Doa Masuk Pasar: Melangkah Menuju Kejujuran dan Keberkahan

Doa Masuk Pasar


Pasar merupakan tempat yang ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan untuk mencari kebutuhan hidup. Di sanalah terjadi interaksi antara penjual dan pembeli, tawar menawar harga, dan transaksi jual beli. Namun, di balik hiruk pikuknya, pasar juga menyimpan potensi kejelekan dan dosa.

Oleh karena itu, penting bagi umat Islam untuk selalu memanjatkan doa ketika memasuki pasar. Doa ini bukan hanya sebagai bentuk ungkapan syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT, tetapi juga sebagai tameng untuk melindungi diri dari godaan dan perbuatan tercela.


Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW telah mengajarkan doa yang dapat dibaca saat memasuki pasar, yaitu:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

"LAA ILAAHA ILLALLAAHU WAHDAHU LAA SYARIIKA LAH, LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU YUHYII WA YUMIITU LAA YAMUUTU BIYADIHIL KHAIRU WA HUWA 'ALAA KULLI SYAI-IN QADIIR"

Artinya: "Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah semata tidak ada sekutu bagiNya, milikNya semua kerajaan dan bagiNya seluruh pujian, Dia Yang menghidupkan, dan mematikan, Dia tidak mati, di tanganNya segala kebaikan, dan Dia Maha Mampu melakukan segala sesuatu."


Membaca doa ini bukan hanya ritual, tetapi juga mengandung makna mendalam. Berikut beberapa manfaatnya:


1. Menumbuhkan Rasa Syukur

Memasuki pasar dan melihat berbagai macam kebutuhan hidup yang tersedia, seharusnya memicu rasa syukur kepada Allah SWT. Doa ini menjadi pengingat bahwa segala rezeki datangnya dari Allah dan kita patut bersyukur atas limpahan karunia-Nya.


2. Menjaga Kejujuran

Pasar identik dengan tawar menawar dan potensi penipuan. Membaca doa ini menjadi benteng diri agar terhindar dari godaan untuk berbohong, menipu, atau melakukan kecurangan dalam bertransaksi.


3. Menjauhkan Diri dari Dosa

Di pasar, banyak potensi untuk terjerumus dalam dosa, seperti ghibah, hasad, dan fitnah. Doa ini menjadi pengingat untuk menjaga lisan dan hati agar terhindar dari perbuatan tercela.


4. Mendatangkan Keberkahan

Membaca doa dengan penuh keyakinan dan keikhlasan dapat mendatangkan keberkahan dalam rezeki dan aktivitas di pasar.


5. Menjaga Kedamaian Hati

Memasuki pasar dengan doa di bibir dapat memberikan ketenangan jiwa dan kedamaian hati. Kita akan terhindar dari perasaan cemas, khawatir, dan stres yang sering kali mewarnai aktivitas di pasar.


Dengan membiasakan diri membaca doa masuk pasar, umat Islam dapat menjadikan aktivitas di pasar sebagai momen untuk meningkatkan keimanan, menjaga diri dari kejelekan, dan meraih keberkahan dari Allah SWT.

Mari jadikan pasar sebagai tempat untuk mencari rezeki yang halal dan barokah, serta menebar kebaikan dan kejujuran.

Post a Comment

Previous Post Next Post