Duh Dunia, Menggiurkan Tapi Jangan Terlena!


Dunia, tempat kita berpijak, beraktivitas, dan menjalani kehidupan. Di balik gemerlapnya, ia memiliki peran besar dalam mengantarkan manusia menuju tujuan akhir, yaitu akhirat. 

Secara dalil, dunia adalah fase kehidupan di mana manusia dan makhluk ciptaan Allah lainnya berada. Di sini, kita diuji, dihiasi kenikmatan dan cobaan, untuk menentukan arah langkah menuju kebahagiaan hakiki di akhirat.

Memang, dunia penuh pesona. Harta, tahta, dan segala kenikmatannya bagaikan magnet yang menarik hati. Namun, ingatlah, semua itu bersifat sementara. Jangan sampai terlena, hingga lupa mempersiapkan bekal untuk kehidupan abadi di akhirat.

Rasulullah SAW telah mengingatkan kita dalam hadis at-Thabrani, 

 إِذَا كَانَ أَخِرُ الزَّمَانِ كَانَ قِوَامُ دِيْنِ النَّاسِ وَدُنْيَاهُمْ الدِّرْاهَمُ وَالدَّنَانِيْرُ 

"Ketika akhir zaman sudah tiba, maka ukuran agama dan dunia manusia adalah dirham dan dinar."

Hadis ini menunjukkan bahwa di akhir zaman, manusia akan terobsesi dengan materi. Kehormatan seseorang diukur atas kemapanan finansial yang ia miliki. Semakin berlimpah harta, semakin tinggi kehormatannya.

Jangan biarkan diri kita terjebak dalam pusaran duniawi. Ingatlah, harta dan tahta tidak akan dibawa mati. Yang abadi adalah amal dan perbuatan kita. Perbanyaklah beramal saleh, pupuk iman dan takwa, serta persiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadap Allah SWT.


Jadikan dunia sebagai jembatan menuju tempat mulia di akhirat.

Dunia bukan hanya tempat persinggahan, tapi juga ladang amal untuk meraih kemuliaan di akhirat. Seorang muslim sejati tidak hanya terpaku pada kesenangan duniawi, tapi juga berupaya meningkatkan derajatnya di sisi Allah SWT.

Salah satu cara untuk mencapai kemuliaan akhirat adalah dengan memanfaatkan harta benda untuk beramal saleh. Harta yang limpah, jika diniatkan dengan ikhlas, dapat menjadi kunci pembuka pintu surga.

Perbanyaklah infaq dan sedekah fii sabilillah. Bantu mereka yang membutuhkan, tunaikan zakat, dan wakafkan sebagian harta untuk kepentingan agama. Semakin banyak amal yang kita lakukan, semakin tinggi pula derajat yang akan kita raih di akhirat.

Ingatlah, harta yang kita miliki adalah titipan Allah SWT. Jangan terlena dengan kekayaan dan lupa untuk berbagi. Bersihkan harta dengan zakat, dan gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Memiliki kemandirian finansial juga merupakan langkah penting dalam mencapai kemuliaan akhirat. Dengan kondisi keuangan yang stabil, kita dapat lebih fokus beribadah dan beramal saleh tanpa dibebani masalah materi.


Berikut beberapa tips untuk memanfaatkan dunia dalam meningkatkan derajat di akhirat:

Niatkan semua usaha dan pekerjaan untuk mencari ridha Allah SWT.

Gunakan harta untuk beramal saleh, seperti infaq, sedekah, dan zakat.

Bantulah mereka yang membutuhkan dan tunaikan kewajiban sosial.

Hindari berfoya-foya dan hiduplah sederhana.

Selalu ingat bahwa harta benda hanyalah titipan Allah SWT.

Bersihkan harta dengan zakat dan gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Dengan menjalankan tips-tips di atas, insyaallah kita dapat memanfaatkan dunia dengan sebaik-baiknya dan meraih kemuliaan di akhirat.


Dunia memang penuh godaan, namun bagi muslim sejati, ia adalah kesempatan untuk meraih kebahagiaan abadi. Manfaatkan harta dan kemampuan kita untuk beramal saleh, dan jadikan dunia sebagai jembatan menuju surga.

Ingatlah, kematian dapat datang kapan saja. Jangan sia-siakan waktu dan kesempatan yang ada. Bersegeralah beramal saleh dan raihlah kebahagiaan abadi di surga.



Post a Comment

Previous Post Next Post