap kondisi bangsa ini bisa tersampaikan mulai kegiatan FGD ini dan juga KODAM III/ Siliwangi tidak akan pernah berhenti untuk menyerukan ini agar semua warga negara terpanggil untuk andil dalam bela Negara, Ungkap Letkol E. Suhara.

 

Pancasila adalah merupakan Dasar Negara kita, Pancasila adalah perjanjian luhur Bangsa Indonesia, Pancasila adalah jiwa kepribadian Bangsa Indonesia, Pancasila adalah sumber dari pada sumber segala hukum dan Pancasila yang menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia. negara kita adalah negara yang keberagaman Bhineka Tunggal Ika adalah keniscayaan dengan jiwa nasionalisme akan mampu menangkal gangguan dari luar yang akan merongrong kedaulatan Negara republic Indonesia, Hal tersebut disampaikan oleh AKBP M. Rois Wadirbinmas Polda Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut Wadirbinmas mengapresiasi kepada LDII Jawa Barat dimasa pandemic ini mempunyai kepedulian dalam terhadap Bela Negara.

 

Senada dengan dua pembicara sebelumnya Agus komarudin Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Prov Jabar Menyampaikan Wawasan kebangsaan merupakan modal bagi setiap warga negara Indonesia untuk menjadi warga negara yang cinta akan bangsanya sendiri yaitu bangsa Indonesia.  Saat ini diharapkan kepada setiap orangtua agar memberikan pemahaman kepada anak-anaknya mengenai kecintaan  terhadap bangsa Indonesia dan diharapkan kepada orangtua dapat memberikan contoh kegiatan yang membuat anak selalu keingintahuannya tinggi kepada dan bagaimana saja contoh penerapan nya. Dengan banyaknya media sosial yang memut konten- konten yang kurang mendukung, dapat menjerumuskan anak menjadi anak yang kurang peduli dengan sekitar dan menjurus ke tindak kejahatan.

 

Sedangkan Prof Budimansyah memaparkan materi secara daring menjelaskan Saat ini yang perlu dibangunkan masyarakat Indonesia, yaitu untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. apabila dalam mempertahankan negara Indonesia ini kita lemah, bayangkan saja apa efek yang akan terjadi? dan Alutsista yang kita miliki juga merupakan alat pertahanan kita, yang harus kita jaga dan kita rawat, praktek Bela Negara dapat diwujudkan dengan kegiatan Pramuka.

 

Dalam kesempatan yang sama Ketua DPP LDII Iskandar Siregar menyampaikan bahwa, DPP LDII menekankan tentang wawasan kebangsaan karena sejak awal berdiri asasnya itu sudah Pancasila jadi walaupun sebagai Lembaga Dakwah Islam Indonesia Tapi asasnya sejak berdiri tahun 1972 sudah berasaskan Pancasila artinya LDII sejak awal berkomitmen untuk mendukung NKRI dan juga turut mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila terutama kepada warganya Sehingga nantinya diharapkan semua warga betul-betul memberikan contoh tauladan bagi warga negara lainnya untuk bisa hidup rukun Aman damai Sentosa dengan lingkungannya tetapi juga sekaligus bisa berkontribusi terhadap lingkungannya yang disebut dengan K3 (karya, kontribusi, komunikasi).

Pres Rilis FDG Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara DPW LDII Jawa Barat

Posting Komentar

0 Komentar

LDII SAMPIT | LDII KOTIM