Tim Rukyatul Hilal LDII Lampung Pantau Hilal 1 Ramadan

Tim Rukyatul Hilal LDII Lampung Pantau Hilal 1 Ramadan


Kalianda (13/3). Tim Rukyatul Hilal LDII Lampung mengikuti pemantauan hilal penentuan 1 Ramadan, yang digelar Kantor Kementerian Agama Provinsi Lampung. Pos pemantau berada di POB Bukit Gelumpai, Rajabasa, Lampung Selatan, Lampung pada Minggu (10/3).

Kapala Kantor Wilayah Kemeterian Agama (Kakanwilkemenag) Lampung Puji Raharjo mengapresiasi keterlibatan LDII dalam pemantauan hilal tersebut. Puji mengatakan, sayangnya seluruh pengamat hilal di wilayahnya, tak satupun yang melihat hilal, baik dengan teleskop ataupun mata telanjang. “Hilal tidak terlihat karena tertutup awan. Posisi hilal masih sangat rendah, kita tunggu keputusan dari Kementerian Agama RI,” ujar Puji Raharjo.

Pada kesempatan itu, Tim Hilal DPW LDII Lampung diwakili Heri Sensustadi, Ahmad Nurdin, Johan, bersama dua orang anggota tim. Sementara Tim Hilal DPD LDII Lampung Selatan diwakili Sugiono.

Mewakili Bupati Lampung Selatan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Lampung Selatan, Intji Indriati mengatakan, pemantauan hilal akan dijadikan pedoman resmi dari pemerintah yang bisa menjadi rujukan penentuan 1 Ramadan 1445 Hijriah. “Pemerintah akan terus berupaya memberi kepastian kepada masyarakat. Mengupayakan terjalinnya persatuan dengan pemahaman bersama,” ujar Intji.

Intji juga menyampaikan, melalui rukyatul hilal, diharapkan dapat menyatukan perbedaan dalam penentuan 1 Ramadan. “Apapun hasilnya, kita tetap harus menyimak dan mendengarkan keputusan pemerintah melalui Menteri Agama RI. Apakah malam ini ditetapkan sebagai tanggal 1 Ramadan 1445 hijriah atau belum,” kata Intji.

Sementara itu, pemerintah melalui Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara resmi telah mengumumkan 1 Ramadan 1445 Hijriah pada hari Selasa, 12 Maret 2024.

Post a Comment

Previous Post Next Post