Gempa di Tuban, Sampit Ikut Bergetar, Doa untuk Keamanan

Gempa di Tuban, Sampit Ikut Bergetar, Doa untuk Keamanan


Gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,5 telah mengguncang Tuban, Jawa Timur, menimbulkan kekhawatiran namun tidak berpotensi tsunami. Menurut informasi dari akun resmi BMKG, gempa susulan terjadi pada pukul 15.52 WIB, Jumat (22/3/2024), dengan pusat gempa berada pada kedalaman 10 Km dan koordinat 5,76 LS-112,33 BT, sekitar 130 km timur laut Tuban. Ini merupakan gempa kedua yang terjadi di Tuban pada hari yang sama, menyusul gempa pertama dengan magnitudo 6 pada pukul 11.22 WIB. Dampak gempa ini cukup signifikan, dengan kerusakan bangunan yang meliputi rumah-rumah yang rusak berat, fasilitas kesehatan, dan institusi pendidikan.

Di tengah kecemasan mari kita mengangkat tangan untuk berdoa bersama mohon keselamatan dan perlindungan dari bahaya serta musibah bencana. Doa yang dipanjatkan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وأعُوذُ بِكَ مِنَ الغَرَقِ وَالحَرَقِ وَالهَرَمِ وَأعُوذُ بِكَ أن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطانُ عِنْدَ المَوْتِ وأعُوذُ بِكَ أنْ أمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِراً وأعُوذُ بِكَ أن أمُوتَ لَديغاً

“Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung pada-Mu apabila mati karena disengat.”

Doa ini diharapkan dapat membawa ketenangan dan kekuatan bagi mereka yang terdampak, serta menjadi pengingat akan pentingnya kesabaran dan kekuatan iman dalam menghadapi cobaan.

Post a Comment

Previous Post Next Post