Finlandia: Surga di Utara yang Penuh Keajaiban

Finlandia: Surga di Utara yang Penuh Keajaiban


Kalau kamu mau liburan ke Finlandia, pasti pengen lihat aurora borealis alias cahaya utara yang indah banget. Di musim dingin, Lapland, daerah paling utara di negara ini, jadi salah satu tempat terbaik di dunia buat ngeliat fenomena alam yang bikin nganga itu. Tapi, lihat aurora borealis cuma salah satu dari banyak alasan buat kunjungi negara Nordik yang keren ini.

Pecinta petualangan dan yang suka udara segar daripada di dalam ruangan bakal betah banget di Finlandia. Negara ini dijuluki “Negeri Seribu Danau”, karena punya sekitar 188.000 danau, yang bikin bisa ngelakuin aktivitas kayak mancing es, berenang, naik papan dayung, dan naik kapal. Finlandia juga ditutupi hutan lebat dan padang belantara yang luas; bahkan, ada 41 taman nasional, yang semuanya menunjukkan keanekaragaman pemandangan, flora, dan fauna Finlandia. Menghabiskan waktu di alam terbuka adalah hal penting buat mengerti Finlandia dan apa yang bikin negara ini spesial - jadi pastikan kamu nyisihin waktu di itinerary buat jalan-jalan ke Danau Päijänne atau Taman Nasional Nuuksio. “Kehidupan sehari-hari cukup mirip di semua negara Nordik, tapi saya rasa orang Finlandia lebih menghargai kesunyian dan alam,” kata Riitta Kiukas, CEO dari Active Holiday Finland by Skafur-Tour. “Satu jam di hutan setiap hari bikin kami bahagia.” Tempat lain buat cari rahasia kebahagiaan orang Finlandia antara lain Helsinki (ibu kota negara ini), Rovaniemi (rumahnya Sinterklas), dan sauna tradisional yang ada di mana-mana.

Pertimbangkan buat ngasih diri kamu setidaknya lima sampai tujuh hari buat jelajah Finlandia. “Secara geografis, Finlandia itu besar, dan jaraknya jauh. Makanya, saya sarankan buat nyiapin waktu minimal seminggu,” kata Kiukas. Dan kalau kamu nyasar atau butuh bantuan selama liburan, jangan takut buat minta tolong sama orang Finlandia. “Saya rasa salah satu kesalahpahaman terbesar tentang Finlandia adalah orang-orangnya sangat tertutup dan dingin. Padahal, kebanyakan dari mereka baik dan hangat, dan rela berusaha keras cuma buat ngebantuin orang lain,” kata Eero Vottonen, koki dari Palace, restoran bintang Michelin di Helsinki.

Helsinki Kubah-kubah ikonik dari Katedral Uspenski yang terkena cahaya matahari terbenam di atas kincir ria dan gudang-gudang yang direnovasi di tepi laut pelabuhan Helsinki di jantung kota ibu kota Finlandia yang hidup.

Helsinki bukan cuma ibu kota Finlandia, tapi juga pintu gerbang buat ngeliat negara ini lebih jauh, terutama buat wisatawan internasional. Kayak banyak kota Eropa lainnya, Helsinki menggabungkan sejarah - kota ini didirikan pada tahun 1550 - dengan seni, arsitektur, dan sejumlah restoran dan kafe yang luar biasa. Buat pengalaman yang kaya budaya, kunjungi Museum Seni Kontemporer Kiasma, Museum Desain, dan Galerie Forsblom. 02 dari 15 Kepulauan Åland Kobba Klintar, stasiun pilot tua di kepulauan Aland dengan kafe dan museum.

Sekitar 6.700 pulau membentuk kepulauan Åland. Koki Vottonen bilang tempat ini punya “pemandangan yang indah dengan banyak hal buat dijelajahi”, terutama di musim panas. Daerah otonom ini cocok buat island-hopping; pulau-pulau yang ada penduduk tetapnya dihubungkan dengan feri. Bingung mau mulai dari mana? Kiukas menyarankan Kökar, “pulau kecil dengan alam kepulauan yang unik.” “Klien kami suka banget sama semuanya di sana, dan banyak yang naik sepeda keliling Kepulauan Åland,” katanya. 03 dari 15 Rovaniemi Rusa kutub di Desa Sinterklas yang bersalju, Rovaniemi - Finlandia

Rovaniemi adalah “Kampung Halaman Resmi Sinterklas” dan ibu kota Lapland. Pengunjung berdatangan ke Desa Sinterklas di kota ini - di mana kamu bisa ketemu langsung sama bapak berjenggot putih itu - sepanjang tahun, meskipun paling ramai di musim liburan. Kalau kamu datang ke Rovaniemi di musim panas, kamu bakal ngalamin matahari tengah malam, fenomena alam di mana matahari nggak pernah terbenam.


BUDAYA SAUNA DI FINLANDIA

Sauna adalah bagian penting dari budaya Finlandia, dan Tampere menyandang gelar “Ibu Kota Sauna Dunia”, dengan jumlah sauna umum terbanyak (55 dan terus bertambah) di Finlandia. Koki Vottonen menggambarkan kota kelahirannya sebagai “kota yang paling santai dan asyik”. Bagi yang ingin merasakan sauna tradisional, sebaiknya pesan sesi di Rajaportti, sauna umum tertua yang masih beroperasi di negara ini.

“Kami orang Finlandia biasanya punya hubungan dengan alam liar atau hutan,” kata Koki Vottonen. “Mendaki atau berjalan di salah satu taman nasional kami yang luar biasa menunjukkan alasannya. Biasanya sangat terawat dan ada kemungkinan buat pesan tempat tidur di dalam.” Taman Nasional Nuuksio mudah dijangkau dari Helsinki, dan wisatawan yang menginap bisa memesan kabin yang nyaman buat tidur setelah seharian mendaki, berenang, atau bersepeda di taman itu.

Kota tertua di Finlandia dan bekas ibu kota negara ini, Turku wajib masuk radar setiap wisatawan, terutama yang tertarik dengan kuliner Nordik. Jurnalis Travel + Leisure Tom Vanderbilt menyoroti Smör dan Kaskis yang berbintang Michelin di panduannya tentang Turku, tapi ada banyak restoran lain - dan hal-hal yang bisa dilakukan - buat mengisi hari kamu di kota tepi sungai ini. Yang paling terkenal, ada Kastil Turku yang berasal dari abad ke-13, Katedral Turku, dan Alun-Alun Pasar Terbuka.

Kiukas menambahkan Posio, “desa paling berkelanjutan di Finlandia”, ke daftar tempat terbaik buat dikunjungi di negara ini. Terletak di Lapland, Posio cocok buat “individu dan kelompok kecil yang mencari pengalaman otentik”, katanya. Desa ini juga pusat budaya keramik Finlandia; Pentik, pabrik keramik paling utara di dunia, dan Arctic Ceramic Centre sama-sama berada di Posio.

Danau Finlandia adalah kawasan danau terbesar di Eropa, dan ada berbagai kota, desa, dan badan air buat dijelajahi di daerah ini. Kiukas menyarankan mulai dari Hämeenlinna atau Lahti, “kota-kota Finlandia selatan yang dekat banget sama Helsinki sampai banyak wisatawan cuma lewat aja.” “Di sini kawasan danau mulai, dan kamu bisa merasakan hidup di pedesaan - santai dan nikmati kesunyian, danau, dan alam di sekitar kamu,” katanya.



Post a Comment

Previous Post Next Post