15 Jemaah Haji LDII Kotim Melaksanakan Thawaf Wada' Sebelum Kepulangan ke Indonesia

15 Jemaah Haji LDII Kotim Melaksanakan Thawaf Wada' Sebelum Kepulangan ke Indonesia


Mekkah.  15 jemaah haji dari Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah, melaksanakan Thawaf Wada' pada Jumat (28/6) pagi waktu Arab Saudi.

Kegiatan ini menandakan akhir dari rangkaian ibadah haji yang wajib dilaksanakan oleh para jemaah sebelum kembali ke tanah air.

Ke-15 jemaah tersebut merupakan bagian dari Kloter 6 Embarkasi Banjarmasin yang totalnya berjumlah 320 orang. Mereka dijadwalkan untuk kembali ke Indonesia pada Sabtu (29/6) malam pukul 9.41 waktu Arab Saudi dengan penerbangan GA941.

Thawaf Wada' merupakan ritual mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh putaran sebagai bentuk perpisahan dengan Baitullah. Dilanjutkan dengan sholat sunnah dua rakaat di belakang Maqam Ibrahim dan minum air zam-zam.

Tiga dari 15 jemaah haji LDII Kotim terpaksa menggunakan kursi roda saat Thawaf Wada' karena kondisi fisik mereka menurun menjelang kepulangan. Mereka adalah Siti Rohani, Gimanto, dan Indriati.


15 Jemaah Haji LDII Kotim Melaksanakan Thawaf Wada' Sebelum Kepulangan ke Indonesia


"Upaya berkursi roda ini dilakukan agar para jemaah haji lansia dan risti tetap bisa melakukan Thawaf mandiri. Tentunya tetap dalam pengawasan dan bimbingan kami," ujar Priyo, Ketua Rombongan 2.

Priyo menambahkan, Alhamdulillah semua jemaah telah selesai mengerjakan Thawaf Wada' dengan aman, selamat, lancar, dan barokah.

Jemaah haji Kloter 6 akan terbang dari Jeddah dan tiba di Debarkasi Banjarmasin pada tanggal 30 Juni 2024. Mereka akan menginap selama satu malam di Banjarmasin dan kemudian berganti pesawat NAM Air untuk terbang ke Sampit pada tanggal 1 Juli 2024.


Post a Comment

Previous Post Next Post