Mega Proyek Masar Destination, Menuju Masa Depan Haji

Masar Destination (Arab: وجهة مسار) adalah proyek pengembangan perkotaan terencana di Makkah, Arab Saudi. Proyek ini dikembangkan oleh Umm Alqura for Development and Construction (UAQ), salah


Masar Destination (Arab: وجهة مسار) adalah proyek pengembangan perkotaan terencana di Makkah, Arab Saudi. Proyek ini dikembangkan oleh Umm Alqura for Development and Construction (UAQ), salah satu perusahaan yang didirikan oleh Public Investment Fund Arab Saudi. Proyek ini diumumkan secara resmi oleh UAQ pada Juni 2020.

Masar akan menjadi kawasan sepanjang 3,65 km dan lebar 300 meter, yang mengarah langsung ke Masjid al-Haram. Pembangunan Masar bertujuan untuk mendukung Visi 2030 Arab Saudi, yaitu meningkatkan kapasitas untuk menampung jemaah haji menjadi 30 juta orang pada tahun 2030.  Selain itu, Masar juga diharapkan dapat membantu diversifikasi ekonomi Arab Saudi di luar sektor minyak, dengan menciptakan 16.000 lapangan pekerjaan baru. 

Sorotan Sejarah:

  • Diresmikan oleh Umm Alqura for Development and Construction Company pada 28 Juni 2020 sebagai bagian dari Visi 2030.
  • Desain arsitektur Masar digarap oleh firma One Works dan RMJM. 
  • Pada Oktober 2022, Masar Destination mencapai kesepakatan senilai $2 miliar untuk membangun 7 menara yang menampung 1.300 kamar hotel dalam ajang Future Investment Initiative. Menurut CEO, proyek ini pada akhirnya akan menampung 24.000 kamar hotel, 13.000 unit hunian, dan dikunjungi 158.000 wisatawan setiap tahunnya. 

Masar Destination: Mendefinisikan Ulang Pengalaman Haji dan Umrah

Masar Destination hadir sebagai destinasi urban nan indah yang menawarkan pengalaman tiada duanya. Setiap detailnya dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan unik para pengunjung, menjadikan setiap perjalanan ke Makkah berkesan.

Membentang seluas 1,2 juta meter persegi dan berlokasi strategis di jantung Makkah, Masar akan menjadi landmark tersendiri. Kehadirannya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Makkah dan para tamu. Masar menawarkan beragam hal, mulai dari layanan perhotelan, kemudahan transportasi, pusat retail, budaya, hiburan, dan masih banyak lagi. Semuanya dihadirkan selaras dengan upaya untuk menjaga kelestarian nilai spiritual dan budaya asli, serta meningkatkan potensi ekonomi daerah.

Prioritas Utama Masar:

  • Menjaga Kelestarian Makna Spiritual dan Budaya: berkomitmen untuk menjaga nilai spiritual dan budaya otentik Makkah. Selain itu, berupaya memperkaya pengalaman pengunjung dengan beragam layanan dan pengalaman unik yang membuat kunjungan mereka nyaman, aman, dan tak terlupakan.
  • Mobilitas yang Mudah dan Aman: Desain mobilitas holistik Masar memudahkan pengunjung untuk bepergian dengan aman dan nyaman. Jalur pejalan kaki dan kendaraan dipisahkan, serta pengunjung memiliki beragam pilihan transportasi, termasuk metro, BRT, dua jalan utama dengan underpass, dan bulevard pedestrian utama.
  • Standar Kenyamanan yang Tinggi: Masar bermitra dengan brand perhotelan internasional untuk memastikan kenyamanan dan standar penginapan pengunjung. Kami menawarkan pengalaman yang memadukan keunikan budaya lokal dengan sentuhan modern.
  • Infrastruktur ICT Terdepan: Destinasi ini dilengkapi dengan infrastruktur ICT canggih, yang membawa pengalaman pengunjung ke ranah digital dan didukung oleh Internet of Things.
  • Ekosistem Investasi Terintegrasi: Masar berupaya menarik investor institusi untuk bergabung dalam ekosistem investasi terintegrasi pertama di Makkah. Hal ini diharapkan dapat menambah nilai pada pengalaman pengunjung, sekaligus mentransformasi lanskap ekonomi Makkah. Dampak positifnya akan terlihat langsung pada peningkatan PDB lokal, serta terbukanya peluang wirausaha dan lapangan kerja baru di masa depan.

Melalui beragam inisiatif tersebut, Masar Destination bercita-cita untuk mendefinisikan ulang pengalaman ibadah haji dan umrah, menjadikannya perjalanan spiritual yang semakin mudah diakses, nyaman, dan tak terlupakan.

Post a Comment

Previous Post Next Post