Doa Memakai Pakaian: Mensyukuri Nikmat Allah SWT

Doa Memakai Pakaian: Mensyukuri Nikmat Allah SWT


Pakaian bagi umat muslim bukan hanya sekedar penutup aurat, tetapi juga merupakan sebuah aksesoris untuk menunjang penampilan. Namun, dalam berpakaian, umat muslim dianjurkan untuk mengikuti sunah Rasulullah SAW yang menekankan kesederhanaan dan kepatutan.


Salah satu amalan sunah yang dianjurkan saat memakai pakaian adalah membaca doa. Berikut adalah doa yang dibaca saat memakai pakaian:


الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا (الثَّوْبَ) وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkanku pakaian ini dan Dia mekaruniakannya kepadaku tanpa daya dan upaya dariku."


Doa tersebut merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang telah memberikan pakaian untuk menutup aurat dan melindungi tubuh dari berbagai hal. Membaca doa ini juga menjadi pengingat bagi kita bahwa semua yang kita miliki, termasuk pakaian, adalah pemberian Allah SWT.


Sementara itu, jika memakai pakaian baru, doa yang dibaca adalah:


الَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Artinya: "Ya Allah, segala puji bagi-Mu, Engkaulah yang telah menganugerahkanku pakaian ini. Aku memohon kepada-Mu kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang diperbuat untuknya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang ada padanya dan keburukan yang diperbuat untuknya."


Doa ini berisi ungkapan rasa syukur atas pakaian baru yang diberikan Allah SWT, serta permohonan agar pakaian tersebut dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi pemakainya. Selain itu, doa ini juga memohon perlindungan dari Allah SWT dari segala keburukan yang mungkin terjadi terkait dengan pakaian tersebut.


Membiasakan diri membaca doa saat memakai pakaian merupakan salah satu bentuk mensyukuri nikmat Allah SWT dan mengikuti sunah Rasulullah SAW. Dengan membaca doa, kita diingatkan untuk selalu bersyukur atas segala pemberian Allah SWT dan memohon perlindungan dari segala keburukan.

Post a Comment

Previous Post Next Post