Doa Setelah Shalat 2 Rakaat di Belakang Maqam Ibrahim

Doa Setelah Shalat 2 Rakaat di Belakan Maqam Ibrahim


 Doa Setelah Shalat 2 Rakaat di Belakan Maqam Ibrohim

 

اللَّهُمَّ هذا بلدك وَالْمَسْجِدُ الْحَرَامُ وَبَيْتُكَ الْحَرَامُ وَأَنَا عَبْدُكَ ابْنُ عَبْدِكَ ابْنُ أَمَتِكَ أَتَيْتُكَ بِذُنُوبٍ كَثِيرَةٍ وَخَطَايَا جَمَّةٍ وَأَعْمَالٍ سَيِّئَةٍ وَهَذَا مَقَامُ الْعَائِذِ بِكَ مِنْ النَّارِ فَاغْفِرْ لِي إنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ اللَّهُمَّ إنَّكَ دَعَوْتَ عِبَادَكَ إلَى بَيْتِكِ الحرام وقد جئت طالبا رحتمك مُبْتَغِيًا مَرْضَاتَكَ وَأَنْتَ مَنَنْتَ عَلَيَّ بِذَلِكَ فَاغْفِرْ لي وارحمني انك على كل شئ قَدِيرٌ

Artinya :

Ya Alloh ini Negara-Mu dan Masjidil Harom dan rumah-Mu yang mulia dan aku adalah hamba -Mu, anak hamba-Mu yang laki-laki dan anak hamba-Mu yang perempuan, aku datang kepada- Mu dengan (membawa) dosa-dosa yang banyak dan kesalahan-kesalahan yang banyak dan amalan - amalan yang jelek dan ini adalah tempat berdirinya orang yang berlindung kepada-Mu dari neraka maka ampunilah aku dan kasihanilah aku, sesungguh nya Engkau maha pengampun lagi maha penyayang. ya Alloh sesungguhnya Engkau memanggil hamba- hamba-Mu ke Baitul Harom dan sesungguhnya aku telah datang mencari rohmat-Mu dan mencari ridho Mu dan Engkau mengaruniai kepadaku dengan itu maka ampunilah aku dan kasihanilah aku, sesungguh nya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.


Maqam Ibrahim, Saksi Bisu Perjuangan Nabi Ibrahim

Maqam Ibrahim (Arab: مقام إبراهيم) adalah batu tempat Nabi Ibrahim berpijak saat membangun Ka'bah bersama putranya, Nabi Ismail. Batu ini terletak di sebelah timur Ka'bah, di dalam Masjidil Haram.

Dari sudut bahasa, "al-maqam" berarti "tempat pijakan". Maka maqam Ibrahim merupakan sebuah bangunan dengan batu kecil yang dibawa oleh Nabi Ismail ketika membangunkan Ka'bah, digunakan sebagai pijakan Nabi Ibrahim untuk berdiri guna melengkapi bongkahan-bongkahan batu untuk membangun Ka'bah. Apabila Nabi Ismail memberikan bongkahan-bongkahan batu kepada Nabi Ibrahim, Nabi Ibrahim akan menyusunnya pada Ka'bah sehingga bangunan Ka'bah pun semakin tinggi, dan batu pijakan Nabi Ibrahim ini juga ikut meninggi.

Maqam Ibrahim merupakan salah satu tempat yang disucikan oleh umat Islam. Orang-orang yang melaksanakan ibadah haji dan umrah dianjurkan untuk menyentuh atau mencium batu ini. Di samping itu, maqam Ibrahim juga menjadi tempat untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Maqam Ibrahim memiliki sejarah yang panjang dan penuh makna. Batu ini menjadi saksi bisu perjuangan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam membangun Ka'bah. Selain itu, maqam Ibrahim juga menjadi simbol keikhlasan dan ketakwaan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT.

Post a Comment

Previous Post Next Post