Mengelola Energi untuk Hidup Sehat dan Bahagia

Mengelola Energi untuk Hidup Sehat dan Bahagia


Terkadang, kita terjaga dengan rasa penat yang menyelimuti. Kopi? Minuman berenergi? Itu hanya penolong sesaat untuk hari yang panjang.

Namun, ada cara lain, sebuah metode yang lebih berkelanjutan: Pengelolaan Energi. Ini bukan tentang mencari jalan pintas, melainkan membangun fondasi yang kuat untuk kesejahteraan jangka panjang.

Bayangkan energi sebagai anggaran harianmu. Setiap pagi, kamu diberi alokasi tertentu—jumlahnya unik untuk setiap individu, dipengaruhi oleh usia, kualitas tidur, stres, kesehatan, dan rutinitas harian.

Setiap tindakan, setiap interaksi, adalah transaksi energi. Ada yang menguras, ada pula yang menambah. Kamu mungkin tidak bisa mengendalikan semua pengeluaran energi, tapi kamu bisa memilih di mana menanamkan energi untuk mendapatkan imbalan yang lebih besar.

Mulailah dengan langkah kecil, dan seiring waktu, kamu akan merasakan perubahan—lebih bersemangat, lebih sehat, dan lebih produktif. Itulah kekuatan dari pengelolaan energi yang efektif.

Ikuti tujuh tips ini untuk meningkatkan energimu dan menjalani hidup yang lebih bahagia, sehat, dan produktif yang diberikan oleh mayoclinichealthsystem.org :

Makan Makanan Bergizi. Diet seimbang dan sehat adalah inti dari kesejahteraan. Namun, seringkali makan sehat dianggap terutama sebagai alat untuk menurunkan berat badan. Menurut Pedoman Diet Amerika 2020, diet seimbang yang tinggi buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, dan biji-bijian utuh diperlukan untuk energi optimal. Kamu adalah apa yang kamu makan.

Konsumsilah berbagai makanan dari semua kelompok makanan untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang memberikan energi sepanjang hari. Pilihlah buah-buahan segar atau beku dan sayuran, terutama sayuran hijau gelap yang kaya nutrisi dan brokoli, serta sayuran oranye seperti wortel dan ubi jalar. Kamu dapat memilih dari banyak jenis ikan dan legum untuk opsi protein sehat. Usahakan untuk makan 3 ons sereal, roti, nasi, atau pasta biji-bijian utuh setiap hari.


Mengelola Energi untuk Hidup Sehat dan Bahagia


Tidur Tujuh hingga Delapan Jam per Malam. Memrioritaskan tidur adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan diri untuk hari yang sukses dan penuh energi. Kurang tidur dapat memperburuk kondisi kesehatan serius, serta mempengaruhi mood, motivasi, dan tingkat energimu secara negatif. Mendapatkan tidur berkualitas adalah kebiasaan sehat yang perlu ditingkatkan banyak orang. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh hingga delapan jam tidur setiap malam, jadi apa yang menghalangi mereka untuk mendapatkannya?

Perhatikan pola tidurmu jika kamu kesulitan tidur. Catat berapa banyak kamu tidur setiap malam, faktor-faktor yang berkontribusi pada tidurmu atau kurangnya, seberapa segar perasaanmu, dan berapa banyak energi yang kamu miliki selama hari. Kemudian coba strategi tidur untuk meningkatkan tidurmu, seperti menciptakan lingkungan yang santai dan nyaman, meminimalkan cahaya dan suara, menetapkan rutinitas tidur, mengelola stres, dan mematikan perangkat elektronik.

Apa pun yang kamu putuskan untuk mulai dengan, konsistenlah. Menggunakan rutinitas tidur dan strategi tidur yang sama akan membantu mengembangkan jam alarm internal tubuhmu dan dapat menyebabkan peningkatan kualitas tidur. Dengan peningkatan kualitas tidur, orang mengalami kesehatan yang lebih baik, kesejahteraan emosional yang lebih baik, risiko penyakit yang lebih rendah, dan lebih produktif.

Bergaul dengan Orang-orang Baik. Maksimalkan jumlah waktu yang kamu habiskan dengan orang-orang yang kamu nikmati keberadaannya. Terhubung dengan orang lain yang memancarkan positivitas dan memiliki minat yang serupa akan membuatmu bersemangat dan berenergi.

Di sisi lain, orang-orang yang tidak kamu hubungkan atau yang memiliki pandangan negatif, sering mengeluh, atau membuat pilihan yang buruk hanya akan menguras rekening energimu. Selektiflah dalam memilih teman.

Penting untuk menetapkan batasan untuk melindungi diri dan menghemat energimu saat berada di sekitar orang-orang yang tidak mengisi ulang cadangan energimu.

Hindari Overdosis Berita. Mengonsumsi berita adalah cara penting untuk tetap terhubung dengan apa yang terjadi di dunia. Ini bisa bersifat edukatif, menghibur, dan bahkan menggugah hati.
Rajin Berolahraga. Apakah kamu sering merasa lesu di tengah hari? Pernahkah kamu kehabisan napas hanya dengan melakukan tugas sehari-hari yang sederhana, seperti berbelanja bahan makanan atau pekerjaan rumah tangga? Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia merekomendasikan agar orang dewasa menyelesaikan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang setiap minggunya. Berbeda dengan apa yang mungkin kamu percayai, ini akan menambah saldo energimu, bukan menguranginya.

Olahraga meredakan stres dan ketegangan, menguatkan otot dan meningkatkan daya tahan, serta membantu tubuhmu bekerja lebih efisien selama tugas fisik atau aktivitas lainnya.

Lakukan Sesuatu yang Berarti Setiap Hari. Apa yang membuatmu bersemangat? Apakah kamu memiliki bakat khusus yang ingin kamu latih lebih sering atau bagikan dengan orang lain? Lakukan sesuatu yang kamu nikmati setiap hari, meskipun itu adalah tindakan sederhana seperti memasak makanan sehat atau mendengarkan lagu favoritmu. Menaruh usaha pada hal-hal yang paling penting bagimu akan membantu kamu menggunakan dan menyimpan energimu dengan cara yang akan mengeluarkan yang terbaik darimu.
Berikan Pikiran Baik untuk Orang Lain. Memelihara pola pikir yang penuh kasih adalah cara lain untuk menghemat energi. Salah satu contoh praktik cara berpikir ini disebut perhatian yang baik. Misalnya, cobalah untuk melakukan kontak mata dengan orang asing dan tersenyum, sambil berpikir “Saya berharap Anda baik-baik saja.” Tindakan positif ini, sebaliknya, dapat mencegahmu dari menghakimi orang tersebut. Menghakimi orang lain dapat menyebabkan kita menempatkan penghakiman pada diri kita sendiri, dan jenis dialog internal negatif itu bisa sangat melelahkan.

Kamu akan merasa lebih baik dengan setiap langkah yang kamu ambil menuju investasi perawatan diri yang penting ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post