LDII Pontianak Gelar "Ngebaso" untuk Bangun Generasi Muda Berkarakter


PONTIANAK. Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Pontianak menggelar acara "Ngebaso" atau makan bakso bersama sebagai upaya kreatif dalam membentuk karakter generasi muda. Kegiatan yang berlangsung di Masjid Khoirul Ihsan, Pontianak, Kalimantan Barat, pada Minggu (30/6) ini dihadiri 250 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari siswa SMP kelas IX hingga mahasiswa.

Ketua Panitia Ngebaso Generus LDII, Rizal Bahril Huda, menuturkan bahwa kegiatan ini dikemas dengan cara yang santai dan tidak formal agar lebih menarik dan mudah diterima oleh para generasi muda. "Walaupun terkesan rileks, namun saat tafsir Al Quran dan tausiyah agama tetap menjadi perhatian serius seluruh peserta. Sehingga diyakini ini akan semakin menambah kesholehan para generasi LDII," jelas Rizal.

Lebih lanjut, Rizal menambahkan bahwa acara "Ngebaso" ini bukan merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan. LDII juga sering mengadakan kegiatan kreatif lainnya seperti tur, camping, dan lain sebagainya. "Ngebaso ini bukan yang pertama dalam mengkreasi kegiatan yang menarik, melainkan cukup variatif yang kami lakukan," tambahnya.

Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kemajuan bangsa sangat tergantung pada persiapan generasi muda sejak dini. Oleh karena itu, LDII memiliki target untuk menjadikan generasi penerus (generus) sebagai generasi Tri Sukses, yaitu generasi yang berakhlakul karimah, alim faqih, dan mandiri.

"Momentum bonus demografi mesti disikapi secara kolektif dengan menciptakan generasi unggul. Maka kami di LDII punya target menjadikan generus Tri Sukses," jelas Susanto.

Susanto pun mengapresiasi kegiatan Ngebaso Generus LDII ini sebagai metode pembinaan yang mengikuti aspirasi peserta. "Saya apresiasi kegiatan ini, selagi substansinya tidak ditinggalkan yakni penanaman karakter dengan nilai-nilai kesholehan itu hal yang perlu didukung. Adapun diselingi dengan permainan dan makan bareng itu adalah hal yang bagus dan menimbulkan daya tarik," pungkasnya.

Kegiatan "Ngebaso" ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah efektif dalam membangun generasi muda yang berkarakter dan siap membawa kemajuan bagi bangsa dan negara.


Post a Comment

Previous Post Next Post