Kurban Tahun 2022, DPP LDII: Idul Adha Bangun Kesalehan Individu dan Bangsa

dpp-ldii-idul-adha-bangun-kesalehanDPP LDII: Idul Adha Bangun Kesalehan Individu dan Bangsa

Jakarta, LDII. Inflasi mulai dirasakan masyarakat karena melambungnya harga kebutuhan pokok, umat Islam harus tanggap terhadap masalah sosial tersebut.  Permasalahan sosial itu dapat diatasi apabila, bangsa Indonesia memiliki dua tipe sikap luhur, berupa kesalehan individu dan sosial. 

“Tahun ini Idul Adha bisa jadi momentum meningkatkan kepedulian sosial, usai pandemi Covid-19, bangsa Indonesia menghadapi resesi akibat melonjaknya harga minyak bumi dan masalah pangan dunia,” ujar Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso.

KH Chriswanto mengutip hadits dari Imam Bukhari, bahwa kurban merupakan ibadah yang paling disenangi oleh Allah pada 10 Dzulhijah – mengalahkan pahala orang yang berkorban harta, benda, dan nyawa sebagai martir yang sahid di medan perang, “Inilah wujud kesalehan individu yang bisa diwujudkan dalam berkurban,” tuturnya.  

Sementara dalam sisi lain, kurban juga membawa berkah dalam kehidupan sosial. Para peternak memanen rezeki dan warga yang kesulitan akibat harga kebutuhan pokok yang melonjak. Ekonomi pun bergerak. Berkah kurban dari sisi individu dan sosial yang luar biasa itu, jangan sampai terhalang oleh wabah virus Penyakit, Mulut, dan Kuku (PMK). 

Ia menambahkan, keberkahan kurban tersebut bisa dilaksanakan oleh semua orang. Salah satunya dengan menabung, agar pada Idul Adha tahun depan, keluarga bisa membeli seekor kambing ataupun sapi, “Warga LDII tidak semuanya mampu, mereka bisa berkurban dengan cara menabung yang disetorkan saat pengajian. Saat menjelang Idul Adha tabungan tersebut digunakan untuk membeli hewan kurban,” ujarnya. 

Tahun ini, menurut Sekretaris Umum DPP LDII Dody Taufiq Wijaya, warga LDII di seluruh Indonesia berhasil mengumpulkan kurban berjumlah 40.512 ekor. Dengan rincian 22.474 ekor sapi, 30 ekor kerbau, dan 18.008 ekor kambing. Sebelumnya, pada 20 Juli 2021, jumlah kurban yang disembelih warga LDII di seluruh Indonesia mencapai 33.908 ternak yang terdiri dari sapi 20.473 ekor dan kambing 13.435 ekor. 

“Kenaikan ini, disebabkan semangat bershodaqoh dan ekonomi mulai berputar meskipun masih ada pandemi Covid-19 dan warga LDII mampu mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dengan mengikuti anjuran Kementerian Kesehatan, Kementerian Peternakan, dan MUI,” imbuh Dody. 

Menurut Dody, DPP LDII telah menginstruksikan warganya untuk berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan memotong hewan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), di daerah-daerah yang rawan wabah PMK. Selain itu, warga LDII juga diminta terus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memilih dan membeli hewan kurban. Selain itu pihaknya mendorong warga LDII berkurban ramah lingkungan, “Alhamdulillah daerah-daerah bisa melaksanakan kurban baik dipotong di Rumah Pemotongan Hewan dan lokasi sendiri dengan kordinasi pihak terkait. Selain itu kami juga memanfaatkan besek atau kantong plastik yang bisa diurai alam untuk pembungkus daging, " ujar Dody. 

Dody berharap Idul Adha, menjadi momentum untuk meningkatkan kesalehan individu dan kesalehan sosial. Agar, bangsa Indonesia terus menjadi bangsa dengan kepribadian unggul yang jadi modal sosial dalam membangun peradaban.

 dpp-ldii-idul-adha-bangun-kesalehan



Senada dengan KH Chriswanto,  Ketua DPW LDII Kalimantan Tengah H Nur Prayudi SE. mengatakan,  hakikat Idul Adha tidak hanya sekedar mengalirkan darah melalui penyembelihan hewan kurban. Lebih daripada itu, esensi ibadah kurban adalah sebagai tolok ukur ketakwaan seorang muslim kepada Allah Subhanahu wata'ala serta semangat berbagi kenikmatan kepada orang lain.

"Berkurban merupakan ibadah tauhid sekaligus ibadah sosial, sehingga disamping bisa meningkatkan ketaqwaan diri kepada Allah SWT juga bisa menumbuhkan kesetiakawanan sosial dengan sesama," katanya.  

Ia juga menyampaikan ibadah selain menyembelih hewan kurban di bulan Dzulhijah, Sebutnya, di saat jamaah haji sedang wukuf di Padang Arafah, kaum muslimin yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji juga bisa bisa melaksanakan ibadah puasa. Pahalanya, dibalas Allah SWT yaitu amounan dosa setahun sebelum dan setahun setelahnya.

Meskipun ibadah kurban dilaksanakan hanya satu kali dalam satu tahun, namun semangat berkurban harus dimiliki sepanjang hidup manusia, karena cobaan dari Allah SWT bisa datang setiap saat selama manusia masih hidup.

"Keteladanan yang dicontohkan oleh halilullah Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS yg bisa berserah diri seutuhnya kepada Allah SWT, agar kita bisa mengerti dan memahami, bahwa Allah SWT tidak akan menghinakan hambanya dengan cobaan, tapi cobaan merupakan sarana untuk mencapai kemuliaan bila sabar menghadapinya," pungkasnya.

DPW LDII Kalteng pada Idul Adha tahun 2022 menyembelih 137 ekor sapi dan 57 ekor kambing. Tersebar di sejumlah kabupaten/kota se Kalimantan Tengah.  

Post a Comment

Previous Post Next Post