Bersedekah, Amal Saleh yang Membawa Kebahagiaan


Banyak orang yang menganggap bahwa bersedekah adalah hal yang sulit dan menyusahkan. Mereka berpikir bahwa bersedekah akan mengurangi harta yang mereka miliki, sehingga mereka menjadi miskin dan tidak bisa menikmati hidup. Padahal, anggapan ini sangat salah dan bertentangan dengan ajaran Islam.

Islam mengajarkan bahwa bersedekah adalah salah satu amal saleh yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim. Bersedekah memiliki nilai manfaat dan berpahala besar, baik di dunia maupun di akhirat. Bersedekah membuat diri sendiri dan orang lain bahagia, karena bersedekah adalah bentuk kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama.

Bersedekah tidak harus selalu berupa uang atau barang. Bersedekah bisa berupa senyum, salam, doa, ilmu, nasehat, bantuan, atau apapun yang bermanfaat bagi orang lain. Bersedekah juga tidak harus menunggu kaya atau berlebih. Bersedekah bisa dilakukan kapan saja, dengan apa saja, dan kepada siapa saja, asalkan dengan niat yang ikhlas dan sesuai dengan syariat.

Bersedekah tidak akan mengurangi harta, melainkan akan menambahnya. Ini adalah janji Allah SWT yang pasti terjadi. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 261:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261)

Allah SWT juga berfirman dalam Al-Qur’an surat Saba’ ayat 39:

“Katakanlah: ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah sebaik-baik pemberi rezeki.’” (QS. Saba’: 39)

Begitu pula sabda Rasulullah SAW dalam riwayat Tirmidzi:

Sa’id Ath Tho’i Abu Al Bakhtari berkata: telah menceritakan kepadaku Abu Kabsyah Al Anmari ia mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam bersabda: “Tiga hal, aku bersumpah atasnya dan aku akan mengatakan suatu hal pada kalian, hendaklah kalian menjaganya.” Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam bersabda: “Tidaklah harta seorang berkurang karena sedekah, tidaklah seseorang diperlakukan secara lalim lalu ia bersabar melainkan Allah akan menambahkan kemuliaan untuknya dan tidaklah seorang hamba membuka pintu minta-minta melainkan Allah akan membukakan pintu kemiskinan untuknya -atau kalimat sepertinya- dan aku akan mengatakan suatu hal pada kalian, hendaklah kaian menjaganya.”

Dari ayat-ayat dan hadits di atas, kita bisa memahami bahwa bersedekah adalah investasi yang paling menguntungkan. Bersedekah akan mendatangkan berkah, rizki, dan kebaikan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Bersedekah juga akan membersihkan jiwa, menghapus dosa, dan meninggikan derajat di sisi Allah SWT.

Bersedekah juga akan menimbulkan rasa syukur, bahagia, dan damai di hati. Bersedekah akan membuat kita merasakan keindahan berbagi dan membantu orang lain. Bersedekah akan menjalin hubungan yang harmonis dan saling menghormati antara sesama manusia. Bersedekah akan menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil, dan berakhlak mulia.

Hendaklah tiap muslim senantiasa beramal saleh dalam kehidupannya. Salah satunya, menyisihkan sebagian hartanya untuk bersedekah. Bersedekah adalah kewajiban, bukan pilihan. Bersedekah adalah kebutuhan, bukan beban. Bersedekah adalah kebahagiaan, bukan kesedihan. Bersedekah adalah kekayaan, bukan kemiskinan. Bersedekah adalah amal saleh yang membawa kebahagiaan.


Post a Comment

Previous Post Next Post